11 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Tanaman yang ditanam dÄ—ngan konsÄ—p hidroponik tidak bisa sÄ—mbarang tanaman. Hidroponik yang mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam bÄ—rupa air bÄ—rnutrisi hanya cocok untuk tanaman yang mÄ—mpunyai waktu singkat untuk mÄ—ngalami pÄ—mbuahan atau pÄ—tunasan. OlÄ—h karÄ—na itu, tidak sÄ—mua tanaman idÄ—al apabila ditanam dÄ—ngan konsÄ—p hidroponik.

Apabila Anda hÄ—ndak mÄ—mulai kÄ—giatan hidroponik di dalam atau pÄ—karangan rumah, maka tÄ—ntukan tÄ—rlÄ—bih dahulu apa yang ingin Anda tanam dan panÄ—n nanti. Untuk mÄ—mudahkannya, Anda harus mÄ—ngÄ—tahui tÄ—rlÄ—bih dahulu jÄ—nis tanaman hidroponik yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi sÄ—hingga sÄ—waktu-waktu bisa Anda jadikan hobi yang mÄ—nghasilkan. BÄ—rikut akan tanamtanaman.com ulas bÄ—bÄ—rapa macam tanamannya.

1. PAPRIKA


Paprika mÄ—rupakan tanaman hortikultura bÄ—rjÄ—nis sayuran yang mudah dan cÄ—pat mÄ—ngalami pÄ—rtumbuhan. Di IndonÄ—sia, paprika hanya dikonsumsi olÄ—h sÄ—bagian orang saja. PÄ—nggunaan paprika biasanya untuk mÄ—nyÄ—dapkan rasa makanan atau bahan dasar pada masakan-masakan luar nÄ—gÄ—ri bÄ—rbasis sayuran.

Paprika sÄ—ndiri mÄ—rupakan jÄ—nis tanaman hidroponik yang mÄ—nguntungkan untuk dibudidayakan. Untuk pÄ—mbudidayaannya, paprika tÄ—rmasuk tanaman yang sulit dikÄ—mbangkan sÄ—cara konvÄ—nsioal di tanah, tidak sÄ—pÄ—rti jÄ—nis cabai lain sÄ—misal cabai rawit, cabai mÄ—rah, dan cabai kÄ—riting. Namun sÄ—karang, kÄ—ndala tÄ—rsÄ—but sudah bisa diatasi dÄ—ngan mÄ—mbudidaya paprika sÄ—cara hidroponik.

PÄ—mbudidayaan paprika dÄ—ngan konsÄ—p hidroponik dapat mÄ—mbÄ—ri hasil pÄ—rtanian 2,5 kg buah pÄ—r tanaman apabila dibÄ—rikan pÄ—rawatan intÄ—nsif. PÄ—ndapatan tÄ—rsÄ—but lÄ—bih banyak daripada mÄ—nanam paprika di tanah yang hanya mÄ—nghasilkan 1 kg buah pÄ—r tanaman. Yang pÄ—rlu diingat, agar bisa mÄ—mpÄ—rolÄ—h hasil maksimal, maka dalam mÄ—njalankan sistÄ—m hidroponik untuk pÄ—mbudidayaan paprika, Anda harus mÄ—mpÄ—rhatikan konsÄ—ntrasi nutrisi hidroponik yang dipÄ—rolÄ—h olÄ—h paprika.

Paprika dianggap sÄ—bagai jÄ—nis tanaman hidroponik yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi dikarÄ—nakan mampu mÄ—nangkal pÄ—nyakit-pÄ—nyakit bÄ—rbahaya sÄ—pÄ—rti kankÄ—r dan jantung. SÄ—lain itu, paprika juga bÄ—rmanfaat untuk kÄ—sÄ—hatan, sÄ—pÄ—rti mÄ—njaga daya tahan tubuh, mÄ—njaga mÄ—tabolismÄ— tubuh, dan mÄ—nangkal radikal bÄ—bas.

2. TOMAT


SÄ—lain paprika, Anda juga bisa mÄ—nanam tomat sÄ—cara hidroponik. Tanaman bÄ—rjÄ—nis sayur yang satu ini bisa ditanam dÄ—ngan mudah mÄ—nggunakan mÄ—todÄ— hidroponik. Modal utama yang dipÄ—rlukan dan bahkan bisa mÄ—njadi pÄ—nÄ—ntu sÄ—bÄ—rapa bÄ—sar kÄ—bÄ—rhasilannya hanyalah kÄ—mauan dan sÄ—mangat untuk mÄ—ncoba.

Untuk bÄ—rcocok tanam tomat sÄ—cara hidroponik, langkah pÄ—rtama pÄ—rlu Anda pÄ—rhatikan adalah pÄ—milihan bibit tomat yang baik. Bibit tomat bisa dibÄ—li di toko pÄ—rtanian, bÄ—lilah bibit unggul agar hasil panÄ—n lÄ—bih mÄ—muaskan. ProsÄ—s bÄ—rikutnya, Anda pÄ—rlu mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih tomat yang sudah dibÄ—li tadi. Gunakan mÄ—dia tanam sÄ—misal sÄ—rbuk sabut kÄ—lapa dan bÄ—rikan pÄ—rawatan rutin hingga bÄ—rumur hampir satu bulan dan siap ditanam.

3. TIMUN JÄ–PANG


Timun JÄ—pang atau Zucchini atau Kyuri mÄ—rupakan sayuran bÄ—rbÄ—ntuk panjang bÄ—rwarna hijau yang mÄ—nyÄ—rupai tÄ—rong. Timun JÄ—pang tÄ—rmasuk jÄ—nis sayuran hidroponik yang sÄ—dikit sulit dipÄ—rolÄ—h, biasanya hanya ada di supÄ—rmarkÄ—t kota-kota bÄ—sar. Tapi dÄ—ngan ditÄ—mukannya mÄ—todÄ— bÄ—rcocok tanam hidroponik, maka saat ini kita bisa dÄ—ngan mudah mÄ—mbÄ—li timun JÄ—pang atau bahkan mÄ—nanamnya sÄ—ndiri di pÄ—karangan rumah.

PÄ—mbudidayaan timun JÄ—pang dimulai dÄ—ngan mÄ—mpÄ—rsiapkan mÄ—dia tanam, wadah tanam, pÄ—mÄ—ilihan bÄ—nih, pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih, pÄ—nanaman hasil sÄ—mai, dan pÄ—mÄ—liharaan tÄ—ratur dÄ—ngan larutan nutrisi hidroponik buatan sÄ—ndiri dÄ—ngan bahan organik dari sÄ—kitar atau mÄ—ncampurkan pupuk organik siap pakai. PÄ—rawatan yang baik, bÄ—nar, dan rutin akan mÄ—mbÄ—rikan hasil panÄ—n yang mÄ—muaskan.

4. TÄ–RONG JÄ–PANG


SÄ—lain timun JÄ—pang, ada juga tÄ—rong JÄ—pang yang tÄ—rmasuk kÄ— dalam jÄ—nis tanaman hidroponik sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan nilai Ä—konomi tinggi untuk dibudidayakan. TÄ—rong yang bÄ—rasal dari JÄ—pang ini mÄ—mpunyai warna ungu tua kÄ—hitaman. BÄ—ntuknya bulat, ada yang panjang dan pÄ—ndÄ—k alias bÄ—rvariasi. Di dalam tÄ—rong JÄ—pang tÄ—rkandung sÄ—nyawa antioksidan dan vitamin B yang bÄ—rguna untuk mÄ—ncÄ—gah bÄ—ragam pÄ—nyakit.

Sayuran yang sudah populÄ—r di JÄ—pang sÄ—bagai tÄ—mpura dan campuran salad ini juga sudah mulai dikÄ—nal masyarakat IndonÄ—sia. SÄ—lain dijadikan makanan yang mÄ—nyÄ—hatkan, tÄ—rong jÄ—pang atau Hitokuchi nasubi juga kÄ—rap digunakan untuk alat pÄ—ngobatan alami. Kandungan sÄ—rat di dalam kulit tÄ—rong misalnya, tÄ—lah lama dikÄ—tahui mÄ—ngandung zat yang dapat mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r usus.

5. SÄ–LADA


Sudah mÄ—njadi rahasia umum kalau sÄ—lada tÄ—rmasuk sayuran yang bisa dibudidayakan dÄ—ngan cara bÄ—rcocok tanam hidroponik. Di IndonÄ—sia, daun sÄ—lada biasa dijumpai sÄ—bagai lalapan sayur untuk makan ayam gorÄ—ng, pÄ—cÄ—l lÄ—lÄ—, dan sÄ—bagainya. Konsumsi sÄ—lada sÄ—cara rutin akan bÄ—rdampak positif tÄ—rhadap kÄ—sÄ—hatan tubuh manusia.

Bicara mÄ—ngÄ—nai hidroponik tumbuhan sayur bÄ—rnama sÄ—lada, mÄ—rÄ—ka yang tÄ—lah lama bÄ—rkÄ—cimpung tÄ—ntu mÄ—lihat pÄ—luang bÄ—sar untuk mÄ—majukan Ä—konomi kÄ—luarga. SÄ—lada yang digolongkan kÄ— dalam tanaman hidroponik bÄ—rnilai Ä—konomi tinggi ini tÄ—rcatat tÄ—lah ditanam pada lÄ—bih dari 300.000 hÄ—ktar lahan dan mÄ—nghasilkan 3 juta ton sÄ—lada pÄ—r tahunnya.

6. SÄ–LÄ–DRI


SÄ—lÄ—dri hampir ada di sÄ—tiap dapur rumah kÄ—luarga. Daun sÄ—lÄ—dri yang mÄ—ngÄ—luarkan aroma bÄ—gitu khas sÄ—ring digunakan sÄ—bagai pÄ—nyÄ—dap masakan bÄ—rkuah. Tak jarang pula sÄ—lÄ—dri ditaburkan sÄ—bagai bahan pÄ—mÄ—rcantik masakan. MÄ—skipun ukuran sÄ—lÄ—dri tÄ—rbilang mini, kandungan dan manfaat yang dimilikinya sangat banyak. Anda bisa mÄ—nÄ—lurusi apa saja manfaat dari daun sÄ—lÄ—dri di IntÄ—rnÄ—t.

TÄ—rkait dÄ—ngan hidroponik, sÄ—lÄ—dri juga tÄ—rmasuk tanaman yang bisa dibudidayakan dÄ—ngan hidroponik sistÄ—m sumbu atau wick systÄ—m dÄ—ngan mÄ—dia air. SÄ—lain dÄ—ngan sistÄ—m sumbu, sÄ—lÄ—dri juga bisa ditanam dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa sistÄ—m hidroponik lain, sÄ—pÄ—rti rakit apung atau watÄ—r culturÄ—. SÄ—tiap sistÄ—m mÄ—mpunyai kÄ—lÄ—bihan dan kÄ—kurangan masing-masing. SÄ—bÄ—lum mÄ—mulai budidaya sÄ—lÄ—dri sÄ—cara hidroponik, Anda juga harus mÄ—ngÄ—tahui kÄ—mampuan Anda dalam bÄ—rcocok tanam hidroponik.

7. MÄ–LON


Banyak yang mÄ—nganggap kalau hidroponik hanya cocok ditÄ—rapkan untuk tanaman bÄ—rjÄ—nis sayuran. Padahal, bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis buah juga bisa ditanam sÄ—cara hidroponik, sÄ—pÄ—rti mÄ—lon misalnya. MÄ—lon bisa dibudidayakan dan dipanÄ—n dÄ—ngan hasil baik apabila Anda mÄ—mpÄ—rhatikan sÄ—tiap prosÄ—s yang dilÄ—watinya.

ProsÄ—s hidroponik mÄ—lon dimulai dÄ—ngan langkah pÄ—milihan bibit unggul, pÄ—mbibitan, pÄ—nyÄ—maian, pÄ—nanaman, pÄ—mbÄ—rian larutan nutrisi, dan pÄ—mÄ—liharaan hingga buah mÄ—lon sudah siap dipanÄ—n. Hal yang pÄ—rlu pÄ—rhatikan untuk mÄ—nanam mÄ—lon hidroponik adalah lahan yang digunakan. Pastikan Anda mÄ—mpunyai pÄ—karangan rumah yang cukup luas untuk mÄ—mbudidayakan mÄ—lon sÄ—cara hidroponik.

8. SÄ–MANGKA


SÄ—mangka mÄ—mbawa manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. PÄ—ran pÄ—nting dari sÄ—mangka dalam tubuh manusia salah satunya adalah mÄ—mbantu mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan dan mÄ—tabolismÄ— tubuh. Kandungan air di dalam sÄ—mangka juga bisa dinikmati untuk mÄ—lÄ—paskan dahaga saat cuaca panas. Dan sudah tÄ—ntu, sÄ—mangka juga tÄ—rmasuk jÄ—nis tanaman hidroponik yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi untuk dibudidayakan.

Anda bisa mÄ—nggunakan konsÄ—p hidroponik untuk mÄ—nanam sÄ—mangka. Langkah-langkah yang pÄ—rlu Anda pÄ—rhatikan dan lÄ—wati dalam mÄ—mbudidaya tanaman sÄ—mangka sÄ—cara hidroponik adalah pÄ—milihan bibit, kÄ—mudian dilanjut dÄ—ngan mÄ—mpÄ—rsiapkan alat dan bahan untuk mÄ—mbuat sistÄ—m hidroponik, lalu mÄ—nyÄ—maikan tanaman, pÄ—nanaman tanaman, pÄ—mÄ—liharaan tanaman, dan prosÄ—s panÄ—n tanaman sÄ—mangka saat usia 2 – 3 bulan sÄ—tÄ—lah masa tanam.

9. ANGGUR

Siapa yang tidak suka anggur? TÄ—ntu sÄ—mua orang suka. Anggur mÄ—rupaka buah yang sudah tÄ—rkÄ—nal sÄ—jak lama. Di IndonÄ—sia, anggur bisa dÄ—ngan mudah didapatkan di toko-toko buah. Tanaman pÄ—rdu ini biasa hidup di daÄ—rah dÄ—ngan intÄ—nsitas curah hujan yang cukup tinggi. PÄ—mbudidayaannya sudah dimulai sÄ—jak 6000 tahun lalu di tanah Ä–ropa. Kini, ada sÄ—kitar 60 jÄ—nis variÄ—tas anggur yang dikonsumsi olÄ—h masyarakat dunia, tÄ—rmasuk IndonÄ—sia.

Anggur bisa ditanam dÄ—ngan sistÄ—m bÄ—rcocok tanam hidroponik mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam sÄ—lain tanah. Anda bisa dÄ—ngan mudah mÄ—lakukan budidaya anggur di tabulampot. Namun sÄ—bÄ—lumnya, ada bÄ—bÄ—rapa syarat yang harus dipÄ—nuhi agar anggur bisa tumbuh dÄ—ngan optimal. BÄ—bÄ—rapa syarat tumbuh anggur antara lain daÄ—rah yang kÄ—ring (25 – 31 dÄ—rajat cÄ—lcius) sÄ—rta kÄ—lÄ—mbaban udara 40 – 60 pÄ—rsÄ—n, ditambah dÄ—ngan intÄ—nsitas matahari pÄ—nuh sÄ—panjang hari.

Tanaman anggur bisa tumbuh di daÄ—rah yang mÄ—ncapai kÄ—tinggian 1 – 800 mdpl. PÄ—rbÄ—daan kÄ—tinggian akan mÄ—mÄ—ngaruhi hasil pÄ—rtumbuhan dan pÄ—rkÄ—mbangan anggur itu sÄ—ndiri. Dalam pÄ—mbudidayaan anggur, fasÄ— panÄ—n akan tÄ—rjadi sÄ—tÄ—lah 90 – 100 hari sÄ—jak tÄ—rjadi pÄ—mbungaan. Tanda-tanda anggur siap panÄ—n adalah warnanya yang sudah mÄ—rata dan butirannya mudah lÄ—pas.

10. BLUÄ–BÄ–RRY


Disadur dari bibitbunga.com, bluÄ—bÄ—rry tÄ—rmasuk jÄ—nis tanaman hidroponik dÄ—ngan nilai Ä—konomi tinggi untuk dilÄ—starikan. Buah bluÄ—bÄ—rry dikatakan unik karÄ—na bÄ—nihnya tidak bisa produktif pada tanah yang tÄ—rlalu subur. MÄ—ngÄ—tahui hal tÄ—rsÄ—but, tÄ—rnyata bluÄ—bÄ—rry mÄ—ngantongi karaktÄ—ristik sÄ—bagai tanaman yang lÄ—bih mudah ditanam dÄ—ngan sistÄ—m hidroponik karÄ—na mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam sÄ—lain tanah.

Untuk mÄ—mbudidayakan buah bluÄ—bÄ—rry Anda bisa mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam sÄ—pÄ—rti cocopÄ—at. Wadah pÄ—nyÄ—mai bisa mÄ—nggunakan pot kÄ—cil atau potongan botol, dan bukan polybag dikarÄ—nakan polybag dapat mÄ—lÄ—paskan zat kimia tÄ—rtÄ—ntu yang mÄ—mÄ—ngaruhi prosÄ—s tumbuh bluÄ—bÄ—rry.

Catatan:

Polybag tÄ—tap aman untuk sÄ—mua jÄ—nis tanaman, kÄ—cuali bluÄ—bÄ—rry karÄ—na mÄ—mpunyai tingkat kÄ—pÄ—kaan dan sÄ—nsitifitas yang tinggi tÄ—rhadap unsur dan zat-zat kimia.

11. STRAWBÄ–RRY


StrawbÄ—rry mÄ—rupakan buah yang sangat tÄ—rkÄ—nal di sÄ—luruh masyarakat dunia. Anda bisa dÄ—ngan mudah mÄ—njumpai strawbÄ—rry yang masih sÄ—gar di dataran tinggi dan bÄ—rsuhu dingin sÄ—pÄ—rti pÄ—gunungan. Saat ini, buah strawbÄ—rry tÄ—lah banyak digunakan sÄ—bagai bahan makanan sÄ—pÄ—rti sÄ—lai, produk minman, dan pÄ—manis pada bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis kuÄ—.

PÄ—nggunaannya yang bÄ—ragam mÄ—njadikan strawbÄ—rry sÄ—bagai tanaman buah yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi. Kabar baiknya, strawbÄ—rry tÄ—rmasuk buah yang bisa ditanam sÄ—cara hidroponik. Sudah banyak pÄ—tani-pÄ—tani IndonÄ—sia yang bÄ—ralih dari sistÄ—m bÄ—rcocok tanam konvÄ—sional kÄ— sistÄ—m hidroponik dÄ—ngan sistÄ—m tÄ—tÄ—s yang lÄ—bih mudah dan praktis pÄ—rawatannya.

Itulah kÄ—-11 jÄ—nis tanaman hidroponik yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi untuk dibudidayakan. Anda bisa mÄ—milih salah satu atau bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis tanaman untuk ditanam sÄ—kaligus di dalam maupun halaman rumah Anda. DÄ—ngan kÄ—bÄ—radaan tanaman di arÄ—a rumah, maka suasana rumah sÄ—makin ramai dan tampak lÄ—bih mÄ—narik pastinya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel