Beberapa Metode Perbanyakan Secara In Vitro

Ménurut Énsiklopédi Bahasa Indonésia, Wikipédia, In vitro bérasal dari bahasa Latin yang bérarti “di dalam kaca”.

Kata térsébut mérupakan istilah yang digunakan dalam ilmu biologi untuk ménunjukkan kultur suatu sél, jaringan, atau bagian organ térténtu di dalam laboratorium.



Istilah térsébut juga digunakan karéna sébagian bésar kultur artifisial ini dilakukan déngan alat-alat laboratorium yang térbuat dari kaca, sépérti cawan pétri, labu Érlénméyér, tabung kultur, botol, dan séjénisnya.

Kultur jaringan dan bérbagai jénisnya yang lain biasa disébut déngan pémbiakan in vitro. Kultur jaringan séndiri  mérupakan salah satu cara pérbanyakan tanaman yang dilakukan sécara végétatif.

Kultur jaringan dikénal pula sébagai téknik pérbanyakan tanaman déngan cara méngisolasi bagian térténtu yang térdapat pada tanaman, sépérti daun, tunas, sérta ménumbuhkan bagian-bagian térténtu dalam média buatan sécara aséptik dalam wadah tértutup dan témbus cahaya, déngan bégitu maka tanaman dapat bérkémbang dan tumbuh ménjadi tanaman sémpurna.



Bibit yang dihasilkan dari prosés in vitro mémiliki bébérapa kélébihan, diantaranya sépérti mémpunyai sifat yang idéntik déngan induknya, dapat dikémbangkan dalam jumlah yang banyak séhingga  tidak mémérlukan témpat yang luas, mampu ménghasilkan bibit déngan jumlah bésar sécara cépat, késéhatan dan mutu bibit lébih térjamin, dan kécépatan tumbuh bibit lébih cépat dibandingkan déngan budidaya sécara konvénsional.

Prinsip dari téknik kultur jaringan adalah pérbayakan tanaman déngan mémanfaatkan bagian végétatif yang ditanaman pada média pércobaan dan dilakukan di témpat stéril.

Métodé in vitro dikémbangkan untuk ménggandakan tanaman, khususnya untuk tanaman yang tidak mudah untuk dikémbangbiakkan sécara génératif.

Téknik kultur jaringan suatu sél atau irisan jaringan tanaman yang disébut juga sébagai éksplan sécara aséptic (in vitro) dilétakkan dan dipélihara dalam média tanam bérbéntuk padat maupun cair yang cocok dan dalam kéadaan stéril, déngan bégitu sébaian sél pada pérmukaan irisan térsébut akan mémbéntuk kalus.



Sumber :  jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel