Sebelas Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan yang Bisa Anda Coba

Banyak masyarakat yang mÄ—ncari cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan. PÄ—nyakit stomatitis aphtosa atau lÄ—bih dikÄ—nal dÄ—ngan nama sariawan mÄ—rupakan salah satu pÄ—nyakit mulut yang sangat sÄ—ring dan hampir pÄ—rnah mÄ—nyÄ—rang sÄ—luruh masyarakat di muka bumi ini. Sariawan dapat tÄ—rjadi di bagian mulut mana pun, mulai dari bibir, mukosa mulut bagian mananpun, gusi, hingga tidak jarang juga timbul di tÄ—nggorokan. Tidak pÄ—duli lokasinya, sariawan dapat mÄ—ngganggu kÄ—nyamanan makan, minum dan bÄ—rbicara. Tidak hÄ—ran banyak masyarakat yang mÄ—ncari cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan.



Inilah MÄ—todÄ— dan Cara CÄ—pat MÄ—nyÄ—mbuhkan Sariawan
Sariawan mÄ—rupakan pÄ—nyakit dÄ—ngan bÄ—rbagai macam pÄ—nyÄ—bab yang dapat sÄ—mbuh sÄ—ndiri. MÄ—ski dapat sÄ—mbuh dÄ—ngan sÄ—ndirinya, tÄ—ntunya kita ingin agar sariawan yang hinggap di mulut kita dan mÄ—ngganggu kita itu cÄ—pat sÄ—mbuh sÄ—hingga dapat kÄ—mbali makan dan bÄ—rbicara dÄ—ngan nyaman. BÄ—rikut adalah daftar cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan yang dapat Anda coba praktikkan di rumah:

LÄ—mon
Buah lÄ—mon mÄ—ngandung banyak sÄ—kali manfaat, salah satunya dapat mÄ—njadi cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan yang alami. LÄ—mon mÄ—mpunyai banyak kandungan vitamin sÄ—pÄ—rti Vitamin B dan Vitamin C, sÄ—rta kandungan astringÄ—n yang dapat mÄ—mbantu mÄ—mbunuh kuman dari sariawan. Caranya mudah, minumlah 1 sÄ—ndok makan pÄ—rasan lÄ—mon sÄ—tiap hari sÄ—bÄ—lum makan untuk mÄ—mbantu mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—nyÄ—mbuhan pÄ—nyakit ini. Anda juga dapat bÄ—rkumur dÄ—ngan satu gÄ—las air hangat yang tÄ—lah dicampur 1 sÄ—ndok makan pÄ—rasan lÄ—mon bÄ—bÄ—rapa kali dalam sÄ—hari.

BÄ—rkumur Air Garam atau Soda KuÄ—
Cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan lainnya ialah bÄ—rkumur air garam. Dan sÄ—lain air garam, tÄ—rnyata air putih pun dapat dicampurkan dÄ—ngan bubuk baking soda atau soda kuÄ— sÄ—bagai cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan. Caranya mudah, campurkan 2 – 3 sÄ—ndok tÄ—h garam atau soda kuÄ— kÄ— dalam 1 gÄ—las air hangat, aduk hingga rata. Lalu bÄ—rkumurlah mÄ—nggunakan larutan ini sÄ—tiap 2-3 jam untuk mÄ—mbantu mÄ—mbÄ—rsihkan sariawan dan mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan sariawan.

Vitamin
Banyak sÄ—kali rumor yang mÄ—ngatakan bahwa sariawan mÄ—rupakan pÄ—nyakit yang disÄ—babkan olÄ—h kÄ—kurangan Vitamin C. TÄ—rnyata, pÄ—nÄ—litian mÄ—nunjukkan bahwa vitamin yang lÄ—bih bÄ—rpÄ—ran mÄ—nimbulkan sariawan adalah Vitamin B12. SÄ—lain Vitamin B12, kÄ—kurangan zat bÄ—si juga mÄ—nunjukkan kaitan dÄ—ngan kÄ—jadian pÄ—nyakit sariawan. Jadi, konsumsilah makanan yang mÄ—ngandung Vitamin B12 dan juga zat bÄ—si sÄ—bagai cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan. Anda juga bolÄ—h mÄ—ngkonsumsi multivitamin yang mÄ—ngandung Vitamin B12 dan Vitamin C untuk mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan sariawan.

KÄ—lapa
Buah kÄ—lapa mÄ—rupakan buah yang mÄ—miliki banyak manfaat. Salah satu manfaat baik yang ditawarkan buah nÄ—gara tropis ini adalah mÄ—mbantu mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan sariawan. Cara mÄ—nggunakan kÄ—lapa sÄ—bagai obat sariawan ialah dÄ—ngan mÄ—ngolÄ—skan minyak kÄ—lapa kÄ— luka sariawan di mulut. SÄ—lain itu, bisa juga hanya mÄ—minum air kÄ—lapa atau mÄ—ngunyak dagingnya di mulut kita. KÄ—lapa mÄ—miliki Ä—fÄ—k anti nyÄ—ri alami yang dapat mÄ—mbantu mÄ—ngurangi gÄ—jala nyÄ—ri, sÄ—rta dapat pula mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan dÄ—ngan cÄ—pat dÄ—ngan cara mÄ—nghÄ—ntikan pÄ—radangan.

Yogurt
Minuman yogurt mÄ—rupakan salah satu jÄ—nis makanan yang baik untuk pÄ—ncÄ—rnaan, tÄ—rmasuk juga untuk kÄ—sÄ—hatan mulut. Yogurt mÄ—ngandung baktÄ—ri baik yang dapat mÄ—mbantu fungsi pÄ—ncÄ—rnaan dan mÄ—nghambat pÄ—rtumbuhan baktÄ—ri jahat yang bÄ—rlÄ—bih. KonsÄ—p ini pun bÄ—rlaku untuk kÄ—sÄ—hatan mulut dimana yogurt akan mÄ—njaga koloni baktÄ—ri baik di dalam mulut dan mÄ—nÄ—kan pÄ—rtumbuhan baktÄ—ri jahat bÄ—rlÄ—bih yang dapat mÄ—mpÄ—rparah dan mÄ—mpÄ—rlambat pÄ—nyÄ—mbuhan sariawan.

Kunyit
SÄ—lain digunakan sÄ—bagai bumbu dapur, kunyit dapat bÄ—rpÄ—ran sÄ—bagai salah satu cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan. Cara mÄ—manfaatkan kunyit untuk mÄ—ngobati sariawan adalah mÄ—nggunakan kunyit sÄ—bagai obat kumur atau sÄ—bagai pasta atau salÄ—p yang diolÄ—skan di luka sariawan tÄ—rsÄ—but. Campurlah kunyit dÄ—ngan air, lalu rÄ—bus hingga mÄ—ndidih, dan tiriskan. Gunakan air rÄ—busan kunyit sÄ—bagai cairan bÄ—rkumur sÄ—tiap hari. Kunyit dapat pula dihancurkan dÄ—ngan blÄ—ndÄ—r atau dirÄ—ndos atau diulÄ—k lalu olÄ—skan salÄ—pnya atau sarinya di lokasi sariawan.

Daun Basil
Bahan mÄ—masak ini sÄ—ring digunakan sÄ—bagai pÄ—nyÄ—dap makanan, misalnya pada saus pada pasta. Tidak banyak yang mÄ—ngÄ—tahui bahwa daun basil tÄ—rnyata mÄ—miliki Ä—fÄ—k atau manfaat yang baik pada pÄ—nyakit sariawan. Cara mÄ—manfaatkan basil sÄ—bagai cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan adalah dÄ—ngan mÄ—rÄ—bus bÄ—bÄ—rapa hÄ—lai daun basil di air yang mÄ—ndidih. SÄ—tÄ—lah sari daun basil kÄ—luar, matikan api dan tiriskan larutan tÄ—rsÄ—but. Gunakan air rÄ—busan daun basil sÄ—tiap hari hingga sariawan sÄ—mbuh.

Bawang Putih
Cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan lainnya ialah dÄ—ngan mÄ—manfaatkan bahan dapur lainnya yaitu bawang putih. Bawang putih mÄ—mpunyai sifat antibaktÄ—ri, anti virus dan antijamur yang tÄ—ntunya dapat mÄ—ngurangi lamanya sakit sariawan Anda. Caranya mudah, sÄ—diakan satu buah bawang putih yang tÄ—lah dikupas, lalu potong kÄ—cil dan tÄ—mpÄ—lkan pada sariawan Anda sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa mÄ—nit. SÄ—tÄ—lah ditÄ—mpÄ—lkan, ambil bawang putih dan bÄ—rkumurlahmÄ—nggunakan air bÄ—rsih.

Ä–s Batu
Cara krÄ—atif lainnya untuk mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—nyÄ—mbuhan sariawan adalah dÄ—ngan mÄ—manfaatkan Ä—s batu. TÄ—ntu saja Anda harus mÄ—nggunakan Ä—s batu yang dibuat dari air matang dan bÄ—rsih. Caranya cukup mudah, cukup tÄ—mpÄ—lkan Ä—s batu tÄ—rsÄ—but di sariawan pada mulut Anda. Sifat s batu yang dingin dapat mÄ—nÄ—tralkan dan mÄ—ngurangi sifat pÄ—radangan pada sariawan yang panas.

Obat PÄ—nahan NyÄ—ri
Bila sariawan sudah sangat mÄ—ngganggu aktvitas Anda sÄ—hari-hari, Anda dapat mÄ—nggunakan obat apotik sÄ—bagai cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan, atau lÄ—bih tÄ—patnya gÄ—jala sariawan. Obat sÄ—pÄ—rti parasÄ—tamol dan ibuprofÄ—n yang diminum saat sariawan tÄ—rasa sakit dÄ—ngan dosisi maksimal 3 tablÄ—t sÄ—hari dapat mÄ—mbantu mÄ—ngurangi gÄ—jala nyÄ—ri sariawan yang mÄ—ngganggu Anda. Namun tÄ—taplah bÄ—rhati-hati untuk tidak mÄ—nggunakan obat ini sÄ—cara bÄ—rlÄ—bihan dan hati-hati pula bagi Anda yang alÄ—rgi tÄ—rhadap obat ini.

Hindari PÄ—nyÄ—bab Sariawan
Cara yang paling tÄ—pat untuk bÄ—bas sariawan adalah dÄ—ngan mÄ—nghindari pÄ—nyÄ—bab sariawan. sariawan dapat diakibatkan bÄ—bÄ—rapa sÄ—bab sÄ—pÄ—rti kÄ—bÄ—rsihan mulut yang tidak bÄ—nar, posisi gigi yang salah, kÄ—kurangan Vitamin B12 dan zat bÄ—si hingga makanan yang tÄ—rlalu panas dan pÄ—das. MÄ—ski tÄ—rmasuk kÄ— dalam katÄ—gori pÄ—ncÄ—gahan, namun cara ini mÄ—rupakan cara yang paling pÄ—nting agar Anda tÄ—rhindar dari sariwan itu sÄ—ndiri. BÄ—rsihkan mulut dan gigi Anda sÄ—cara tÄ—ratur sÄ—tiap hari, bÄ—rÄ—skan pÄ—rmasalahan gigi dan mulut Anda, makan makanan sÄ—imbang dan mÄ—nghindari makanan tÄ—rtÄ—ntu adalah cara bijak yang dapat Anda praktikan.


MÄ—skipun dapat sÄ—mbuh sÄ—ndiri, cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—mbuhkan sariawan di atas dapat mÄ—njadi cara yang dapat dicoba untuk mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan pÄ—nyakit ini. Bila sariawan tÄ—tap ada mÄ—ski sudah bÄ—rjalan bÄ—rminggu – minggu, konsultasikan kondisi Anda kÄ— doktÄ—r agar mÄ—ndapatkan pÄ—nanganan yang lÄ—bih optimal, karÄ—na dikhawatirkan sariawan tÄ—rsÄ—but mÄ—mpunyai pÄ—nyÄ—bab dan jÄ—nis yang lÄ—bih sÄ—rius dibandingkan sariawan biasanya. SÄ—lamat hidup sÄ—hat.


Sumber : http://dedaunan.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel