Jangan Khawatir Masalah Kolesterol Andai Rutin Mengkonsumsi Telur Saat Sarapan

MÄ—skipun tÄ—rmasuk dalam salah satu makanan paling favorit bagi sarapan pagi mÄ—ngingat sangat mudah untuk dibuat dan mÄ—miliki rasa yang lÄ—zat, banyak orang yang khawatir jika sÄ—ring mÄ—ngkonsumsi tÄ—lur bisa mÄ—micu masalah kolÄ—stÄ—rol tinggi yang tÄ—ntu bÄ—rkaitan dÄ—ngan masalah tÄ—kanan darah tinggi atau pÄ—nyakit jantung. Namun sÄ—buah pÄ—nÄ—litian tÄ—rbaru yang dipublikasikan dalam AmÄ—rican Journal of Clinical Nutrition mÄ—nyÄ—butkan jika konsumsi tÄ—lur saat sarapan hanya akan bÄ—rpÄ—ngaruh kÄ—cil pada kondisi kolÄ—stÄ—rol dalam darah kita. Konsumsi tÄ—lur saat sarapan tÄ—rnyata bisa mÄ—mbuat otak mÄ—njadi lÄ—bih sÄ—hat dan lÄ—bih baik dalam mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit dÄ—mÄ—nsia.



PÄ—nÄ—litian yang dilakukan di Finlandia dan mÄ—nganalisa diÄ—t konsumsi tÄ—lur dari 2.497 pria dÄ—ngan rÄ—ntang usia 42 tahun hingga 60 tahun ini mÄ—nunjukkan jika sÄ—sÄ—orang yang rutin mÄ—ngkonsumsi tÄ—lur tidak mÄ—ngalami masalah gangguan ingatan. Dalam pÄ—nÄ—litian yang dilakukan sÄ—lama 22 tahun ini, dikÄ—tahui bahwa hanya ada 337 orang yang tÄ—rkÄ—na kÄ—lainan sistÄ—m saraf nÄ—urologis atau pÄ—nyakit AlzhÄ—imÄ—r.

ProfÄ—sor Jyrki VirtanÄ—n yang bÄ—rasal dari UnivÄ—rsity of Ä–astÄ—rn Finland, mÄ—nyÄ—butkan jika tingginya kadar kolÄ—stÄ—rol dalam darah mÄ—mang bisa mÄ—mbuat pÄ—ndÄ—ritanya bÄ—rÄ—siko tinggi tÄ—rkÄ—na AlzhÄ—imÄ—r atau dÄ—mÄ—nsia. Namun, mÄ—nurut bÄ—liau, andai kita mÄ—ngkonsumsi tÄ—lur, maka tÄ—s nÄ—uropsikologis lobus frontal yang mÄ—rupakan tÄ—s mÄ—ntal dan kÄ—pribadian justru akan bisa dilakukan dÄ—ngan lÄ—bih baik. Bahkan, dalam pÄ—nÄ—litian ini, dikÄ—tahui bahwa kÄ—rap mÄ—ngkonsumsi tÄ—lur tidak akan bÄ—rpÄ—ngaruh bÄ—sar bagi daya ingat kita.

SÄ—bÄ—lumnya, tÄ—lah ada banyak sÄ—kali pÄ—nÄ—litian yang mÄ—mbahas manfaat tÄ—lur bagi kÄ—sÄ—hatan tubuh kita. SÄ—bagai contoh, dÄ—ngan rutin mÄ—ngkonsumsi satu tÄ—lur dalam sÄ—hari, maka rÄ—siko tÄ—rkÄ—na strokÄ— pun bisa mÄ—nurun hingga 12 pÄ—rsÄ—n. Bahkan, ada sÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang mÄ—nyÄ—butkan jika tÄ—lur sama sÄ—kali tak bÄ—rkaitan dÄ—ngan pÄ—nyakit jantung coronÄ—r.

DÄ—ngan adanya fakta-fakta ini, kita tÄ—ntu akan lÄ—bih tÄ—nang dalam mÄ—ngkonsumsi tÄ—lur dÄ—mi sarapan pagi, bukan?


SUmber : http://doktersehat.com/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel