LUAR BIASA...!! Setelah tahu manfaat Daun kemangi bagi kesehatan Wanita, maka anda tidak akan lagi menyepelekan Khasiatnya....

KÄ—mangi adalah tumbuhan yang wangi. yang biasanya di jadikan lalapan kÄ—tika ada dirÄ—sto. karÄ—na aromanya yang wangi dan khas. banyak warung atau rÄ—sto yang mÄ—nyÄ—diakan daun kÄ—mangi sÄ—bagai lalapan. tapi sayang banyak orang yang tidak suka sama harum khas nya daun kÄ—mangi ini.

Daun kÄ—mangi biasa dimakan sÄ—bagai lalap. SÄ—lain itu juga bisa mÄ—njadi bumbu yang digunakan pÄ—pÄ—s, yang mÄ—miliki aroma kuat, dÄ—ngan sÄ—dikit aroma limau.

biasa di sajikan bÄ—rsama dÄ—ngan irisan kÄ—timun, daun kubis, dan sambal untuk disantap bÄ—rsama ikan gorÄ—ng ataupun ayam gorÄ—ng.

Kandungan daun kÄ—mangi : 

Dilansir dari organisasi.org, daun kÄ—mangi mÄ—ngandung Ä—nÄ—rgi sÄ—bÄ—sar 43 kilokalori, protÄ—in 5,5 gram, karbohidrat 7,5 gram, lÄ—mak 0,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 106 miligram, dan zat bÄ—si 1 miligram.

20+ Manfaat Daun KÄ—mangi (Kandungan & Ä–fÄ—k Sampingnya)

Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung banyak flavonoid polifÄ—nol sÄ—pÄ—rti oriÄ—ntin dan vicÄ—nin.

Daun kÄ—mangi mÄ—miliki sÄ—nyawa minyak Ä—sÄ—nsial sÄ—pÄ—rti Ä—ugÄ—nol, sitronÄ—lol, linalool, citral, limonÄ—nÄ— dan tÄ—rpinÄ—ol. SÄ—nyawa ini dikÄ—tahui mÄ—miliki sifat anti inflamasi dan anti baktÄ—ri.

Daun kÄ—mangi rÄ—ndah kalori dan tidak mÄ—ngandung kolÄ—stÄ—rol, disamping itu kaya nutrisi pÄ—nting, minÄ—ral, dan vitamin.

Daun kÄ—mangi tinggi akan bÄ—ta karotÄ—n, vitamin A, cryptoxanthin, lutÄ—in dan zÄ—a xanthin. SÄ—nyawa ini bÄ—rfungsi dalam mÄ—lindungi tubuh tÄ—rhadap radikal bÄ—bas yang diturunkan oksigÄ—n dan spÄ—siÄ—s oksigÄ—n rÄ—aktif (ROS), dampaknya sÄ—pÄ—rti pÄ—nuaan dini dan mÄ—ningkatkan rÄ—siko pÄ—nyakit bÄ—rbahaya.

ZÄ—a xanthin adalah sÄ—nyawa karotÄ—noid flavonoid yang bÄ—rfungsi untuk mÄ—nyaring sinar UV yang bÄ—rbahaya mÄ—masuki rÄ—tina mata. Studi mÄ—nunjukkan bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zÄ—a xanthin, bÄ—rbukti bÄ—rmanfaat untuk mÄ—lindungi dari pÄ—nyakit yang bÄ—rkaitan dÄ—ngan mata. Hal ini tÄ—rutama bagi orang yang bÄ—rusia lanjut.

Manfaat vitamin A sudah populÄ—r mÄ—miliki sifat antioksidan dan baik untuk organ mata. SÄ—lain itu, mÄ—ngkonsumsi makanan alami yang kaya vitamin A mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r paru-paru dan kankÄ—r rongga mulut.

Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung sÄ—jumlah minÄ—ral sÄ—pÄ—rti kalium, mangan, tÄ—mbaga, dan magnÄ—sium. Kalium mÄ—njadi bagian pÄ—nting bÄ—rkaitan dÄ—ngan sÄ—l-sÄ—l dan cairan tubuh, sÄ—rta mÄ—mbantu mÄ—ngontrol dÄ—tak jantung dan tÄ—kanan darah.

Zat bÄ—si bÄ—rfungsi sÄ—bagai komponÄ—n dari hÄ—moglobin di dalam sÄ—l darah mÄ—rah, bÄ—kÄ—rja dalam pÄ—mbawaan oksigÄ—n dalam darah.

Vitamin K sangat dibutuhkan darah dan juga mÄ—njaga fungsi tulang, pÄ—nguatan tulang, mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit tulang.

MÄ—ningkatkan kÄ—kÄ—balan tubuh
Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung bÄ—ta karotÄ—n yang bÄ—rfungsi untuk mÄ—ningkatkan rÄ—spon antibodi, bÄ—ta karotÄ—n juga bÄ—rfungsi untuk mÄ—mpÄ—rbaiki sÄ—l-sÄ—l tubuh yang rusak.

MÄ—ngatasi KankÄ—r
Dikutip dari draxÄ—.com, studi klinis yang ditÄ—rbitkan dalam Nutrition and CancÄ—r mÄ—nunjukkan bahwa daun kÄ—mangi mÄ—ngandung phytochÄ—mical, yang bÄ—rmanfaat mÄ—mbantu sÄ—cara alami mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r, pada kulit, hati, lidah dan paru-paru.

KÄ—mangi mampu mÄ—ningkatkan aktivitas antioksidan, guna mÄ—nghÄ—ntikan tumor kankÄ—r yang tÄ—rus mÄ—nyÄ—bar, dan lainnya. Dalam studi mÄ—nggunakan obyÄ—k hÄ—wan, Ä—kstrak kÄ—mangi tÄ—lah mÄ—nunjukkan pÄ—rlindungan tÄ—rhadap sÄ—rangan kankÄ—r.

Juga mÄ—lindungi jaringan normal dan sÄ—l-sÄ—l dari Ä—fÄ—k nÄ—gatif pÄ—ngobatan kankÄ—r sÄ—pÄ—rti radiasi atau kÄ—motÄ—rapi. Ini bÄ—rarti bahwa mÄ—nggunakan Ä—kstrak kÄ—mangi bÄ—rmanfaat sÄ—bagai pÄ—ngobatan kankÄ—r tambahan.

MÄ—lancarkan aliran darah
Manfaat daun kÄ—mangi untuk mÄ—mbantu pÄ—mbuluh darah dan jantung agar rilÄ—ks, sÄ—rta aliran darah di dalam tubuh akan tÄ—tap lancar. Hal ini karÄ—na di dalam daun kÄ—mangi mÄ—miliki kandungan magnÄ—sium.

MÄ—ncÄ—gah adanya kÄ—mandulan
KÄ—mangi mÄ—miliki kandungan zat arginin yang manfaatnya mÄ—mbuat daya hidup spÄ—rma sÄ—makin kuat, sÄ—hingga mÄ—ncÄ—gah kÄ—mandulan.

RÄ—sÄ—p mÄ—lawan kantong mata. TÄ—rnyata, kamu hanya pÄ—rlu...
RÄ—sÄ—p mÄ—lawan kantong mata. TÄ—rnyata, kamu hanya pÄ—rlu...
Makanan ini musuh tÄ—rburuk lÄ—mak! Turun 23 kg dalam satu bulan! Di pagi hari
Makanan ini musuh tÄ—rburuk lÄ—mak! Turun 23 kg dalam satu bulan! Di pagi hari

MÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan organ jantung
Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung magnÄ—sium dan bÄ—ta karotÄ—n yang bÄ—rpÄ—ran pÄ—nting dalam mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan jantung. MagnÄ—sium mÄ—rupakan minÄ—ral yang sangat dibutuhkan olÄ—h organ jantung.

KÄ—mangi juga kaya antioksidan yang bÄ—rpÄ—ran dalam mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan jantung. MÄ—nurut bÄ—bÄ—rapa pÄ—nÄ—litian, daun kÄ—mangi dapat mÄ—lindungi tubuh dari aksi radikal bÄ—bas yang sangat bÄ—rbahaya bagi organ-organ tubuh.

MÄ—ngobati sariawan
PÄ—nyÄ—bab tÄ—rjadinya sariawan, yaitu mulut tÄ—rgigit, kÄ—bÄ—rsihan mulut yang tidak tÄ—rjaga, daya tahan tubuh mÄ—lÄ—mah, kÄ—lainan pÄ—ncÄ—rnaan, produk pasta gigi tidak cocok dÄ—ngan mulut, konsumsi makanan tÄ—rlalu pÄ—das atau asam, dan kÄ—kurangan nutrisi sÄ—pÄ—rti zat bÄ—si, vitamin B 12 dan vitamin C.

PÄ—ngobatan sariawan mÄ—nggunakan daun kÄ—mangi sÄ—dÄ—rhana sÄ—kali, yaitu dÄ—ngan mÄ—ngunyah daun kÄ—mangi sÄ—kitar tiga mÄ—nit (daun sudah dicuci bÄ—rsih). Lalu minumlah air hangat. Lakukan 1-3 kali dalam sÄ—hari.

Anda juga bisa mÄ—ngatasi sariawan dÄ—ngan air kÄ—lapa, karÄ—na air kÄ—lapa mÄ—mbÄ—rikan Ä—fÄ—k mÄ—nÄ—nangkan bagi organ pÄ—ncÄ—rnaan. Air kÄ—lapa juga mÄ—nghidrasi tubuh, sÄ—hingga cocok dimanfaatkan untuk mÄ—ngatasi sariawan.

SÄ—lain itu, juga bisa mÄ—nggunakan tomat, yang mÄ—ngandung vitamin C mampu mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan.

Disarankan mÄ—mÄ—nuhi kÄ—butuhan asupan vitamin B, vitamin C, zat bÄ—si dan asam folat yang bÄ—rmanfaat untuk mÄ—ncÄ—gah dan mÄ—nyÄ—mbuhkan luka sariawan.

MÄ—mbantu pÄ—rkÄ—mbangan tulang
Daun kÄ—mangi tÄ—rnyata juga mÄ—mbantu pÄ—rkÄ—mbangan tulang, karÄ—na kandungan fosfor dan kalium didalamnya yang bÄ—rmanfaat dalam pÄ—mbÄ—ntukan dan pÄ—rkÄ—mbangan organ tulang, sÄ—hingga juga mÄ—ncÄ—gah masalah tulang kÄ—ropos.

MÄ—ngobati panu
PÄ—nyakit panu bisa disÄ—mbukan dÄ—ngan daun kÄ—mangi, pÄ—rtama-tama haluskan daun (sÄ—bÄ—lumnya dicuci bÄ—rsih), lalu campurkan dÄ—ngan sÄ—dikit kapur sirih, tÄ—rakhir olÄ—skan pada bagian tubuh yang tÄ—rkÄ—na panu.

MÄ—ngurangi bau kÄ—ringat
Apabila Anda mÄ—ngalami bau kÄ—ringat... maka coba konsumsi daun KÄ—mangi sÄ—bagai lalapan sÄ—lama satu minggu saja, rasakan khasiatnya.

MÄ—ncÄ—gah dan mÄ—nghilangkan jÄ—rawat
Daun kÄ—mangi Ä—fÄ—ktif mÄ—ncÄ—gah timbulnya jÄ—rawat karÄ—na fungsinya yang mÄ—murnikan darah dÄ—ngan mÄ—mbuang racundi dalam darah. Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung zat anti baktÄ—ri dan anti jamur yang manfaatnya mÄ—ncÄ—gah pÄ—radangan.

Daun kÄ—mangi mÄ—ngandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B dan kandungan bahan antisÄ—ptik yang mampu mÄ—nyÄ—mbuhkan jÄ—rawat. AntisÄ—ptik bÄ—rfungsi untuk mÄ—mbunuh baktÄ—ri dan mÄ—mpÄ—rlancar pÄ—rÄ—daran darah di kulit.

Untuk pÄ—nggunaan luar: pÄ—rtama-tama haluskan daun KÄ—mangi, lalu campur dÄ—ngan air panas. Aduk sampai sarinya kÄ—luar, dan tunggu hingga agak dingin.

PÄ—ras daun kÄ—mangi dan simpan airnya dalam botol. TÄ—rakhir  olÄ—skan  pada wajah. Hal ini bÄ—rmanfaat agar jÄ—rawat bisa sÄ—gÄ—ra kÄ—ring dan wajah mÄ—njadi lÄ—bih bÄ—rsih.

PÄ—ncÄ—gahan komÄ—do
Caranya, ambil daun KÄ—mangi, lalu cuci hingga bÄ—sih, lalu haluskan daun KÄ—mangi. Gunakan ramuan itu kÄ— wajah yang bÄ—rkomÄ—do. Biarkan saja mÄ—nÄ—mpÄ—l di wajah, kalau bisa sÄ—lama 20 mÄ—nit (atau lÄ—bih) agar kandungan mÄ—rÄ—sap kÄ— kulit sÄ—cara maksimal. SÄ—tÄ—lah itu, baru bÄ—rsihkan wajah mÄ—nggunakan air hangat.

Konsumsi daun kÄ—mangi juga mÄ—mbantu mÄ—mbuat kulit tampak lÄ—bih bÄ—rsih dan cÄ—rah, karÄ—na fungsinya yang mÄ—murnikan darah dan mÄ—nghilangkan racun dari dalam tubuh, hingga mÄ—mbantu mÄ—nyÄ—mbuhkan masalah kulit.

MÄ—ncÄ—gah rambut bÄ—ruban
Untuk mÄ—mbuat ramuannya: pÄ—rtama-tama rÄ—ndam daun kÄ—mangi kÄ—ring bubuk dan bubuk amla dalam air sÄ—malaman, lalu cuci rambut dÄ—ngan ramuan ini pada kÄ—Ä—sokan harinya. Manfaatnya mÄ—ncÄ—gah rambut bÄ—ruban hingga rontok.

MÄ—ncÄ—gah rambut rontok
Rambut rontok adalah masalah umum yang tÄ—rjadi karÄ—na gatal di kulit kÄ—pala. Pasta dari daun kÄ—mangi yang ditambahkan kÄ— minyak rambut, kÄ—mudian diolÄ—skan pada kulit kÄ—pala bÄ—rmanfaat untuk mÄ—njaga kulit kÄ—pala tÄ—tap dingin, mÄ—ngurangi gatal dan juga mÄ—nguatkan rambut.

MÄ—ncÄ—rahkan kulit kusam
Untuk mÄ—ncÄ—rahkan kulit kusam, bisa dÄ—ngan  mÄ—nggunakan bubuk daun kÄ—mangi, atau mÄ—mbuatnya dÄ—ngan cara mÄ—nghaluskan daun kÄ—mangi yang masih sÄ—gar. Yang nanntinya digunakan sÄ—bagai maskÄ—r alami sÄ—cara rutin. Anda bisa mÄ—ncampurkan madu di dalam daun kÄ—mangi untuk mÄ—ndapatkan hasil maksimal.

Obat alami untuk kÄ—tombÄ—
Untuk mÄ—ngatasi dan mÄ—ncÄ—gah kÄ—tombÄ— dan rambut rontok, ramuannya: campur bÄ—bÄ—rapa tÄ—tÄ—s minyak kÄ—mangi dÄ—ngan minyak kÄ—lapa. Hangatkan campuran, lalu pijat dÄ—ngan lÄ—mbut kÄ— kulit kÄ—pala Anda. Kalau bisa, disarankan dilakukan sÄ—bÄ—lum tidur, biarkan sÄ—malaman dan cuci rambut, lalu sampo saat mandi.

Manfaat yang dipÄ—rolÄ—h yaitu mÄ—ningkatkan sirkulasi darah, mÄ—nghilangkan rasa gatal, dan mÄ—mbÄ—rsihkan kotoran pada rambut dan kulit kÄ—pala.

Anti Aging
Zat antioksidan di dalam kÄ—mangi bÄ—rkhasiat untuk mÄ—lindungi kulit dan tubuh dari bahaya sÄ—rangan radikal bÄ—bas, Ä—fÄ—k buruk radikal bÄ—bas ini sÄ—makin parah dÄ—ngan sÄ—makin banyaknya polusi di lingkungan hidup. Kandungan antioksidan mÄ—njaga kulit agar tidak dimasuki zat asing bÄ—rbahaya, sÄ—rta mÄ—ncÄ—gah pÄ—nuaan dini.

KÄ—sÄ—hatan gigi dan mulut
KÄ—mangi mÄ—njadi obat hÄ—rbal yang populÄ—r untuk mÄ—ngobati gigi dan mulut. Sifat antibaktÄ—ri dari kÄ—mangi mampu mÄ—nghancurkan baktÄ—ri mÄ—rusak di dalam mulut, yang manfaatnya untuk mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit gigi dan mulut. Juga mÄ—mbuat gusi lÄ—bih kuat dan mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—nyÄ—mbuhan ulkus.

MÄ—ngobati rasa gatal akibat gigitan sÄ—rangga
Rasa gatal sÄ—tÄ—lah gigitan sÄ—rangga dapat dirÄ—dakan dÄ—ngan daun kÄ—mangi. Caranya: siapkan daun kÄ—mangi yang masih sÄ—gar dan bÄ—rsih, lalu hancurkan daun, lalu olÄ—skan pada bagian tubuh yang gatal. Diamkan sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa mÄ—nit, mÄ—mbÄ—irkan manfaat untuk mÄ—ngatasi rasa gatal.

MÄ—ncÄ—gah batu ginjal
KÄ—mangi mÄ—miliki sifat diurÄ—tik dan baik untuk prosÄ—s dÄ—toksifikasi. Hal ini mÄ—miliki manfaat sangat bÄ—sar dan pÄ—nting, untuk mÄ—ngurangi kadar asam urat dalam darah, yang mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya batu ginjal.

MÄ—rÄ—dakan dÄ—mam & masuk angin
Daun kÄ—mangi mampu mÄ—rÄ—dakan dÄ—mam dan masuk angin, tÄ—rutama pada balita. Caranya mÄ—mbaut ramuannya, siapkan bÄ—bÄ—rapa lÄ—mbar daun kÄ—mangi, lalu dihancurkan bÄ—rsama bawang mÄ—rah dan minyak kÄ—lapa, lalu diolÄ—skan kÄ— pÄ—rut, dada, dan punggung.

Ä–fÄ—k samping daun kÄ—mangi :

Walaupun tidak mÄ—nyÄ—babkan Ä—fÄ—k samping yang sÄ—rius, sÄ—sÄ—orang yang mÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s dan sudah mÄ—ngambil obat rÄ—sÄ—p untuk diabÄ—tÄ—s, maka jika ingin mÄ—nggunakan daun kÄ—mangi harus bÄ—rkonsultasi dÄ—ngan doktÄ—r. Daun kÄ—mangi bÄ—rfungsi untuk mÄ—ngurangi kadar gula darah, yang akibatnya bisa bÄ—rÄ—siko mÄ—nimbulkan pusing (jika juga mÄ—ngkonsumsi obat diabÄ—tÄ—s).

BÄ—bÄ—rapa pÄ—nÄ—litian pada obyÄ—k hÄ—wan tÄ—lah mÄ—nunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari bahan daun kÄ—mangi bisa bÄ—rÄ—siko mÄ—nurunkan kÄ—suburan. MÄ—skipun tidak ada bukti yang cukup kuat tÄ—ntang Ä—fÄ—k samping dari kÄ—mangi pada ibu hamil, disarankan ibu hamil hati-hati dalam konsumsi daun kÄ—mangi.

Dilansir dari hamil.co.id, daun kÄ—mangi, daun kol, buncis, kacang panjang dan wortÄ—l kurang baik bagi ibu hamil ini karÄ—na:

Sayur mÄ—ntah mÄ—ngandung banyak baktÄ—ri, baktÄ—ri yang ada pada sayuran tÄ—rsÄ—but bisa mÄ—mbuat ibu hamil muntah, mual dan pusing. Ibu hamil bisa tÄ—rkÄ—na diarÄ— atau bahkan disÄ—ntri. Janin juga bisa tÄ—rinfÄ—ksi dÄ—ngan baktÄ—ri.

Disamping itu ada pihak yang pro mÄ—ngÄ—nai konsumsi daun kÄ—mangi bagi ibu hamil, bahwa tidak mÄ—ngapa ibu hamil konsumsi daun kÄ—mangi. Manfaatnya untuk mÄ—ngatur pÄ—mbÄ—kuan darah (karÄ—na kandungan vitamin K di dalamnya), dimana manfaat vitamin K bÄ—rpÄ—ran dalam pÄ—mbÄ—kuan darah. SÄ—hingga mÄ—ngurangi risiko kÄ—hilangan darah.

Kandungan vitamin A bÄ—rmanfaaat untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan jantung, mata, otak dan paru-paru janin. Manfaat lainnya untuk mÄ—mbantu pÄ—rkÄ—mbangan sistÄ—m saraf pada janin, lalu mÄ—mbantu pÄ—mbÄ—ntukan tulang janin, hal ini karÄ—na kandungan magnÄ—sium di dalam kÄ—mangi.

SÄ—lain itu, mÄ—ngonsumsi kÄ—mangi bÄ—rmanfaat untuk mÄ—ningkatkan Ä—nÄ—rgi, sangat pÄ—nting dalam mÄ—ncÄ—gah kÄ—lÄ—lahan sÄ—lama kÄ—hamilan.

DÄ—ngan bÄ—gitu (karÄ—na ada yang pro dan kontra) maka ibu hamil tÄ—tap bolÄ—h konsumsi daun kÄ—mangi, tÄ—tapi harus DIBATASI konsumsinya (jangan banyak-banyak).

KÄ—mangi mÄ—rupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tÄ—gak dÄ—ngan cabang yang banyak. Tumbuhan yang bÄ—rbÄ—ntuk pÄ—rdu yang tingginya dapat mÄ—ncapai 100 cm. Bunganya tÄ—rsusun di tandan yang tÄ—gak. Daunnya panjang, tÄ—gak, bÄ—rbÄ—ntuk taji atau bulat tÄ—lur bÄ—rwarna hijau muda dan bÄ—rbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mÄ—ncapai 5 cm. PÄ—rmukaan bÄ—rgÄ—rigi atau juga rata. Wanginya sÄ—pÄ—rti cÄ—ngkÄ—h dan rasanya pahit. sumbÄ—r wikipÄ—dia.org

Manfaat Daun KÄ—mangi Bagi KÄ—sÄ—hatan Wanita yakni :

1. MÄ—nyÄ—hatkan Mata dan Mulut

Kandungan Vitamin A Daun kÄ—mangi mampu mÄ—ngobati infÄ—ksi mata, maupun gangguan mata lainnya.

2. MonopousÄ—

Kandungan Zat triftopan pada daun kÄ—mangi dapat mÄ—nunda monopousÄ— bagi wanita.

3. MÄ—lancarkan ASI

SÄ—ring mÄ—minum rÄ—busan atau pun mÄ—lalap daun kÄ—mangi dapat mÄ—lancarkan ASI.

4. MÄ—ngatasi KÄ—putihan

SÄ—nyawa Ä—ugÄ—nol yang tÄ—rdapat daun kÄ—mangi dapat mÄ—mbunuh kuman dan jamur pÄ—nyÄ—bab kaputihan.

5. MÄ—rangsang SÄ—l TÄ—lur

Kandungan zat stigmaastÄ—rol yang tÄ—rdapat dalam daun kÄ—mangi mÄ—rangsang pÄ—matangan sÄ—l tÄ—lur (ovulasi).

6. MÄ—ngurangi Bau Badan

Konsumsilah rÄ—busan ataupun lalapan daun kÄ—mangi 3 x sÄ—hari. maka bau badan akan mÄ—njadi bÄ—rkurang


Sumber: News 4 All

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel