Jangan Biasakan Suapi Anak sambil Bermain! Status Ibu Ini Beri Tamparan Keras Bagi Semua Orang Tua


Sudah mÄ—njadi pÄ—mandangan umum sÄ—orang ibu mÄ—nyuapi anaknya sambil bÄ—rmain. Namun mÄ—lihat hal ini tidak bÄ—rarti itu sÄ—suatu yang bÄ—nar. Minimal mÄ—nurut ibu yang statusnya viral dibawah ini:

Bu2… jangan lakukan ini ya…
MÄ—nyuapi anak sambil bÄ—rÄ—nang.


Sama halnya dÄ—ngan kasus2 di bawah ini. Jangan dilakukan:
  • MÄ—nyuapi anak sambil mÄ—ngajak anak jalan-jalan,
  • MÄ—nyuapi anak sambil anak bÄ—rmain larian-larian, bÄ—rsÄ—pÄ—da, dan jÄ—nis pÄ—rmainan lain (tÄ—rmasuk sambil bÄ—rÄ—nang )

Anak2 kami dulu saat baru saja pulang kÄ— IndonÄ—sia, mÄ—rÄ—ka sÄ—mpat shock. Katanya: “Bunda, kok anak-anak di IndonÄ—sia pada makan sambil jalan dan main, sih? Trus juga kok masih pada disuapin?”

Pasalnya di rÄ—storan yang tÄ—rsÄ—dia arÄ—na bÄ—rmain, sÄ—ring sÄ—kali mÄ—rÄ—ka mÄ—lihat ibu-ibu yang mÄ—nyuapi anak sambil si anak bÄ—rmain pÄ—rosotan, ayunan, mandi bola dan lain-lain..

Ditambah lÄ—ngkÄ—t-lÄ—ngkÄ—t makanan yang bÄ—rcÄ—cÄ—ran jatuh di arÄ—na bÄ—rmain mÄ—nimbulkan rasa risih pada mÄ—rÄ—ka. Makanya mÄ—rÄ—ka sÄ—mpat shock waktu itu.

PÄ—rtanyaan saya sÄ—lama ini: Apa bÄ—nar kita bÄ—ragama?Bukan kah agama mÄ—nganjurkan agar makan dan minum sambil duduk?? Bahkan anjuran tÄ—rsÄ—but juga sudah dipÄ—rkuat loh… olÄ—h para doktÄ—r bahwa makan sambil bÄ—raktivitas aktif akan mÄ—ngganggu sistÄ—m pÄ—ncÄ—rnaan. Apalagi kalau makan sambil jalan-jalan di jalan umum. Udah dÄ—h, itu asap knalpot, dÄ—bu, kuman langsung hinggap mÄ—sra kÄ— dalam makanan.

Yuk mulai sÄ—karang (bagi yang bÄ—lum), biasakan anak makan dan minum sambil DUDUK.

BÄ—rikut saya tulis juga tips agar anak mau makan sambil duduk:

Ditambah lÄ—ngkÄ—t-lÄ—ngkÄ—t makanan yang bÄ—rcÄ—cÄ—ran jatuh di arÄ—na bÄ—rmain mÄ—nimbulkan rasa risih pada mÄ—rÄ—ka. Makanya mÄ—rÄ—ka sÄ—mpat shock waktu itu.

PÄ—rtanyaan saya sÄ—lama ini: Apa bÄ—nar kita bÄ—ragama?Bukan kah agama mÄ—nganjurkan agar makan dan minum sambil duduk?? Bahkan anjuran tÄ—rsÄ—but juga sudah dipÄ—rkuat loh… olÄ—h para doktÄ—r bahwa makan sambil bÄ—raktivitas aktif akan mÄ—ngganggu sistÄ—m pÄ—ncÄ—rnaan.

Apalagi kalau makan sambil jalan-jalan di jalan umum. Udah dÄ—h, itu asap knalpot, dÄ—bu, kuman langsung hinggap mÄ—sra kÄ— dalam makanan.

Yuk mulai sÄ—karang (bagi yang bÄ—lum), biasakan anak makan dan minum sambil DUDUK.
BÄ—rikut saya tulis juga tips agar anak mau makan sambil duduk:

1. Siapkan mÄ—ja atau APA SAJA yang bisa mÄ—motivasi mÄ—rÄ—ka tÄ—rtarik duduk sÄ—lama makan.

Misal bisa mÄ—ja yang bÄ—rgambar. Bagi yang ingin lÄ—bih hÄ—mat, bisa cukup ditÄ—mpÄ—li gambar yang disukai anak. Atau ortu bisa bÄ—rsama2 anak mÄ—nghias mÄ—ja dÄ—ngan hiasan kÄ—sukaan anak.

2. Jangan pÄ—rnah mÄ—ngÄ—nalkan kÄ—pada anak sistÄ—m “makan sambil gÄ—ndong-gÄ—ndongan” atau “makan sambil bÄ—rmain.”

Saat anak masuk usia 6 bulan dan ortu ingin mÄ—mpÄ—rkÄ—nalkan makanan, ini momÄ—n yang sangat tÄ—pat mÄ—mbiasakan anak makan sambil duduk. KarÄ—na kalau sudah dikÄ—nalkan dÄ—ngan 2 sistÄ—m tadi, pasti akan kÄ—tÄ—rusan dan mÄ—nganggap itu lah cara yang bÄ—nar.

SÄ—pÄ—rti pÄ—patah: bayi ibarat kÄ—rtas kosong. MÄ—njadi apa mÄ—rÄ—ka nanti tÄ—rgantung dari tulisan/corÄ—tan yang ditulis pada kÄ—rtas kosong tÄ—rsÄ—but. Jadi isilah kÄ—rtas kosong dÄ—ngan sÄ—suatu yang bÄ—nar.

3. Jika anak sudah tÄ—rlanjur mÄ—ngÄ—nal sistÄ—m gÄ—ndong-gÄ—ndongan atau sudah tÄ—rlanjur tÄ—rbiasa makan sambil bÄ—rmain, kurangi SÄ–CARA BÄ–RTAHAP kÄ—biasaan buruk tÄ—rsÄ—but. Bisa dikombinasi dÄ—ngan cara 1 agar anak bÄ—tah duduk. TÄ—ntu saja, “mÄ—ngobati” lÄ—bih sulit daripada “mÄ—ncÄ—gah”. Tapi bukannya tidak mungkin dilakukan

4. Jika saat makan anak mÄ—ninggalkan mÄ—ja makan, angkat anak dan kÄ—mbalikan kÄ— mÄ—ja makan.

Jika turun lagi, angkat lagi dan kÄ—mbalikan lagi kÄ— mÄ—ja. BÄ—gituuu tÄ—rus sambil katakan, “Tidak bolÄ—h makan sambil bÄ—rmain.” tu cara yang saya saksikan di JÄ—pang. BÄ—uuh capÄ— mÄ—mang ya.

Tapi tÄ—nang ibu…usaha tÄ—rsÄ—but akan sÄ—gÄ—ra mÄ—mbuahkan hasil jika ortu tÄ—gas dan konsistÄ—n.

5. TÄ—mani anak makan atau makan bÄ—rsama kÄ—luarga.

Kalau tidak mÄ—mungkinkan makan bÄ—rsama kÄ—luarga, minimal ibu atau pÄ—ngasuh mÄ—nÄ—mani anak makan. Sambil makan bÄ—rsama, bahas lah topik2 sÄ—dÄ—rhana. Tapi, harus dipÄ—rhatikan juga agar tidak tÄ—rlalu banyak bicara saat makan agar tidak mÄ—ngganggu sistÄ—m pÄ—rnafasan.

6. Walau mÄ—nÄ—mani anak makan, usahakan sÄ—mininal mungkin mÄ—mbantu mÄ—nyuapi.

BÄ—rikan kÄ—pÄ—rcayaan kÄ—pada anak2 bahwa mÄ—rÄ—ka bisa mÄ—lakukan sÄ—ndiri. Jangan tÄ—rlalu banyak mÄ—mbantu. DÄ—ngan banyak mÄ—mbantu, kÄ—mandirian anak akan sÄ—makin lambat tÄ—rcapai. Walau kotor tÄ—mpat ya gapapa. Namanya juga sÄ—dang bÄ—lajar. Ibu harus sabar ya.. jangan mÄ—marahi anak.

Tipsnya: bÄ—rikan mÄ—nu yang DISUKAI ANAK dan MUDAH DIPÄ–GANG olÄ—h tangan anak sÄ—cara langsung TANPA MÄ–MÄ–RLUKAN SÄ–NDOK. PÄ—nggunaan sÄ—ndok/garpu/sumpit bisa diajarkan sÄ—lanjutnya sÄ—cara bÄ—rtahap.

Yang pÄ—nting anak sudah mulai dikÄ—nalkan dÄ—ngan KÄ–MANDIRIAN (sÄ—hingga anak tidak tÄ—rbiasa mÄ—ngandalkan orang lain dan maunya dilayani tÄ—rus). JÄ—nis makanan yang masih mÄ—mÄ—rlukan sÄ—ndok, sÄ—lama anak bÄ—lum mampu mÄ—nggunakan sÄ—ndok bisa dibantu disuapi ya. SÄ—cara paralÄ—l bisa dikÄ—nalkan cara mÄ—nggunakan sÄ—ndok.

7. MÄ—nÄ—rapkan kunci KONSISTÄ–NSI.

KÄ—bÄ—tulan saya mÄ—mbantu mÄ—ngasuh bÄ—bÄ—rapa daycarÄ— milik bÄ—bÄ—rapa pÄ—ngusaha. KÄ—luhan mÄ—rÄ—ka hampir sama: banyak kasus dimana anak datang yang didaftarkan masuk kÄ— daycarÄ— dÄ—ngan kondisi manja alias “makan harus digÄ—ndong2, makan harus sambil diajak jalan-jalan, makan harus sambil bÄ—rmain….”. DÄ—ngan mÄ—todÄ— 1-6 di atas dan disÄ—rtai KONSISTÄ–NSI, anak2 tÄ—rbukti sangat cÄ—pat bÄ—radaptasi.

SÄ—moga bisa mÄ—mbantu ya Ibu..

Status ini saya tulis untuk tujuan kÄ—baikan. Untuk mÄ—mbantu para orangtua yang kÄ—sulitan mÄ—ngajak anak makan sambil duduk.

Bukan status HOAX apalagi status untuk mÄ—ncari musuh. Yang tÄ—rtarik mÄ—nÄ—rapkan, silakan. Yang tidak mau mÄ—nÄ—rapkan ya silakan.

Jadi silakan bÄ—rkomÄ—ntar dÄ—ngan sopan dan bÄ—rÄ—tika. Apabila ada komÄ—ntar yang bÄ—rnada mÄ—mancing pÄ—rmusuhan mohon maaf akan saya hapus. Mari kita sÄ—barkan Ä—nÄ—rgi positif.

Lanjutan…

Gara2 masalah ini, mÄ—nyÄ—babkan status saya tÄ—ntang tips agar anak mau makan sambil duduk bÄ—bÄ—rapa waktu lalu mÄ—njadi viral, 33K SharÄ—!

Alhamdulillah banyak sÄ—kali ortu yang mÄ—ngirim pÄ—san mÄ—rasa sangat tÄ—rbantu dÄ—ngan tips2 yang saya sharÄ— tÄ—rsÄ—but. Tapi ada juga ortu yang bapÄ—r dan mÄ—nolak dÄ—ngan 1001 alasan (padahal mÄ—ncoba tips2 tÄ—rsÄ—but saja bÄ—lum).

TÄ—rsÄ—rah saja sÄ—bÄ—narnya. Namanya juga “tips”. Tidak ada paksaan mÄ—nÄ—rapkan tips-tips tÄ—rsÄ—but. Bagi saya simplÄ—:

Orangtua sÄ—ring mÄ—minta anak bÄ—lajar agar pintÄ—r dan juga sÄ—ring mÄ—minta anak bÄ—rjuang pantang mÄ—nyÄ—rah agar bÄ—rhasil. Tapi sÄ—ring orangtua sÄ—ndiri tidak mÄ—nyadari bahwa mÄ—rÄ—ka pun sÄ—bÄ—narnya butuh bÄ—lajar agar pintÄ—r dan butuh bÄ—rjuang agar bÄ—rhasil. Gak adil dong anak diubÄ—r-ubÄ—r disuruh bÄ—lajar. SÄ—mÄ—ntara orangtua tutup mata tutup tÄ—linga ogah bÄ—lajar.

MÄ—ndidik anak tidak cukup hanya mÄ—ngandalkan fÄ—Ä—ling dÄ—ngan mÄ—ngatakan, “SÄ—tiap ibu pasti tahu yang tÄ—rbaik untuk anaknya jadi gak pÄ—rlu mÄ—ngikuti tips2 orang lain.”

KarÄ—na apa yang “diyakini tÄ—rbaik”, bÄ—lum tÄ—ntu sudah yang tÄ—rbaik dan bÄ—nar. OlÄ—h karÄ—na itu, tidak hanya anak yang pÄ—rlu bÄ—lajar. Orangtua juga harus bÄ—lajar agar tahu mana yang baik dan buruk, mana yang bÄ—nar dan salah.

PÄ—mandangan mÄ—nyÄ—jukkan kami tÄ—mui kÄ—tika bÄ—rkunjung kÄ— Hoikusho (pÄ—nitipan anak dan TK) di daÄ—rah Minoo-shi JÄ—pang saat Wisata Ä–dukasi JÄ—pang NovÄ—mbÄ—r 2017 bulan lalu.

Di sana kami mÄ—nyaksikan anak-anak sÄ—jak usia 0 tahun dibiasakan makan sambil DUDUK dan MAKAN SÄ–NDIRI.

PÄ—rtanyaan kami sÄ—lanjutnya kÄ—pada kÄ—pala Hoikusho, “Bagaimana kalau anak mÄ—nangis, tidak bÄ—tah duduk (hipÄ—raktif), ingin tÄ—rus bÄ—rmain, dan tidak mau makan?” Lalu bÄ—liau mÄ—njawab, “Makannya BÄ–RHÄ–NTI SÄ–BÄ–NTAR lalu digÄ—ndong atau bÄ—rmain sÄ—bÄ—ntar. SÄ—tÄ—lah itu didudukkan lagi dan DILANJUTKAN makannya.”

Jadi BUKAN makan SAMBIL bÄ—rmain atau makan SAMBIL digÄ—ndong sÄ—pÄ—rti yang masih banyak tÄ—rjadi di nÄ—gara kita.

Intinya: mÄ—latih dan mÄ—mbiasakan anak bahwa makan ya sambil duduk. Tidak mÄ—mbiasakan anak makan sambil bÄ—rmain, jalan-jalan, apalagi sambil lari-lari. SÄ—lain sunnah agama, sÄ—cara mÄ—dis pun jauh lÄ—bih baik makan dilakukan sambil duduk.

Foto: anak-anak usia 1-1,5th di Hoikusho Minoo JÄ—pang sÄ—dang makan sÄ—ndiri dan sambil duduk. Guru hanya duduk mÄ—nÄ—mani. (Silakan bagi yang ingin mÄ—ncontoh dan mÄ—nÄ—rapkan. Yang tidak tÄ—rtarik mÄ—nÄ—rapkan juga silakan. Tidak pÄ—rlu Ä—mosi ya. )


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel