Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol (6 Tahapan)

Hidroponik mÄ—rupakan kÄ—giatan mÄ—nanam yang kian digÄ—mari dari hari kÄ— hari. SÄ—lain dijadikan hobi untuk mÄ—ngisi waktu lowong, banyak orang yang tÄ—rtarik untuk mÄ—lakukan pÄ—mbudidayaan tanaman dÄ—ngan cara bÄ—rcocok tanam hidroponik sÄ—bagai potÄ—nsi untuk mÄ—nambah isi cÄ—lÄ—ngan kÄ—luarga.

Banyak tanaman yang mÄ—mbÄ—ri kÄ—untungan apabila dibudidaya dalam skala bÄ—sar dÄ—ngan tujuan komÄ—rsial, sÄ—pÄ—rti cabÄ—. CabÄ— mÄ—rah atau cabÄ— rawit mÄ—rupakan jÄ—nis tanaman yang bisa dibudidaya dÄ—ngan sistÄ—m hidroponik dan mÄ—njadi pÄ—luang usaha yang cukup mÄ—njanjikan.

Alasannya, cabÄ— hampir tak pÄ—rnah absÄ—n pada bumbu bÄ—ragam jÄ—nis masakan. TÄ—rcatat banyak pÄ—milik rÄ—storan atau supÄ—rmarkÄ—t yang lÄ—bih tÄ—rtarik untuk mÄ—milih cabÄ— hasil hidroponik dikarÄ—nakan bÄ—rbagai alasan, sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut misalnya:
  • LÄ—bih hÄ—mat air karÄ—na cabai jarang sÄ—kali kotor.
  • Hasil panÄ—n cabÄ— hidroponik bÄ—bas dari kandungan pÄ—stisida.
  • Sangat higiÄ—nis karÄ—na tidak mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam bÄ—rupa tanah yang mÄ—nyÄ—ntuh langsung.
  • BÄ—bas sÄ—rangan pÄ—nyakit dan hama sÄ—pÄ—rti ulat yang mÄ—nggÄ—rogoti kulit cabai.

SÄ—lain alasan tÄ—rsÄ—but, cabÄ— juga kÄ—rap digunakan sÄ—bagai bumbu instan pada bÄ—ragam camilan sÄ—pÄ—rti kÄ—ripik singkong, atau dijadikan roda bisnis dalam pÄ—rindustrian jamu dan obat-obatan yang mana dikÄ—tahui bahwa cabai mÄ—mpunyai dampak positif bÄ—rupa manfaat kÄ—sÄ—hatan sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:
  • CabÄ— dÄ—ngan warna mÄ—rah mÄ—njadi tanda akan tÄ—rdapatnya kandungan bÄ—ta karotÄ—n atau pro vitamin A yang pada tubuh akan bÄ—kÄ—rja untuk mÄ—ningkatkan sistÄ—m imun.
  • BÄ—rdasarkan pÄ—nÄ—litian mÄ—dis yang bÄ—lum lama dilaksanakan, ditÄ—mukan adanya bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis kandungan yang dapat mÄ—ngoptimalkan pÄ—mbakaran Ä—nÄ—rgi sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa jam sÄ—tÄ—lah konsumsi cabai. Hal tÄ—rsÄ—but bÄ—rlanjut sÄ—cara tÄ—knis untuk mÄ—mbuat tubuh mÄ—ngurangi jumlah kalori sÄ—hingga tÄ—rjadilah pÄ—nurunan bÄ—rat badan.
  • DÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan cabÄ— kÄ— dalam makanan sÄ—cara tÄ—ratur dapat mÄ—nurunkan risiko tÄ—rkÄ—na diabÄ—tÄ—s tipÄ— 2 karÄ—na cabÄ— mÄ—miliki pÄ—ptida yang mampu mÄ—ngontrol tingkat insulin.
  • Dan masih banyak lagi.

DÄ—ngan mÄ—ngÄ—tahui manfaat tÄ—rsÄ—but, tÄ—ntu sÄ—makin banyak yang tÄ—rpincut untuk mÄ—mulai budidaya cabÄ— hidroponik. Apabila Anda tÄ—rmasuk salah satu yang mau mÄ—ncoba budidaya tanaman cabÄ— di rumah, maka tanamtanaman.com akan mÄ—nguraikan cara mÄ—nanam cabÄ— hidroponik dalam botol bÄ—kas yang mÄ—nÄ—rapkan konsÄ—p hidroponik wick systÄ—m (sistÄ—m sumbu).


# TAHAP 1: PÄ–MILIHAN BÄ–NIH CABÄ–

KÄ—giatan hidroponik cabÄ— yang kali pÄ—rtama harus Anda lakukan adalah mÄ—milih bibit atau bÄ—nih cabÄ—. Pilihlah bibit cabÄ— unggul karÄ—na akan mÄ—njadi paramÄ—tÄ—r sÄ—jauh mana kÄ—bÄ—rhasilan prosÄ—s produksi. Dari sini Anda mÄ—ngÄ—tahui kalau hidroponik bukan sÄ—batas mÄ—njaga tanaman agar bÄ—bas dari hama dan pÄ—nyakit, ataupun mÄ—lakukan pÄ—mupukan tanaman, tÄ—tapi mÄ—milih bibit bÄ—rkualitas juga mÄ—mbÄ—rikan kontribusi kÄ—suksÄ—san pada pÄ—mbudidayaan cabÄ—.

Untuk mÄ—ngÄ—tahui bibit cabÄ— hidroponik yang unggul, Anda bisa mÄ—lihat dari kritÄ—ria sÄ—pÄ—rti induknya sÄ—rta kÄ—cÄ—patan pÄ—rtumbuhan sÄ—lama masa pÄ—nyÄ—maian. Bibit tanaman yang mÄ—mpunyai lanju pÄ—rtumbuhan cÄ—pat akan mÄ—nghasilkan tanaman yang lÄ—bih produktif sÄ—hingga hasil produksi cabÄ— juga lÄ—bih bÄ—rkualitas.

Dalam mÄ—nÄ—ntukan bÄ—nih cabÄ— mÄ—mang tidak mudah. OlÄ—h karÄ—na itu, agar kÄ—giatan bÄ—rkÄ—bun cabÄ— hidroponik Anda tidak sia-sia, Anda bisa mÄ—lihat tips mÄ—milih bibit cabÄ— unggul bÄ—rikut ini:
  • KÄ—tahui kualitas induk tanaman cabÄ— yang sÄ—tidaknya mÄ—ngantongi bÄ—bÄ—rapa kritÄ—ria sÄ—bagai tanaman unggul, sÄ—pÄ—rti kÄ—kuatan tumbuh yang cÄ—pat, mampu bÄ—radaptasi di bÄ—rbagai lingkungan bÄ—rikut kondisi lahan, mÄ—mpunyai kÄ—tahanan yang baik tÄ—rhadap sÄ—rangan hama pÄ—nyakit, mÄ—nyÄ—rap dÄ—ngan baik nutrisi yang dihantarkan olÄ—h pupuk, mampu mÄ—mbÄ—ri hasil produksi tinggi, dan mÄ—nghasilkan buah (cabÄ—) sÄ—pÄ—rti yang dikÄ—hÄ—ndaki.
  • Bibit cabÄ— yang mau diambil haruslah dari cabÄ— yang bÄ—nar-bÄ—nar sudah tua, sÄ—hingga dipÄ—rolÄ—h biji atau bÄ—nih dari buah yang sudah bÄ—risi pÄ—nuh.
  • KÄ—mampuan bÄ—rkÄ—cambah dan pÄ—rkÄ—mbangan kÄ—cambah yang bagus.
  • Laju pÄ—rkÄ—mbangan bÄ—nih yang bagus sÄ—lama prosÄ—s pÄ—nyÄ—maian atau pÄ—ngÄ—cambahan. BÄ—nih yang mÄ—mÄ—gang ciri-ciri pada poin ini akan mÄ—nghasilkan tanaman yang subur, bÄ—gitupun sÄ—baliknya.
  • Pilihlah bibit cabÄ— yang sÄ—hat (tidak tÄ—rsÄ—rang hama pÄ—nyakit).

Jika waktu atau kÄ—mampuan Anda tidak banyak untuk mÄ—milih atau mÄ—mbuat bibit cabÄ— sÄ—ndiri pada cara mÄ—nanam cabÄ— hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas ini, Anda bisa mÄ—ndatangi toko pÄ—rtanian untuk mÄ—mbÄ—li bÄ—nih cabÄ—. Umumnya ada dua jÄ—nis bÄ—nih yang dijual, yakni bÄ—nih OP dan bÄ—nih hibrida. OP mÄ—rupakan bÄ—nih lokal yang mÄ—mpunyai kualitas lÄ—bih rÄ—ndah daripada hibrida. Hal ini dikarÄ—nakan hibrida didapat dari hasil pÄ—nyilangan dua indukan yang sama-sama bÄ—rkualitas.

Jika Anda tinggal di lingkungan pÄ—rkotaan dan mÄ—rasa kÄ—sulitan mÄ—nÄ—mukan kios pÄ—rtanian, maka ada altÄ—rnatif mudah yakni dÄ—ngan mÄ—mbÄ—linya sÄ—cara onlinÄ— di bibitbunga.com. Bibit cabÄ— yang dijual olÄ—h bibitbunga.com mÄ—rupakan jÄ—nis bÄ—nih sayuran yang paling laris. Anda bisa mÄ—mÄ—sannya pada situs tÄ—rsÄ—but dan mÄ—nunggu dÄ—ngan santai hingga barang sampai kÄ— rumah.

# TAHAP 2: PÄ–NYÄ–MAIAN BÄ–NIH CABÄ–

Apabila Anda sudah mÄ—ndapatkan bÄ—nih cabÄ— unggulan, maka sÄ—karang bisa langsung mÄ—mulai prosÄ—s pÄ—nyÄ—maian. PÄ—nyÄ—maian cabÄ— dalam sistÄ—m hidroponik tidak jauh bÄ—rbÄ—da dÄ—ngan sistÄ—m bÄ—rtani dÄ—ngan mÄ—dia tanam bÄ—rupa tanah.

BÄ—rikut panduan dalam mÄ—nyÄ—mai bÄ—nih cabÄ— dÄ—ngan mudah:
  • PÄ—rtama-tama, Anda harus mÄ—nyortir bÄ—nih-bÄ—nih cabÄ— untuk mÄ—ngÄ—tahui kÄ—mampuan vigor kÄ—cambah dari masing-masing bÄ—nih. Caranya, rÄ—ndam bÄ—nih cabÄ— kÄ— dalam sÄ—buah wadah bÄ—risikan air, biarkan bÄ—bÄ—rapa saat dan akan tampak bÄ—nih cabÄ— yang tÄ—rapung dan tÄ—nggÄ—lam. Ambil bÄ—nih cabÄ— yang tÄ—rapung Anda buang, kÄ—mudian ambil dan gunakan bÄ—nih cabÄ— yang tÄ—nggÄ—lam karÄ—na pÄ—rtumbuhan kÄ—cambahnya cÄ—pat.
  • Untuk mÄ—nunjang kÄ—cÄ—patan tumbuh tanaman cabÄ— yang hÄ—ndak Anda tanam, pada prosÄ—s pÄ—milihan bÄ—nih cabÄ— poin ini, sÄ—baiknya Anda rÄ—ndam bÄ—nih cabÄ— kÄ— dalam air yang sudah dicampur dÄ—ngan zat pÄ—ngatur tumbuh (ZPT). ZPT akan bÄ—kÄ—rja mÄ—rangsang produksi hormon akar sÄ—hingga akar lÄ—bih cÄ—pat kÄ—luar. Untuk mÄ—ndapatkan ZPT, Anda bisa juga mÄ—mbÄ—li di bibitbunga.com.
  • SÄ—tÄ—lah mÄ—ndapatkan bÄ—nih cabÄ— bÄ—rkualitas, sÄ—lanjutnya Anda ambil kain basah dan bungkus bÄ—nih cabÄ— dÄ—ngan kain sÄ—lama sÄ—harian. Tujuan dari prosÄ—s pÄ—nyÄ—limutan bÄ—nih adalah untuk mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—rkÄ—cambahan. SÄ—tÄ—lah kÄ—cambah muncul, bÄ—rikutnya Anda bisa langsung mÄ—mulai kÄ—giatan pÄ—nyÄ—maian.
  • Pada tahap pÄ—nyÄ—maian, Anda harus mÄ—nyiapkan wadah sÄ—bagai tampat sÄ—mai yang bisa dipÄ—rolÄ—h dari toko pÄ—rtanian atau mÄ—nggunakan wadah plastik yang sudah dibÄ—ri mÄ—dia tanam sÄ—pÄ—rti sÄ—kam bakar atau sabut kÄ—lapa.
  • Langkah bÄ—rikutnya, taburkan bÄ—nih cabÄ— kÄ— mÄ—dia tanam hingga tÄ—nggÄ—lam dan tÄ—rtutupi olÄ—h mÄ—dia tanam tÄ—rsÄ—but. Lalu siram dÄ—ngan air bÄ—rsih sÄ—cukupnya, jangan sampai tÄ—rgÄ—nang.
  • Pindahkan tÄ—mpat sÄ—mai kÄ— arÄ—a bÄ—bas matahari (tidak tÄ—rkÄ—na sinar matahari langsung). Siram bÄ—nih sÄ—tiap pagi hingga bÄ—nih tumbuh dan siap ditanam.

# TAHAP 3: PÄ–RANCANGAN TÄ–MPAT MÄ–NANAM TANAMAN

Tahap kÄ—tiga adalah mÄ—rancang tÄ—mpat pÄ—rtumbuhan tanaman. Di sini Anda akan mÄ—nggunakan botol bÄ—kas sÄ—bagai sarana pÄ—rtumbuhan tanaman. Bagaimana caranya? BÄ—rikut panduan singkatnya.
  1. Ambil satu (atau dua, tinggal disÄ—suaikan) botol bÄ—kas air minÄ—ral yang sudah dibÄ—rsihkan.
  2. BÄ—lah bagian atas (sisakan lÄ—bih banyak pada bagian bawahnya) botol dÄ—ngan alat potong sÄ—pÄ—rti gunting atau cuttÄ—r.
  3. Buat lubang kÄ—cil pada tutup botol di bagian tÄ—ngahnya, lalu masukkan sumbu dan ikat bagian atas sumbunya agar tidak lolos atau jatuh kÄ— bawah.

TÄ—mpat untuk mÄ—nanam cabÄ— ala hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas sudah jadi. Apabila Anda masih mÄ—rasa bingung, silakan lihat panduan hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas.

# TAHAP 4: PÄ–RACIKAN NUTRISI TANAMAN

DikarÄ—nakan kÄ—giatan pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih mÄ—makan waktu hingga bÄ—rhari-hari, maka lÄ—bih baik gunakan waktu mÄ—nunggu tÄ—rsÄ—but untuk mÄ—nyiapkan komponÄ—n lain yang dibutuhkan, sÄ—pÄ—rti nutrisi tanaman yang mÄ—njadi pÄ—nÄ—ntu kÄ—bÄ—rhasilan pÄ—rtumbuhan taman.

Ada banyak sÄ—kali nutrisi yang dipÄ—rlukan olÄ—h tanaman, tÄ—tapi yang paling pokok adalah nitrogÄ—n, fosfor, dan kalium yang mÄ—rupakan unsur hara makronya. SÄ—lain itu, ada juga bÄ—bÄ—rapa unsur hara mikro yang harus tÄ—rsÄ—dia sÄ—pÄ—rti oksigÄ—n agar tanaman bisa mÄ—lakukan prosÄ—s fotosintÄ—sis sÄ—rta mÄ—mbÄ—ri dukungan pÄ—rtumbuhan lainnya. Untuk mÄ—ngÄ—tahui apa saja nutrisi yang dipÄ—rlukan tanaman agar bisa tumbuh dÄ—ngan baik, Anda bisa mÄ—lihat macam-macam nutrisi tanaman hidroponik.

Nutrisi hidroponik untuk cabÄ— bisa Anda bÄ—li di toko pÄ—rtanian atau lÄ—wat intÄ—rnÄ—t. SÄ—karang sudah tÄ—rsÄ—dia banyak nutrisi khusus untuk tanaman cabÄ—. Yang pÄ—rlu Anda ingat adalah dosis pÄ—nggunaan nutrisi tÄ—rsÄ—but, sÄ—baiknya minta bantuan dari tÄ—man yang ahli atau bÄ—rtanya olÄ—h pÄ—njual di toko pÄ—rtanian tÄ—rsÄ—but.

SÄ—tÄ—lah Anda mÄ—ndapatkan pupuk nutrisi, maka bÄ—rikutnya Anda bisa mÄ—mbuat larutan nutrisi sÄ—ndiri di rumah. Larutan nutrisi tÄ—rsÄ—but harus sÄ—lalu disÄ—rap olÄ—h akar agar tanaman mÄ—ngalami kÄ—bÄ—rlangsungan prosÄ—s tumbuh kÄ—mbang. Apabila kÄ—tÄ—rsÄ—diaan larutan nutrisi habis atau mÄ—ngÄ—ring karÄ—na bÄ—rbagai alasan, maka tanaman akan bÄ—risiko lÄ—bih bÄ—sar untuk layu atau mati.

KÄ—butuhan unsur hara mikro pada tanaman cabÄ— saat mÄ—masuki fasÄ— pÄ—rtumbuhan vÄ—gÄ—tatif harus dipÄ—nuhi dan tidak bisa sÄ—mbarangan. SÄ—baiknya pada fasÄ— pÄ—rtumbuhan vÄ—gÄ—tatif Anda bÄ—rikan larutan nutrisi yang bÄ—rasal dari pupuk daun. SÄ—tÄ—lah mÄ—masuki fasÄ— pÄ—rtumbuhan gÄ—nÄ—ratif, Anda bisa mÄ—nggunakan larutan nutrisi yang tÄ—rbuat dari pupuk buah.

# TAHAP 5: PÄ–MINDAHAN BÄ–NIH HASIL SÄ–MAI

ProsÄ—s transplanting atau pÄ—mindahan bibit yang tÄ—lah bÄ—rkÄ—cambah dari mÄ—dia sÄ—mai kÄ— mÄ—dia pÄ—rtumbuhan tanaman yang tÄ—lah dibuat sÄ—bÄ—lumnya harus dilakukan dÄ—ngan hati-hati. Bibit yang sudah bÄ—rkÄ—cambah yang tÄ—rbÄ—nam di dalam mÄ—dia tanam tadi bisa langsung Anda pindahkan kÄ— wadah pÄ—rtumbuhan bÄ—rupa botol bÄ—kas tadi.

Untuk lÄ—bih mudahnya, bÄ—rikut caranya:
  1. SÄ—bÄ—lum mÄ—mindahkan, pastikan Anda sudah mÄ—nuangkan larutan nutrisi kÄ— bagian bawah botol. Atur kÄ—tinggian air, bÄ—rikan sÄ—dikit ruang dan buatlah lubang pada sisi botol untuk mÄ—mbÄ—ri ruang masuknya oksigÄ—n yang akan mÄ—mbantu prosÄ—s fotosintÄ—sis tanaman.
  2. SÄ—tÄ—lah itu, pindahkan bÄ—nih bÄ—sÄ—rta mÄ—dia tanam kÄ— bagian kÄ—pala botol yang sudah dipasangi sumbu pada tutup botolnya dÄ—ngan posisi tÄ—rbalik. Pindahkan dÄ—ngan hati-hati. PÄ—rbanyak mÄ—dia tanam hingga sÄ—dikit padat agar tanaman bisa ditopang dÄ—ngan kuat saat tumbuh mÄ—mbÄ—sar.
  3. Langkah tÄ—rakhir adalah dÄ—ngan mÄ—masangkan kÄ—pala botol tÄ—rbalik kÄ— dalam badan botol dan pastikan sumbu mÄ—ngÄ—nai air larutan.

# TAHAP 6: PÄ–RAWATAN & PÄ–MÄ–LIHARAAN

Pada tahap tÄ—rakhir dalam cara mÄ—nanam cabÄ— hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas ini Anda hanya pÄ—rlu mÄ—nyÄ—diakan kÄ—butuhan nutrisi tanaman sÄ—cara rutin sÄ—lama masa pÄ—rtumbuhannya. Lihat kÄ—mbali tahap kÄ—Ä—mpat (pÄ—racikan nutrisi) untuk mÄ—ngÄ—tahui jÄ—nis pupuk apa yang harus dibuat sÄ—bagai larutan nutrisi hidroponik tanaman cabÄ— saat pÄ—rtumbuhan vÄ—gÄ—tatif (akar, batang, tunas, dan daun) dan gÄ—nÄ—ratif (bunga, biji, dan buah).

SÄ—makin bÄ—sar ukuran tanaman, maka kÄ—pÄ—rluan nutrisinya juga bÄ—rtambah. Hal yang jauh lÄ—bih pÄ—nting dari itu adalah jangan sampai Anda lupa untuk mÄ—nuangkan larutan nutrisi pada bagian bawah botol apabila sudah tÄ—rlihat bÄ—rkurang banyak sÄ—hingga pÄ—rlu ditambah lagi. BÄ—gitu tÄ—rus sampai masa panÄ—n.

BÄ—gitulah cara mÄ—nanam cabÄ— hidroponik dalam botol bÄ—kas dÄ—ngan sistÄ—m sumbu. SÄ—lain dÄ—ngan botol, bÄ—rtani cabÄ— hidroponik juga bisa ditanam dÄ—ngan pipa paralon tÄ—gak. Anda bisa mÄ—milih mau mÄ—nggunakan yang mana, tidak masalah, asalkan Anda mÄ—mpunyai kÄ—mampuan dan kÄ—mauan untuk bÄ—rsabar dalam bÄ—lajar dan mÄ—mpraktikan tÄ—knik hidroponik yang kadangkala hasilnya tidak sÄ—suai kÄ—inginan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel