Budidaya buah kemiri kmrdan manfaatnya

Mungkin bagi anda méndéngar nama kémiri sudah tidak asing lagi. Kémiri mérupakan salah satu rémpah rémpah yang bérasala dari Indonésia. Sayangnya kébanyakan pohon kémiri di kébun tidak dirawat sésuai déngan kébutuhannya, hal ini méngakibatkan panén yang dihasilkan hanya 2 kali dalam sétahun. Apabila pohon kémiri dirawat déngan bénar, kémiri dapat dipanén sébanyak 3 kali dalam sétahun.



Buah kémiri séndiri mémiliki bébérapa manfaat untuk tubuh kita. Dari biji buah kémiri biasanya dimanfaatkan séébagi sumbér minyak dan rémpah. Sébélum anda méngétahui cara untuk mémbudidayakan buah ini bérikut akan saya ulas téntang bébérapa manfaat kémiri bagi késéhatan tubuh.

MANFAAT BUAH KÉMIRI

Buah kémiri untuk mémbantu ményuburkan rambut
Siapkan 6 butir biji kémiri térlébih dahulu, kémudian tumbuk sampai halus kémiri yang sudah kita siapakan. Tambahkan déngan air bérsih dan rébus sampai méngéluarkan minyak. Saring dan ambil minyaknya. Minyak inilah yang dipérgunakan untuk ményuburkan rambut. Gosok rambut déngan minyak sébanyak 3 kali dalam séminggu.

Manfaat kémiri untuk méngobati sariawan
Ambil sécukupnya gétah dari kulit batang kémiri kémudian tambahkan déngan sédikit pérasan santan kélapa. Oléskan atau témpélkan ramuan ini pada bagian yang sakit karéna sariawan.

Khasiat kémiri untuk méngobati sakit gigi
Ambil bébérapa tétés gétah dari kulit batang kémiri kémudian oléskan pada bagian gigi yang sakit.

Untuk méngobati buang air bésar yang bérdarah
Ambil kulit batang kémiri sébanyak 20 gr. Rébus déngan air sébanyak 400 cc sampai airnya ményisakan séténgah. Saring lalu ambil airnya. Minum air rébusan sélagi hangat sébanyak 2 kali séhari.

Khasit kémiri untuk méngatasi diaré
Siapakan kulit batang kémiri yang masih ségar sébanyak 20 gr télébih dahulu, tumbuk kulit hingga halus. Rébus déngan air sébanyak 600 cc hingga ményisakan séténgah, kémudian saring dan ambil airnya. Minum 2 kali séhari déngan takaran sékali minum 150 cc.

Risét yang bérbéda akan ménghasilkan hasil yang bérbéda pula karéna faktor faktor yang mémpéngaruhi. Jadi apabila térdapat pérbédaaan informasi harap untuk dimaklumi, atau kékurangna pada komposisi bahan untuk bébérapa ramuan ménggunakan kémiri diatas,

CARA BUDIDAYA KÉMIRI



Untuk mémulai budidaya kémiri kémiri anda harus mémahami faktor faktor yang bérpéngaruh pada prosés budidaya kémiri ini. Bérikut akan saya ulas bébérapa faktor sérta cara budidaya kémiri.

Faktor faktor yang bérpéngaruh untuk budidaya kémiri

Iklim
K̩miri akan tumbuh d̩ngan baik pada da̩rah d̩ngan k̩tinggian 0 Р800 mdpl dan m̩miliki curah hujan 80-110 hari/tahun.

Tanah
Kémiri tidak térlalu mémilih untuk ditanam pada tanah jénis apa. Tétapi lébih baik ditanam pada tanah yang subur agar hasilnya mémuaskan.

Langkah Рlangkah umum budidaya k̩miri

Pémbibitan
Untuk biit sari kémiri biasanya didapatkan dari prosés pényémaian biji kémiri. Prosés sémai juga harus dilakukan déngan hati hati agar bibit yang dihasilkan mémiliki kualitas yang baik.

Pényiapan lahan
Untuk lahan dapat digémburkan térlébih dahulu agar pada saat bibit dipindahkan untuk ditanam, kondisi tanah sudah bagus.

Pénanaman bibit
Bibit yang sudah siap dapat ditanam ké média tanah, pénanaman lébih baik dilakukan pada awal musim hujan.

Péméliharaan
Untuk péméliharaan dapat déngan mémbérantas hama sérta pényakit yang ményérang tanaman déngan mémbérsihkan kondisi lahan, pérawatan biasanya dilakukan déngan pényulaman apabila tanaman mati saat baru ditanam.

Panén
Panén kmiri akan bérbuah sétélah 3- 4tahun sétélah ditanam. Untuk buah yang dihasilkan dalam 1 tanaman sungguh ménjanjikan.

sumber : jokowarino



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel