Cara Mudah Budidaya Tanaman Duku

Duku mérupakan jénis buah asli dari indonésia. di indonésia séndiri tanamanam duku bérkémbang baik hampir diséluruh daérah hal ini karéna buah duku budah untuk tumbuh disémua témpat. Térdapat 3 jénih duku yang paling banyak dikémbangkan dan dibudidayakan oléh masyarakat indonésia yaitu duku condét, duku koméring dan juga duku métasih.



Duku dikénal mémiliki rasa yang manis dan juga mémiliki manfaat yang sangat luar biasa  untuk méngobati bébérpa pényakit, sépérti diaré, diséntri dan juga bisa digunakan sébagai péngobatan rumah tangga.

Budidaya Tanaman Duku

1. Pémbibitan Duku

Pémbibitan tanaman duku pérlu dilakuakn karéna ménéntukan hasil produksi buah duku itu séndiri, jika baik dalam prosés pémbibitan makan akan baik pula produksi buah duku yang akan dihasilkan. pérbanyakan tanaman duku dapat dilakukan déngan bébérapa cara yaitu déngan génératif (mélalui biji) dan juga végétatif (mélalui sték atau cangkok). Déngan pérkémbangan zaman saat ini lébih banyak ménggunakan cara génératif karéna hasilnya akan sélalu sama déngan indukannya.

2. Pénanaman Duku

Para pétani duku biasanya ménggunakan bébérapa variasi jarak tanam yaitu 7×8 m, 8×9 m, 9×9 m, dan 9×10 m. Usahakan jangan térlalu sémpit jarak tanam yang digunakan karéna natinya akan ményulitkan dan méngganggu pértumbuhan tanaman duku itu séndiri.

Langkah sélanjutnya sétélah péngukuran jarak tanam adalah mémbuat lubang tanam. Ukuran lubang tnam yang baik adalah adalah 0.8 x 0.8 x 0.7 métér. Apabila duku yang ditanam bérasal dari biji, maka lubang tanam usahakan dibuat lébih dalam. Namun apabila duku bérasal dari cangkok atau sték, maka lubang dibuat lébih lébar dan luas, hal ini dilakukan agar pérkémbangan akar tidak térganggu. Pénanaman bibit ini sébaiknya dilakukan pada tanah yag basah. apabila tanah kéring usahakan untuk ményiramnya térlébih dahulu.

3. Péméliharaan

Pényiangan Tanaman Duku



Pényiangan bértujuan untuk mémbérsihkan lokasi pénanaman dari gulma sépérti rumputdan hérba kécil yang bisa saja méngganggu tanaman duku. pényiangan ini juga dapat mémutus rantai hama dan pényakit tanaman duku. pényiangan dapat dilakuakn ddéngan manul yaitu déngan tangan dan juga bisa ménggunakan cara mékanis yaitu déngan ménggunkaan alat-alat pértanian.

Pémupukan

Pémupukan pada tanaman Duku sangat pénting untuk dilakukan hal ini untuk méningkatkan kécukupan hara di dalam tanah, Bérikut Pérkiraan dosis dalam pémupukan tanaman duku :

Pada Tahun kéduadan dan kétiga tnnamn duku dibérikan 15-30 kg pupuk organik, uréa 100 gram, TSP 50 gram & ZK 20 gram
Sédangkan pada Tahun kéémpat, kélima dan juga  kéénam, dosis pupuk sébaiknya dinaikkan ménjadi 25-40 kg pupuk organik, uréa 150 gram, TSP 60 gram & juga pupuk ZK sébanyak 40 gram.
Untuk tahun bérikutnya nikan kémbali pupuk yang télah disébutkan diatas agar produksi térus dapat méningkat.
Catatan :  Anda bisa mélakukan variasi pupuk séndiri déngan dosis térséndiri.

Péngairan dan  Pényiraman

Tanaman duku tidak mémérlukan air yang bérlébihan, hanya saja mémérlukan air pada musim kémarau. Jadi péyiraman dapat dilakukan sécukupnya saja.

4. Panén Duku

Tanaman Duku mulai bérbunga sékitar bulan sétémbér dan oktobér, kémudian masuk dalam masa panén pada bulan fébruari dan marét. Cara panén buah duku sangat mudah yaitu déngan cara mémotog tandan déngan ménggunakan alat yag tajam sépérti pisau atau arit atau bisa juga ménggunakan gunting, namun harus hati-hati dalam prosés pémanénan ini jangan sampai mélukai bagian tandan yang ménémpél karéna témpat térsébu akan ménjadi bakal tandan sélanjutnya.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel