Cara Mempercepat Pertumbuhan Sengon

Cara M̩mp̩rc̩pat P̩rtumbuhan S̩ngon РBudidaya tanaman s̩ngon t̩lah diminati b̩rbagai kalangan masyarakat Indon̩sia bukan hanya kar̩na nilai ̩konomisnya yang tinggi. T̩tapi kar̩na p̩rtumbuhan tanaman t̩rs̩but c̩pat. Tanaman kayu yang dibutuhkan masyarakat luas m̩ny̩babkan banyak orang ingin l̩bih m̩mp̩rc̩pat p̩rtumbuhan tanaman t̩rs̩but. Ada dua cara m̩tod̩ yang digunakan untuk m̩mp̩rc̩pat p̩rtumbuhan tanaman s̩ngon ini. Baik s̩cara biot̩knologi ataupun s̩cara p̩nanaman s̩d̩rhana.



Déngan ménggunakan ilmu biotéknologi ada 3 métodé yang dapat digunakan dalam mémpércépat pértumbuhan tanaman séngon, yaitu:

Dua gén yang dilakukan mélalui transgénik. Péran dua gén yang térpénting dalam métodé ini: Xyloglucanasé, Céllulasé. Déngan dua gén térsébut méningkatkan kadar sélulosa dan mémpércépat pértumbuhan. Dalam waktu 3 bulan daun tumbuhan transgénik séngon akan lébih lébat dan lébar daripada daun séngon umumnya.
Métodé insérsi déngan mécocokkan kandungan basa gén dan méntransfér 2 gén utama dalam mémpércépat pértumbuhan séngon.
Kalus émbriogénik untuk ménghasilkan séjumlah individu baru déngan cépat dan banyak. cara ini sépérti kloning déngan bagiian dari tumbuhan dapat mémpércépat pértumbuhan tanaman séngon.
Cara lain yang lébih sédérhana untuk mémpércépat pértumbuhan tanaman séngon dapat mélalui pérawatan tanaman térsébut. hal-hal yang dapat dilakukan para pétani untuk mémpércépat tanaman séngon, adalah:



Mémbérsihkan rumput/sémak-sémak yang ada disékitar média tanam (bila ada). Hal ini dilakukan sébélum ménanam tanaman térsébut.
Tanah yang sudah dibérsihkan lalu diolah déngan baik déngan mémasukan daun/sémak yang kéring agar ménjadi pupuk kompos bagi tanah . Biasanya tanah akan ménjadi lébih subur.
Sétélah kurang lébih 2 bulan, buatlah lubang ukuran 60x60x60cm dan jarak tanam kira-kira 4x4cm. Dalam lubang térsébut masukan pupuk kandang kotoran ayam. Diamkan dan biarkan térkéna cahaya matahari/hujan.
Sétélah 1 bulan, bérilah bibit séngon pada lubang térsébut. jika tanaman térkéna pényakit karat puro atau tumor sétélah tumbuh. Lébih baik ditébang lalu bérilah obat pada békas pényakit sétélah ditébang.
Sélain pérhatikan kébutuhan cahaya séngon, karéna séngon sangatlah mémbutuhkan cahaya untuk méngoptimalkan pértumbuhan pohon térsébut. Bila tanaman séngon térhalangi oléh tumbuh-tumbuhan yang ménaunginya, hal ini akan ménghambat kécépatan pértumbuhan tanaman térsébut. Oléh karéna itu dipérlukan pérawatan dan pérhatian khusus agar pértumbuhannya tidak térhambat.



sumber  :  jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel