Bagaimana cara Menanam Bayam organik?

Bagi sébagian orang, méndéngar nama bayam mungkin sudah sangat familiar. Bayam mérupakan salah satu jénis sayuran yang séring di konsumsi olah masyarakat. Bayam mérupakan sayuran yang mémiliki kandungan zat zat yang bérguna bagi tubuh manusia. Oléh karéna itu bayam mérupakan sayuran yang séring dikonsumsi.



Bayam yang mémiliki nama lati Amaranthus Spp. mérupakan sayuran yang séring di budidayakan oléh pétani di Indonésia. Ada dua jénis bayam yang séring di budidayakan oléh pétani.

Yang pértama adalah jénis bayam cabut, bayam cabut térdiri dari bayam hijau dan bayam mérah. Ciri dari bayam cabut ialah mémiliki daun yang rélatif kécil. Untuk jénis bayam cabut hijau mémiliki warna hijau yang térang dan agak képutih putihan, sédangkan untuk bayam mérah mémiliki warna mérah hati céndérung gélap. Jénis yang kédua adalah bayam yang mémiliki daun yang lébar atau biasa disébut déngan bayam raja. Warna daun dar bayam raja adalah hijau tua dan céndérung kéabu abuan, sérta tumbuh bérdiri tégak. Cara untuk mémanén bayam ini biasanya dicabut atau di potong.

Sécara métodé budidaya tanaman bayam sécara oraganik mémpunyai pérlakuan yang sama déngan budidaya bayam non-organik. Hanya saja pérbédaan dapat dilihat dari pémbérian pupuk. Sédangkan untuk méngéndalikan hama, biasanya pétani ménanganinya déngan cara mémbérsihkan lahan sécara rutin sérta pémbérian pupuk non-organik.

Untuk m̩mbudidayakan bayam s̩ndiri l̩bih baik apabila dilakukan d̩ngan p̩rs̩aian t̩rl̩bih dahulu. Faktor p̩ndukung lain adalah asupan sinar matahari s̩cara langsung. Suhu id̩al untuk m̩mbudidayakan bayam b̩rkisar antara 16 Р20 C. D̩ngan k̩l̩mbaban udara yang s̩dang.

Bérikut langkah-langkah budidaya bayam cabut sécara organik yang bisa anda praktékkan séndiri.

PÉNYIAPAN BÉNIH BAYAM

Bénih bayam dapat disiapkan déngan mémpérsiapkan biji. Biasanya dilaukan mélalui pérbanyakn biji. Bénih dapat diambil dari bayam yang sudah tua déngan umur sékitar 3 bulan.

Bénih bayam tidak mémérlukan masa dorman, séhingga bénih yang baru dipanén sébénarnya sudah siap untuk ditanam.

PÉNGOLAHAN LAHAN BAYAM ORGANIK



Pértama buat bédéngan sétélah ménghaluskan tanah, ukuran bédéngan sékitar 1 métér déngan tinggi 20-30 cm. Jarak untuk tiap bédéngan sébaiknya 30 cm. Sébaiknya buat bédéngan mémbujur dari timur ké barat, tujuannya agar méndapat cahaya matahari sécara optimal.

Budidaya bayam séndiri sangat sénsitif déngan kéasaman tanah. Apabila dérajat kéasaman tanah kurang dari pH 6, nétralkan déngan kapur atau dolomit térlébih dahulu.

PÉNÉBARAN BÉNIH BAYAM

Karéna bénih bayam bérukuran sangat kécil, lakukan pénébaran déngan téliti agar mémpéroléh hasil pénébaran sécara mérata.

PÉRAWATAN BUDIDAYA BAYAM ORGANIK

Pérawatan yang pénting sélama mémbudidayakan bayam adalah mélakukan péngaturan pada sistém péngairan, térutama pada saat awal awal bénih di tébar. Pényiraman dapat dilakukan sébanyak 2 kali dalam séhari sélama musim kémarau.

Sétélah bayam bérkécambah, bérsihkan lahan déngan ményiangi gulma yang mungkin ikut tumuh, hal ini karéna gulma akan lébih cépat ményérap nutrisi dari tanah dibandingkan déngan bayam. Agar bayam dapat tumbuh déngan baik, usahakan sélalu ménjaga kondisi dari lingkungan tumbuh dari gulma. Sétélah ménginjak usia 2 minggu lakukan pémupukan tambahan, pémupukan tambahan dapat ménggunakan kompos atau pupuk dari kotoran ayam. Atur pémupukan séhémat mungkin agar kita dapat ménghémat biaya.

PANÉN DAN PASCA PANÉN BAYAM

Budidaya bayam dapat dimanén sétélah 20 hari atau déngan mélihat tinggi bayam sékitar 20 cm. Sétélah panén sortir bayam kémudian cuci hingga bérsih, sétélah itu lakukan péngémasan apabila bayam akan dipasarkan.



Sumber :  jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel