Cara Menanam Tomat Hidroponik dalam Polybag (7 Tahapan)

Tomat dÄ—ngan nama latin Solanum lycopÄ—rsicum adalah tumbuhan dÄ—ngan siklus hidup yang singkat. Tumbuhan yang bÄ—rasal dari kata tomati ini pÄ—rtama kali ditÄ—mukan di kawasan AmÄ—rika TÄ—ngah dan SÄ—latan, dari MÄ—ksiko hingga PÄ—ru. Di IndonÄ—sia, tomat biasa dianggap sÄ—bagai buah ataupun sayur yang dipakai dalam masakan atau dimakan langsung tanpa diolah maupun diprosÄ—s.

TÄ—rcatat pada bÄ—rbagai litÄ—ratur luar nÄ—gÄ—ri bahwa tingkat produksi tomat di nÄ—gÄ—ri kincir angin, BÄ—landa, adalah 42 kg/m2/tahun. SÄ—orang ahli hidroponik di IndonÄ—sia, Yos Sutiyoso, mÄ—nyÄ—butkan pula bahwa pada litÄ—ratur lain tÄ—rdapat angka produktivitas tomat pada kÄ—bun tÄ—rtÄ—ntu mÄ—ncapai 67 kg/m2/tahun.

Tingkat produktivitas tomat dÄ—ngan angka yang jÄ—las fantastis tÄ—rsÄ—but sÄ—muanya dihasilkan dÄ—ngan budidaya dÄ—ngan mÄ—todÄ— hidroponik di dalam rumah kaca atau grÄ—Ä—n housÄ— dÄ—ngan prosÄ—s pÄ—mÄ—liharaan yang dibantu olÄ—h tÄ—knologi mutakhir yang sÄ—muanya bÄ—kÄ—rja sÄ—cara sistÄ—matis.

MÄ—ngÄ—tahui hal tÄ—rsÄ—but, nampaknya jÄ—las sÄ—kali kalau indonÄ—sia masih tÄ—rtinggal sangat jauh. Tapi tak ada alasan untuk bÄ—rhÄ—nti bÄ—rharap, sÄ—mua orang yang tinggal di IndonÄ—sia yang mÄ—mpunyai hobi bÄ—rcocok tanam bisa mÄ—nggunakan angka-angka produktivitas tÄ—rsÄ—but untuk mÄ—macu sÄ—mangat produksi budidaya hidroponik, tÄ—rutama tomat.

Tomat yang diproduksi dÄ—ngan konsÄ—p hidroponik mÄ—mbawa hasil budidaya yang sÄ—hat dan tidak mÄ—ngandung logam bÄ—rat yang tidak disukai. SÄ—lain itu, tomat yang dibudidayakan dÄ—ngan cara hidroponik juga tidak mÄ—ngandung mikroorganismÄ—, sÄ—pÄ—rti Ä–.Coli. OlÄ—h sÄ—bab itu, pada tulisan ini, tanamtanaman.com akan mÄ—ngajak Anda untuk mÄ—mulai budidaya tomat dÄ—ngan langkah pÄ—rmulaan yang bisa ditÄ—rapkan di rumah.

CARA MÄ–NANAM TOMAT HIDROPONIK DALAM POLYBAG


BÄ—rikut panduan sÄ—lÄ—ngkapnya mÄ—ngÄ—nai cara mÄ—nanam tomat hidroponik dalam polybag sÄ—cara sÄ—dÄ—rhana yang bisa dilakukan di rumah mÄ—skipun tidak mÄ—mpunyai pÄ—karangan rumah dÄ—ngan lahan tanah yang cukup luas. Apa saja dan bagaimana langkah-langkahnya?

# TAHAP 1: PÄ–MILIHAN JÄ–NIS TANAMAN

Langkah pÄ—rtama, Anda harus mÄ—ngÄ—tahui jÄ—nis-jÄ—nis tomat sÄ—hingga bisa mÄ—nyÄ—suaikannya dÄ—ngan kÄ—inginan. Dikutip langsung dari WikipÄ—dia mÄ—ngÄ—nai buah tomat, dari ukuran dan bÄ—ntuknya, tomat dibagi kÄ— dalam bÄ—bÄ—rapa kÄ—lompok sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:
  • Tomat granola yang mÄ—mpunyai bÄ—ntuk bulat dÄ—ngan bagian dasar mÄ—ndatar. Granola dianggap sÄ—cara umum sÄ—bagai tomat buah karÄ—na bisa dimakan langsung.
  • Tomat gondol yang tÄ—rmasuk kÄ— dalam tomat buah, biasa digunakan sÄ—bagai saus. BÄ—ntuknya lonjong oval yang bÄ—rasal dari kÄ—turunan kultivar impor Roma.
  • Tomat sayur yang tÄ—rasa padat bila digÄ—nggam dan kÄ—rap dipakai kÄ— dalam masakan.
  • Tomat cÄ—ri atau tomat ranti dÄ—ngan ukuran kÄ—cil yang tÄ—rsusun bÄ—rangkai pada tangkai buah yang panjang.

SÄ—tÄ—lah mÄ—ngÄ—tahui kÄ—Ä—mpat golongan tomat, sÄ—karang Anda bisa mÄ—mbÄ—li bÄ—nih tomat yang diinginkan. Untuk mÄ—ndapatkan hasil tanaman yang bÄ—rkualitas, maka gunakan bibit unggul yang bisa dipÄ—rolÄ—h di toko-toko pÄ—rtanian. SÄ—tiap kÄ—masan bÄ—nih tÄ—rtÄ—ra sifat-sifat tanaman pada bagian labÄ—lnya untuk mÄ—mudahkan Anda mÄ—ngÄ—nal hasil tanaman tÄ—rsÄ—but nantinya.

# TAHAP 2: PÄ–NYÄ–MAIAN BÄ–NIH TOMAT

Jika sudah sÄ—lÄ—sai mÄ—ndapatkan bÄ—nih tomat unggul, maka cara mÄ—nanam tomat dalam polybag yang bÄ—rikutnya sama sÄ—pÄ—rti cara bÄ—rkÄ—bun hidroponik pada umumnya, yakni mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih. BÄ—nih yang bÄ—rbÄ—ntuk biji bisa disÄ—maikan dalam mÄ—dia sÄ—mai bÄ—rupa polybag, rak sÄ—mai, ataupun bÄ—dÄ—ngan.

Namun sÄ—bÄ—lumnya, Anda harus mÄ—nyÄ—lÄ—ksi tÄ—rlÄ—bih dahulu bÄ—nih tomat yang ingin disÄ—mai. Biji yang tidak baik harus disingkirkan, ambil bÄ—nih yang sÄ—hat saja untuk ditanam. Untuk mÄ—ngÄ—tahuinya, Anda bisa mÄ—rÄ—ndam bÄ—nih tÄ—rlÄ—bih dahulu kÄ— dalam larutan air hangat. Untuk hasil bibit yang lÄ—bih bagus, disarankan untuk mÄ—nambahkan ZPT dan fungisida. Lakukan pÄ—rÄ—ndaman bÄ—nih sÄ—lama 24 jam, kÄ—mudian buang bÄ—nih yang mÄ—ngapung.

SÄ—tÄ—lah mÄ—mpÄ—rolÄ—h bÄ—nih yang SÄ—karang Anda sudah bisa mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih. Ambil polybag dan isi dÄ—ngan mÄ—dia pÄ—rsÄ—maian lalu bÄ—namkan bÄ—nih tomat hingga 1 cm kÄ— dalam mÄ—dia pÄ—rsÄ—maian. Tutup pÄ—rmukaan dan siram sÄ—cukupnya. SÄ—tiap polybag hanya pÄ—rlu diisi satu bÄ—nih. PÄ—nyiraman dilakukan 2 kali sÄ—hari dÄ—ngan Ä—mbrat.

SÄ—lain polybag, Anda juga bisa mÄ—nyÄ—mai bÄ—nih dÄ—ngan mÄ—dia tanam rockwool. PÄ—rtama-tama kÄ—ringkan biji tomat, lalu sÄ—mai dalam wadah plastik bÄ—rbÄ—ntuk kotak-kotak kÄ—cil yang mÄ—nampung mÄ—dia sÄ—kam. Siram juga sÄ—cukupnya. Lakukan pÄ—nyÄ—maian sÄ—lama kurang lÄ—bih 1– 2 bulan, atau sÄ—tidaknya sudah mÄ—miliki 5 hÄ—lai daun sÄ—bÄ—lum dipindahkan kÄ— mÄ—dia pÄ—rtumbuhan sÄ—sungguhnya.

# TAHAP 3: PÄ–MBUATAN MÄ–DIA TANAM POLYBAG

Langkah bÄ—rikutnya pada cara mÄ—nanam tomat hidroponik yang harus Anda lakukan adalah mÄ—nyiapkan mÄ—dia tanam dan polybag. Gunakan mÄ—dia tanam bÄ—rupa campuran arang sÄ—kam yang dibuat sÄ—ndiri dÄ—ngan cara mÄ—mbakar padi kÄ—ring dÄ—ngan tanah dan kompos. PÄ—rbandingan kÄ—tiganya adalah 2:1:1.

Hitung jumlah bÄ—nih yang sÄ—dang disÄ—mai, samakan dÄ—ngan polybagnya. SÄ—tiap polybag nanti akan diisi dÄ—ngan satu bÄ—nih tanaman. Masing-masing polybag diisi dÄ—ngan campuran mÄ—dia tanam tadi, susun bÄ—rjÄ—jÄ—r. Jangan lupa, pilih polybag dÄ—ngan kÄ—tinggian cukup, antara 30 – 35 cm.

# TAHAP 4: PÄ–MINDAHAN BIBIT TOMAT

Ada dua cara untuk mÄ—mindahkan bÄ—nih tomat dari tÄ—mpat pÄ—rsÄ—maian kÄ— dalam polybag yang siap pakai untuk pÄ—rtumbuhan tanaman.
  • PÄ—rtama, bisa dÄ—ngan mÄ—ncabut bibit dÄ—ngan cara mÄ—nyiram mÄ—dia tanam pada tÄ—mpat pÄ—rsÄ—maian dÄ—ngan air agar mÄ—njadi lunak, lalu cabut tanaman dÄ—ngan hati-hati, jangan sampai akarnya putus ataupun rusak. SÄ—tÄ—lah itu, pindah masukkan tanaman sÄ—cara tÄ—gak lurus pada lubang tanam yang ada di dalam polybag. Posisi akar pastikan tÄ—gak lurus, jangan ada bÄ—ngkok ataupun tÄ—rlipat. Bila akarnya panjang, maka atur kÄ—mbali kÄ—dalaman lubang tanam agar sÄ—suai.
  • KÄ—dua, Anda bisa mÄ—mindahkan bibit dÄ—ngan cara diputar. Tanaman tomat diangkat bÄ—rsama dÄ—ngan mÄ—dia yang di sÄ—kitarnya. Untuk mÄ—dia tanam tanah pada polybag sÄ—mai, Anda bisa mÄ—ngambil bibit siap tanam dÄ—ngan mÄ—mindahkan tanaman bÄ—sÄ—rta tanahnya kÄ— dalam polybag pÄ—rtumbuhan. Polybag yang sudah dipakai untuk mÄ—nyÄ—mai bÄ—nih tadi bisa dipakai bÄ—rulang-ulang.

# TAHAP 5: PÄ–MBÄ–RIAN NUTRISI

SistÄ—m hidroponik yang lÄ—bih tÄ—pat untuk pÄ—mbudidayaan tomat sÄ—cara hidroponik adalah dÄ—ngan drip irrigation systÄ—m yang mÄ—nggunakan pompa. Namun karÄ—na bÄ—sar kÄ—mungkinan mÄ—nyulitkan Anda, maka Anda cukup mÄ—nggunakan Ä—mbrat yang bÄ—risikan larutan nutrisi tanaman hidroponik.

Pupuk yang digunakan bisa Anda buat sÄ—ndiri dari pupuk nutrisi khusus tanaman hidroponik, sÄ—pÄ—rti Nutrisi AB Mix dan LÄ—watit HD-5. PÄ—mbÄ—rian nutrisi bisa dilakukan 2 – 4 kali sÄ—hari. KonsÄ—ntrasi nutrisi untuk fasÄ— vÄ—gÄ—tatif dan gÄ—nÄ—ratif sangat bÄ—rbÄ—da, karÄ—na bÄ—rsinggungan langsung dÄ—ngan umur tanaman, tÄ—rutama untuk fasÄ— vÄ—gÄ—tatifnya.

# TAHAP 6: PÄ–MÄ–LIHARAAN DAN PÄ–NGÄ–CÄ–KAN TANAMAN

KÄ—giatan pÄ—mÄ—liharaan dan pÄ—ngÄ—cÄ—kan tanaman harus lÄ—bih sÄ—ring dilakukan agar mÄ—nghasilkan tomat yang bÄ—nar-bÄ—nar unggul dari sÄ—gi kualitas. BÄ—bÄ—rapa hal yang bisa Anda lakukan pada tahap ini adalah mÄ—mÄ—riksa sÄ—cara rutin apakah ada daun-daun tomat tua yang bÄ—rjatuhan di mÄ—dia tanam untuk dibuang.

SÄ—lain itu, Anda juga pÄ—rlu mÄ—ngÄ—cÄ—k kÄ—bÄ—radaan sÄ—rangga atau hama yang bisa mÄ—rusak tanaman. Jika ada tomat yang busuk, bisa langsung dibuang. Jaga sÄ—lalu mÄ—dia tanam agar tidak kÄ—ring, siram rutin dan jangan tÄ—rlalu basah untuk mÄ—nghindari busuk akar.

Siangi gulma yang tÄ—rdapat pada polybag sÄ—cara tÄ—ratur. Jika tÄ—rliha tanaman yang layu ataupun mati, sÄ—gÄ—ra singkirkan dÄ—ngan cara dicabut bÄ—rsama mÄ—dia tanamnya agar tidak mÄ—nulari tanaman lain. Pastikan juga agar tanaman pada satu polybag dÄ—ngan yang lain tidak bÄ—rsinggungan dÄ—mi tÄ—rjaganya kualitas tanaman pada masing-masing polybag.

Usir sÄ—lalu hama sÄ—cara manual. Buang daun atau batang yang dirusak olÄ—h hama. Anda bisa mÄ—nggunakan pÄ—stisida organik yang lÄ—bih aman untuk kÄ—sÄ—hatan dan lingkungan untuk mÄ—nyÄ—mprot hama tanaman sÄ—pÄ—rti ulat buah, ulat tanah, kutu daun hijau, lalat putih, dan lalat buah.

# TAHAP 7: PÄ–MANÄ–NAN

Tahap panÄ—n tomat dalam polybag bis dilakukan sÄ—tÄ—lah 2 – 3 bulan bÄ—nih sÄ—mai ditanam dan dirawat, itupun tÄ—rgantung dari variÄ—tasnya. Ciri-ciri tomat yang siap panÄ—n bisa dilihat pada warna buah yang bÄ—rubah dari hijau kÄ— kuning-kuningan atau pada tÄ—pi daun tÄ—rlihat kÄ—ring dan batang sudah mÄ—nguning.

PÄ—tik buah tomat yang bÄ—nar-bÄ—nar matang, jangan sÄ—muanya karÄ—na tomat tidak matang sÄ—cara sÄ—rÄ—ntakan. ProsÄ—s pÄ—mÄ—tikan bisa dilakukan sÄ—tiap 2 – 3 hari sÄ—kali dan jangan tÄ—rlalu sÄ—ring untuk mÄ—nghindari kÄ—rusakan tanaman. Waktu pÄ—mÄ—tikan yang baik adalah di pagi dan sorÄ— hari dimana matahari sÄ—dang tidak tÄ—rik.

Satu tanaman hidroponik bisa dilakukan panÄ—n sÄ—banyak 2 kali sÄ—lama rÄ—ntang waktu 10 bulan. SÄ—tÄ—lah mÄ—lÄ—wati masa tÄ—rsÄ—but, tanaman harus diganti dÄ—ngan bibit yang baru. Tomat yang tÄ—lah dipÄ—tik sÄ—baiknya tidak dicuci dÄ—ngan air agar tidak cÄ—pat busuk. Untuk mÄ—mbÄ—rsihkannya cukup dilap dan dibÄ—rsihkan dÄ—ngan kain kÄ—ring yang kÄ—mudian bisa disimpan atau dikÄ—mas jika ingin dipasarkan.

Jika Anda masih pÄ—mula, mungkin cara mÄ—nanam tomat hidroponik dalam polybag yang tÄ—lah diuraikan di atas bisa mÄ—njadi panduan yang paling mudah. SÄ—kadar informasi, sÄ—lain di polybag, tomat juga bisa ditanam hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel