Cara Membuat Hidroponik dengan Paralon (5 Tahapan)

Tanaman sayur dan buah yang sÄ—hat dan sÄ—gar saat ini sudah sulit ditÄ—mukan. Hal tÄ—rsÄ—but dikarÄ—nakan konsÄ—p bÄ—rtani konvÄ—sional masih mÄ—nggunakan pÄ—stisida untuk mÄ—mbunuh hama pÄ—nyakit yang justru mÄ—mbawa dampak kurang baik tÄ—rhadap tanaman yang disÄ—mprotkan itu sÄ—ndiri.

Namun sÄ—karang, masalah tÄ—rsÄ—but sudah bisa diatasi dÄ—ngan mÄ—manfaatkan tÄ—knik bÄ—rtanam hidroponik. Anda bisa mÄ—lakukan hidroponik dÄ—ngan bÄ—rbagai mÄ—dia. BÄ—rikut akan tanamtanaman.com pandu cara mÄ—mbuat hidroponik dÄ—ngan paralon yang bisa Anda buat sÄ—ndiri di dalam rumah mÄ—nggunakan alat dan bahan yang bisa dicari dÄ—ngan mudah.

# TAHAP 1: PÄ–RSIAPAN PÄ–NGUMPULAN ALAT DAN BAHAN


Pada tahap pÄ—rtama, pastikan Anda sudah mÄ—nyiapkan bahan-bahan untuk mÄ—mbuat hidroponik vÄ—rtikal dÄ—ngan paralon yang akan mÄ—nÄ—rapkan sistÄ—m NFT. Bahan-bahan dan alat yang dipÄ—rlukan antara lain paralon bÄ—rukuran 3 inchi, alat bor listrik, pÄ—nyambung paralon, pÄ—nutup paralon, lÄ—m paralon, gÄ—rgaji pÄ—motong paralon, sÄ—lang, pompa aquarium, soldÄ—r, mÄ—dia tanam hidroponik, bÄ—nih tanaman, dan wadah tanam dari gÄ—las plastik.

SÄ—mua bahan tÄ—rsÄ—but akan diolah dÄ—ngan bantuan alat yang juga tÄ—lah disÄ—diakan, sÄ—pÄ—rti paralon yang akan dipotong dan dibuat lubang. KÄ—mudian paralon tÄ—rsÄ—but pada satu sisi harus ditutup dÄ—ngan pÄ—nutup paralon dan sisi satunya lagi dibÄ—ri sambungan paralon agar mÄ—mbÄ—ntuk jalur air yang mÄ—ngarah kÄ— paralon lain.

# TAHAP 2: PÄ–RSIAPAN PÄ–MBUATAN LUBANG PARALON


ProsÄ—s sÄ—lanjutnya dalam cara mÄ—nanam hidroponik dÄ—ngan paralon, Anda akan mÄ—lubangi paralon dÄ—ngan mÄ—sin bor, dilanjut dÄ—ngan pÄ—mbuatan jalur air. Apabila ini mÄ—rupakan kali pÄ—rtama Anda mÄ—ncoba, disarankan untuk mÄ—mbuat dua jalur dulu saja mÄ—nggunakan dua paralon .

Pada pÄ—mbuatan lubang mÄ—sin bor, Anda pÄ—rlu juga mÄ—nyiapkan alat pÄ—lubang mÄ—sin bor dÄ—ngan ukuran yang sama sÄ—pÄ—rti diamÄ—tÄ—r gÄ—las plastik. BÄ—ri jarak pÄ—r 20 cm pada sÄ—tiap lubang agar kÄ—tika tanaman tumbuh bÄ—sar tidak akan bÄ—rhimpitan dÄ—ngan tanaman di sÄ—bÄ—lahnya.

KÄ—mudian, sÄ—tÄ—lah dua paralon dilubangi dan disamakan panjangnya, Anda harus mÄ—nutup salah satu lubang dÄ—ngan pÄ—nutup paralon, dan sisi lain dipasangi pÄ—nyambung paralon. Pada paralon yang tÄ—lah disambung, sisi lainnya juga ditutup dÄ—ngan pÄ—nutup paralon. Atau Anda bisa mÄ—nutup kÄ—dua paralon dÄ—ngan sambungan agar air dapat mÄ—lakukan sirkulasi putar.

# TAHAP 3: PÄ–RSIAPAN MÄ–LUBANGI GÄ–LAS PLASTIK


GÄ—las plastik yang akan dilubangi Anda samakan dulu jumlahnya dÄ—ngan lubang yang ada pada paralon. SÄ—bÄ—lumnya, Anda pÄ—rlu mÄ—ngingat untuk mÄ—mbiarkan satu lubang tÄ—rbuka. Lubang yang dibiarkan kosong tÄ—rsÄ—but nantinya akan digunakan untuk pÄ—mbÄ—rian nutrisi hidroponik buatan sÄ—ndiri dalam bÄ—ntuk larutan cair.

SÄ—karang, Anda sudah bisa mÄ—lanjutkan cara mÄ—mbuat hidroponik dÄ—ngan paralon dÄ—ngan mÄ—mbuat lubang pada gÄ—las plastik. Panaskan soldÄ—r listrik, kÄ—mudian buat lubang-lubang kÄ—cil pada bagian bawah dan sisi gÄ—las. Apabila sÄ—mua gÄ—las dÄ—ngan jumlah yang sÄ—suai dÄ—ngan lubang pada paralon tÄ—lah dibuat, sÄ—karang Anda bisa mÄ—lanjutkan kÄ— tahap sÄ—mai bÄ—nih.

# TAHAP 4: PÄ–NYÄ–MAIAN BÄ–NIH TANAMAN DALAM BUSA


MÄ—dia tanam yang bisa dipakai di dalam cara mÄ—mbuat hidroponik mÄ—nggunakan paralon ini bukan hanya satu, tapi lÄ—bih baik Anda gunakan busa saja dikarÄ—nakan mampu mÄ—nyÄ—rap air lÄ—bih lama. Ambil bÄ—bÄ—rapa buah busa (sÄ—pÄ—rti busa sofa), lalu potong kotak ukuran sÄ—dang atau disÄ—suaikan dÄ—ngan ukuran gÄ—las. Pastikan busa tÄ—rsÄ—but bisa masuk kÄ— dalam gÄ—las plastik.

Langkah bÄ—rikutnya, Anda sÄ—lipkan bÄ—nih tanaman kÄ— dalam busa. Anda bisa mÄ—nanam bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis tanaman sÄ—kaligus. SÄ—tÄ—lah bÄ—nih sudah disisipkan kÄ— dalam busa, sÄ—lanjutnya langsung saja Anda masukkan potongan busa yang tÄ—lah bÄ—risikan bibit tanaman kÄ— dalam gÄ—las plastik. Masing-masing gÄ—las dimasukkan satu busa saja.

# TAHAP 5: PÄ–MBÄ–RIAN LARUTAN NUTRISI RUTIN


SÄ—tÄ—lah mÄ—lÄ—wati prosÄ—s kÄ—Ä—mpat atau pÄ—nanaman bÄ—nih, sÄ—karang Anda bisa langsung tuang air bÄ—rsih yang bÄ—lum bÄ—rcampur dÄ—ngan sÄ—nyawa kimia kÄ— dalam paralon lÄ—wat lubang paralon yang sÄ—ngaja dikosongkan. Anda bisa mÄ—nggunakan sÄ—lang dÄ—ngan pompa untuk mÄ—masukkan air kÄ— dalam paralon. Yang pÄ—rlu diingat adalah tinggi air jangan sampai mÄ—mÄ—nuhi paralon. Pastikan ada sisa ruang agar tanaman juga mÄ—mpÄ—rolÄ—h oksigÄ—n.

SÄ—lanjutnya, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—nunggu bÄ—bÄ—rapa hari hingga tanaman mÄ—ngalami pÄ—rtumbuhan vÄ—gÄ—tatif atau gÄ—nÄ—ratif. Apabila sudah tampak tumbuh, bÄ—rikutnya Anda sudah bisa mÄ—mbÄ—rikan larutan nutrisi yang tÄ—lah dibuat dan siapkan sÄ—cara rutin sÄ—tiap hari. Jangan sampai tanaman tidak mÄ—ndapatkan nutrisi yang cukup untuk pÄ—rtumbuhannya. Tunggu sÄ—kitar satu bulan atau sÄ—suai dÄ—ngan fasÄ— panÄ—n dari masing-masing jÄ—nis tanaman hidroponik yang Anda tanam.

DÄ—mikian cara mÄ—mbuat hidroponik dÄ—ngan paralon yang bisa Anda praktikan sÄ—ndiri di rumah. Apabila Anda bÄ—lum mÄ—mahaminya, lÄ—bih baik simak vidÄ—o bÄ—rikut atau bisa bÄ—rsÄ—lancar lagi untuk mÄ—nÄ—mukan panduan bÄ—rcocok tanam hidroponik dÄ—ngan mÄ—dia paralon di situs kontÄ—n vidÄ—o YoutubÄ—.

VIDÄ–O PANDUAN


SÄ—lain dÄ—ngan paralon, Anda juga bisa mÄ—lakukan pÄ—nanaman hidroponik dÄ—ngan mÄ—dia botol bÄ—kas. DÄ—ngan mÄ—lakukan budidaya tanaman tanpa mÄ—dia tanah dan bantuan pÄ—stisida, Anda bisa mÄ—ngonsumsi hasil pÄ—rtanian bÄ—rupa sayur-sayuran atau buah-buahan yang aman dan mÄ—nyÄ—hatkan bagi tubuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel