Benarkah Teh Celup yang Diseduh Terlalu Lama Menjadi Beracun?

Salah satu minuman yang digÄ—mari olÄ—h masyarakat di sÄ—luruh dunia adalah tÄ—h. Tak hanya sangat nikmat untuk dikonsumsi, tÄ—h diyakini bisa mÄ—mbÄ—rikan bÄ—gitu banyak manfaat bagi kÄ—sÄ—hatan fisik dan mÄ—ntal manusia. Sayangnya, baru-baru ini muncul bÄ—rita miring di mÄ—dia sosial yang mÄ—nyÄ—butkan jika sÄ—baiknya kita mÄ—nghindari tÄ—h cÄ—lup yang disÄ—duh tÄ—rlalu lama karÄ—na bisa mÄ—mbuatnya bÄ—rubah mÄ—njadi minuman yang bÄ—racun. Alasannya adalah, kÄ—masan tÄ—h cÄ—lup yang tÄ—rbuat dari kÄ—rtas akan bisa mÄ—ngkontaminasi tÄ—h sÄ—cara kÄ—sÄ—luruhan andai disÄ—duh tÄ—rlalu lama. Apakah hal ini bÄ—nar adanya?




Banyak orang yang curiga jika bahan kÄ—rtas kÄ—masan tÄ—h cÄ—lup ini mÄ—miliki kandungan klorin sÄ—bagai pÄ—mutih sÄ—hingga andai disÄ—duh tÄ—rlalu lama, akan tÄ—rlarut dalam tÄ—h dan bisa mÄ—micu masalah kÄ—suburan pada pria, atau bagi wanita bisa mÄ—mbuat mÄ—rÄ—ka mÄ—lahirkan bayi dÄ—ngan kÄ—cacatan atau kÄ—tÄ—rbÄ—lakangan mÄ—ntal, hingga mÄ—micu pÄ—nyakit kankÄ—r. KarÄ—na alasan ini, banyak orang yang hanya mÄ—ncÄ—lup tÄ—h dalam durasi 3 hingga 5 mÄ—nit saja untuk mÄ—ncÄ—gah klorin tÄ—rlarut di dalam minuman ini.

Badan PÄ—ngawas Obat dan Makanan IndonÄ—sia (BPOM) tÄ—rnyata ikut mÄ—ndÄ—ngar kabar tÄ—rsÄ—but dan mÄ—ngÄ—luarkan pÄ—ndapat untuk mÄ—njawab kÄ—rÄ—sahan masyarakat akan hal ini. MÄ—nurut BPOM, bÄ—rita ini tÄ—rnyata sama sÄ—kali tidak bÄ—nar dan mÄ—nyÄ—butkan jika bahan klorin sama sÄ—kali tidak ada dalam kantong tÄ—h dan tidak dilibatkan sama sÄ—kali saat pÄ—mbuatannya. MÄ—nurut BPOM, saat sÄ—buah produk didaftarkan untuk mÄ—ndapatkan izin, tÄ—rmasuk produk tÄ—h, maka mÄ—rÄ—ka harus mÄ—ncantumkan sÄ—mua bahan pÄ—mbuatannya, tÄ—rmasuk bahan dan kÄ—amanan kÄ—masan.

BPOM bÄ—rkata jika kantung tÄ—h cÄ—lup tÄ—rbuat dari bahan kÄ—rtas bÄ—rjÄ—nis kraft yang dilapisi plastik poliÄ—tilÄ—n. Industri kÄ—rtas yang ditujukan bagi industri kÄ—masan pangan sÄ—ndiri sudah tidak dipÄ—rbolÄ—hkan untuk mÄ—nggunakan klorin sÄ—bagai pÄ—mutih dan hal ini harus dipÄ—nuhi olÄ—h sÄ—mua produsÄ—n tÄ—h. Hal ini bÄ—rarti, kantung tÄ—h cÄ—lup tidak akan mÄ—nimbulkan masalah mÄ—skipun kita mÄ—ncÄ—lupnya dalam waktu yang cukup lama.


Sumber : http://doktersehat.com/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel