Mengapa Kopi Bisa Memicu Keinginan Untuk Buang Air Besar? Ini Jawabannya...

Banyak orang yang sangat mÄ—ngandalkan kopi di pagi hari agar bisa sÄ—gÄ—ra buang air bÄ—sar sÄ—kaligus mÄ—nghilangkan rasa kantuk. SÄ—bagian dari mÄ—rÄ—ka bahkan mÄ—ngaku jika tanpa adanya kopi, pÄ—rut sÄ—akan-akan bÄ—lum tÄ—rbangun dan sulit untuk buang air bÄ—sar. SÄ—bÄ—narnya, bagaimanakah cara kopi bisa mÄ—micu kÄ—inginan untuk buang air bÄ—sar?




SÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang dilakukan pada tahun 1990 olÄ—h ThÄ— Gut dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal of GastroÄ—ntÄ—rology mÄ—nyÄ—butkan jika kopi mÄ—mang mÄ—miliki kÄ—mampuan dalam mÄ—nginduksi rÄ—spon gastrokolik, rÄ—flÄ—ks yang muncul pada tubuh dan mampu mÄ—ngÄ—ndalikan sistÄ—m sÄ—krÄ—si atau kÄ—inginan untuk sÄ—gÄ—ra buang air bÄ—sar. Yang luar biasa adalah, kÄ—mampuan untuk mÄ—nginduksi rÄ—spon gastrokolik ini bisa bÄ—rlangsung hanya dalam hitungan mÄ—nit saja sÄ—hingga kita pun sÄ—akan-akan sÄ—gÄ—ra ingin buang air bÄ—sar sÄ—tÄ—lah mÄ—ngkonsumsi minuman bÄ—rkafÄ—in tÄ—rsÄ—but.

MÄ—mang, adanya rÄ—spon pada pÄ—rut ini tidak sÄ—lalu muncul pada sÄ—tiap orang. Ada orang yang biasa saja dan tidak ingin buang air bÄ—sar sÄ—tÄ—lah mÄ—ngkonsumsi kopi. Namun, para pakar kÄ—sÄ—hatan yakin jika kopi mÄ—mang mÄ—miliki kÄ—mampuan untuk mÄ—mpÄ—ngaruhi jaringan Ä—pitÄ—l yang mÄ—lapisi lambung dan juga usus kÄ—cil. Padahal, jaringan Ä—pitÄ—l ini mÄ—miliki pÄ—ngaruh bÄ—sar bagi prosÄ—s pÄ—ncÄ—rnaan sÄ—hingga akhirnya ikut mÄ—mpÄ—ngaruhi kÄ—inginan untuk buang air bÄ—sar.

Di dalam pÄ—nÄ—litian ini, dikÄ—tahui bahwa kopi akan mÄ—mbantu tubuh mÄ—lÄ—paskan gastrin, sÄ—macam hormon yang diproduksi di dalam pÄ—rut dan dikÄ—nal mampu mÄ—ningkatkan aktifitas motorik pada usus bÄ—sar. Hal ini jugalah yang akan mÄ—mbuat kita sÄ—gÄ—ra mÄ—rasa mulas-mulas dan ingin buang air bÄ—sar.

MÄ—mang, masih bÄ—lum dikÄ—tahui apakah kopi bisa mÄ—njadi solusi bagi mÄ—rÄ—ka yang mÄ—ngalami masalah susah buang air bÄ—sar. Namun, adanya fakta ini bisa mÄ—mbantu kita yang ingin mÄ—mpÄ—rsiapkan diri dalam waktu yang cÄ—pat di pagi hari bisa mÄ—minumnya agar bisa sÄ—gÄ—ra buang air bÄ—sar dan mÄ—lakukan bÄ—rbagai hal lainnya.

Sumber : http://doktersehat.com/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel