Cara Sambung Pucuk Pohon Durian

Pada saat ini permintaan akan bibit durian sangat tinggi, salah satu durian yang sangat diminati dipasaran ialah jenis durian montong. Durian montong berasal dari Negara Thailand, durian montong ini berproduksi pada umur 4 tahun hingga 5 tahun sejak ditanam.

Bentuk buah duriannya bervariasi, dari mulai berbentuk bulat panjang hingga berbentuk hampir persegi, kulit durinya besar dan tersusun jarang serta berta buah durian mampu mencapai sekitar 6 kg. 
Hasil Sambung Pucuk Pada Durian Setelah 21 Hari
Tanaman durian bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman durian tumbuh secara optimal pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut (mdpl) hingga meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Tanaman durian montong menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman durian adalah tanah yang subur, lembap, gembur, tidak bercadas dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 meter serta PH tanah antara 6 hingga 7. 

Kami sudah melakukan berbagai langkah pengembangbiakan tanaman durian salah satunya ialah dengan cara sambung pucuk khususnya pada tanaman durian Montong, durian Chani dan durian musangking. Perbanyakkan tanaman durian dengan cara sambung pucuk ternyata susah-susah mudah. Untuk Sahabat Inspirasi Berkebun yang pemula dapat uji coba dengan cara mini atau dalam jumlah sedikit dan hasilnya sangat bagus serta memuaskan. 

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit berbagi bagaimana cara sambung pucuk pada durian. Lansung saja Sahabat Inspirasi Berkebun mengikuti langkah-langkah yang kami jabarkab diabwah ini. Berikut langkah Sambung Pucuk pada Durian Montong secara sederhana dan dengan hasil yang memuaskan.
Proses Sambung Pucuk Pohon Durian
Pertama Siapkan sungkup dengan ukuran 2 meter x 80 meter (Untuk Kapasitas 100 batang)
kedua pilih batang bawah tanaman durian yang sehat dan subur. Pilih pucuk yang telah tua dan siap untuk di sambung atau dapat juga dilihat dari warna daun dan bakal tunas

Ketiga lakukan penyambungan seperti pada gambar yang kami sertakan pada tulisan ini. Ikat dengan menggunakan tali plastik. Masukan tanaman durian yang telah di sambung kedalam sungkup yang sudah di persiapkan tadi dan jangan lupa sesekali dibuka untuk pergantian udara, lakukan sebentar saja tidak boleh terlalu lama berkisar 3 menit hingga 5 menit. Proses sambung pucuk selama 17 hari hingga 23 hari.

Demikian tulisan kami megenai bagaimana cara sambung pucuk pada durian. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam melakukan sambung pucuk pada tanaman. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk membagikan kiriman ini.

Sumber: nusa tani. com/ 2014/ 12/ mini- top- grafting- sambung- pucuk- pada. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel