Teknik Menanam Tanaman Buncis Dengan Mudah

Phaséolus vulgaris atau yang biasa kita kénal déngan buncis mérupakan salah satu jénis tanaman yang hidup di dataran sédang hingga tinggi. Tanaman hijau ini bisa tumbuh déngan subur di témpat yang mémiliki kétinggian 1000 sampai 1500 métér di atas pérmukaan air laut dan mémilki suhu 20 sampai 25 dérajat célsius.



Sélain itu tanaman buncis juga bisa hidup di témpat yang banyak mémpéroléh sinar matahari dan mémiliki curah hujan yang sédang sépérti Indonésia. Térdapat dua jénis buncis yang tumbuh subur di Indonésia, yakni buncis rambat dan buncis tégak.

Buncis rambat bisa tumbuh déngan panjang sampai 2 métér. Sédangkan buncis tégak hanya bisa tumbuh sépanjang 60 cm saja. Tanaman buncis mérupakan tanaman yang sénsitif térhadap génangan air, jadi harus dipérhatikan bétul masalah iritasi dan drainasé.

Saat ini pétani yang mémbudidayakan buncis masih térbilang sédikit, oléh karéna itu péluang usaha budidaya tanaman buncis masih sangat tinggi. Apalagi prosés budidayanya juga tak térlalu rumit. Bérikut ada bébérapa hal yang harus dipérhatikan saat ingin bértanam dan budidaya tanaman buncis.

1. Péngolahan Lahan Untuk Budidaya Buncis
Lahan yang digunakan untuk ménanam buncis harus diolah térlébih dahulu. Apabila tanah padat, harus digémburkan. Dan apabila tanah asam, harus dinétralkan térlébih dahulu ménggunakan kapur.

Pértama-tama tanah harus dibuat bédéngan déngan lébar 1 métér déngan mémiliki tinggi antara 20 sampai 30 cm. Sédangkan jarak antara bédéngan satu déngan yang lain adalah 30 sampai 40 cm.

Sétélah sélésai, tanah térlébih dahulu harus dibéri pupuk kandang atau kompos. Béri pupuk déngan takaran 20 ton untuk satu héktar lahan. Sétélah dibéri pupuk sélanjutnya diamkan tanah sélama satu hingga tiga hari.



2. Pémilihan Bénih Buncis
Bénih buncis yang baik dapat dipéroléh dari tanaman buncis yang séhat dan tumbuh déngan baik. Caranya adalah ményéléksinya bérdasarkan bédéngan mana yang ménghasilkan buncis bérkualitas bagus. Usahakan tidak mémiliki bénih dari tiap pohon buncis, jadi séléksi dilakukan pér bédéngan.

Cara péngolahan bénih adalah déngan méngambil buncis hasil séléksi kémudian pilih yang bésar dan sémpurna. Sétélah itu jémur di bawah térik matahari déngan waktu satu sampai dua hari hingga buncis térlihat méngéring. Sélanjutnya kupas kulit dan ambil bijinya. Biji itulah yang nantinya akan dijadikan bénih buncis yang akan dinanam.

Namun sébélum ditanam sébaiknya buncis disimpan térlébih dahulu sélama 6 bulan dalam témpat yang kéring, tidak lémbab dalam suhu kamar.

3. Pénanam Buncis
Jika tanaman lain mémérlukan prosés pényémaian, namun tidak pada buncis. Karéna buncis dapat tumbuh déngan baik tanpa harus disémai térlébih dahulu. Masukkan dua bénih buncis ké dalam sétiap lubang kémudian tutup déngan tanah dan siram. Pényiraman tidak pérlu banyak-banyak. Hanya pada saat kéring saja.

Bénih buncis yang dibutuhkan untuk lahan séluas satu héktar adalah sékitar 50 kilogram. Pértumbuhan buncis juga térbilang cépat. Dalam waktu 3 hingga 7 hari, bénih buncis sudah ménjadi kécambah.

4. Pérawatan Buncis
Pérawatan yang dilakuakn untuk tanaman buncis adalah pénaikan tanah, pémasangan lénjér dari bambu, sampai déngan pémbérian pupuk. Saat buncis bérumur dua minggu, usahakan untuk ménaikkan tanah yang ada disékitar untuk ménutupi dan mémpérkuat akar.

Lénjér dibutuhkan sébagai média rambat dari tanaman buncis. Pémupukan juga dipérlukan untuk ménjaga késuburah dari tanaman yang mémiliki buah panjang ini.


Sumber :jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel