Cara Membuat Perangsang Pembungaan atau Perangsang Buah

Kebanyakan dari para petani pada khususnya para petani tanaman buah-buahan pasti sering kali menggunakan ramuan perangsang pembungaan ataupun perangsang buah untuk memacu bunga agar tanaman bisa berbuah lebat.

Namun tahukan Sahabat Inspirasi Berkebun bahwa Perangsang pembungaan atau perangsang buah bisa kita buat dan tanpa membeli serta tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Hal yang terpenting adalah cara pembuatan perangsang pembungaan atau perangsang buah dilakukan dengan cara alami dan hanya satu bahan yang mungkin akan agak susah didapat namun masih banyak terdapat ditempat-tempat tertentu.
Cara Membuat Perangsang Pembungaan atau Perangsang Buah
Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara membuat perangsang pembungaan atau perangsang buah. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun mencobanya dirumah dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Bahan-bahan yang di Perlukan
Kuning telor sebanyak empat4 butir
Susu Kental Manis putih sebanyak satu kaleng
Madu sebanyak satu sendok makan
Ciu, sejenis minuman keras atau hasil fermentasi sebanyak satu liter
Air bersih sebnayak lima liter

Cara Pembuatan Pupuk Perangsang
Pertama pisahkan putih telur dan kuning telur, karena untuk membuat pupuk perangsang pembungaan atau perangsang buah kit menggunakan kuning telur, setelah dipisahkan kuning telor dikocok-kocok hingga halus, bisa juga menggunakan mixer.

Kedua setelah kuning telur sudah di kocok-kocok hingga halus, masukan susu dan madu, kocok-kocok hingga rata. Kemudian masukan air bersih dan aduk-aduk hingga rata.

Dosis Penggunaan Pupuk Perangsang 
Satu gelas (sekitar 200ml hingga-220ml) ditambahkan 14 liter air bersih.

Cara Penggunaan Pupuk Perangsang 
Semprotkan pada tanaman buah yang ingin dibungakan (Semua jenis tanaman buah dapat menggunakan pupuk perangsang ini).
Hasil Penggunaan Perangsang Pembungaan atau Perangsang Buah
Peringatan Dalam Menggunakan Pupuk Perangsang 
Mohon Sahabat Inspirasi Berkebun untuk tidak menyemprotkan pupuk perangsang ini pada tanaman sayuran karena tanaman sayur yang diambil ialah daunnya yang akan berakibat pada munculnya bunga pada sayuran tersebut.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat perangsang pembungaan atau perangsang buah. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam melebatkan tanaman buah agar cepat panen. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini

Sumber :
Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman Banyumas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel