Cara Menyemai dan Memperbanyak Bibit Durian Dari Biji

Perbanyakan tanaman durian unggulan tidaklah semudah yang kita bayangkan seperti yang kita lihat saja. Pada saat proses perbanyakan tanaman durian perlu proses dan waktu yang tidak sedikit. 

Langkah awal untuk pembiakan tanaman durian yang di ambil dari biji kelihatannya sangat murah dan mudah, namun setelah Sahabat Inspirasi Berkebun mengetahui proses dan memang sesuai dengan standar operasional penanam ternyata perbanyakan tanaman durian dari biji sangat rumit dan banyak halangan dan rintangan. 
Cara Menyemai dan Memperbanyak Bibit Durian Dari Biji 
Salah satu faktor penghambat dalam penyemaian biji durian ialah hama rayap dan jamur yang memang tidak dapat dikendalikan dengan insektisida ataupun fungisida semata, namun perlu penanganan sebelum hama rayap dan jamur menyerang. 

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara menyemai dan memperbanyak benih durian dari biji dengan tingkat keberhasilan mencapai hingga 85%. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Pertama siapkan biji durian atau beton durian yang sehat dan memang telah kelihatan tua, dapat dilihat dari wana coklat kekuningan dan tidak kempes. Sahabat Inspirasi Berkebun jangan lupa kondisi biji durian atau beton durian juga harus bersih.

Kedua siapkan media yang terbuat dari sekam matang dan sekam mentah atau dapat juga menggunakan ampas gergajian, dengan maksud supaya dalam mencabut dan memindahkan tunas nanti akan lebih mudah serta akar tidak rusak.

Ketiga campur media tanam menjadi satu, tata dengan sedemikian rupa sesuai dengan selera Sahabat Inspirasi Berkebun dan siram dengan menggunakan larutan Furadan supaya tidak terkena hama rayap dan jamur.
Bibit Durian Siap Tanam
Keempat setelah biji durian datau beton durian dan media sudah siap. Tata biji durian atau beton durian secara terbalik, artinya bakal tunas berada di bawah. Sambil menunggu biji durian atau beton durian tumbuh dan siap untuk dipindahkan, siapkan media polybag dengan ukuran 12x18 atau sesuai dengan selera.

Kelima setelah keluar daun sejati baru selanjutnya bijin durian atau beton durian dapat dipindahkan dengan cara mencabut dan memotong sedikit akar tunggal. Langkah terakhir tinggal proses perawatan dan pemupukan secara berkala agar bibit tidak mati.

Catatan batang bawah bisa digunakan jika batang sudah kaku atau tidak lembek, tidak ada batasan daun dan umur.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menyemai dan memperbanyak benih durian dari biji dengan tingkat keberhasilan mencapai hingga 85%. Semoga tulisan kami dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: nusa tani. com/ 2016/ 03/ cara- menyemai- biji- durian- membuat. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel