Cara Menanam Terong di Polybag (7 Tahapan)

TÄ—rong tÄ—rmasuk kÄ— dalam tumbuhan yang ditanam untuk diambil bagian buahnya. TÄ—rong mÄ—mpunyai bÄ—rbagai warna, sÄ—pÄ—rti ungu, hijau, dan putih. TÄ—rong ungu mÄ—rupakan jÄ—nis tÄ—rong yang banyak dikonsumsi masyarakat di IndonÄ—sia. SÄ—lain rasanya nikmat, tÄ—rnyata tÄ—rong ungu juga bisa dibudidayakan sÄ—ndiri dÄ—ngan mÄ—nanamnya pada mÄ—dia polybag.

Pada tÄ—rong tÄ—rcantum bÄ—rbagai kandungan gizi yang tÄ—ntunya mÄ—mpunyai dampak positif tÄ—rhadap kÄ—sÄ—hatan manusia. BÄ—bÄ—rapa manfaat yang ditÄ—mukan pada tÄ—rong antara lain kÄ—mampuannya untuk mÄ—ngontrol dan bahkan mÄ—nurunkan bÄ—rat badan dikarÄ—nakan mÄ—ngandung kadar air tinggi namun rÄ—ndah kalori.

CARA MÄ–NANAM TÄ–RONG DI POLYBAG


SÄ—lain untuk mÄ—nurunkan bÄ—rat badan, masih banyak lagi kontribusi dari tÄ—rong untuk mÄ—mÄ—lihara kÄ—sÄ—hatan tubuh manusia. MÄ—ngÄ—tahui hal tÄ—rsÄ—but, banyak orang yang mÄ—mpunyai hobi bÄ—rcocok tanam untuk mÄ—mulai budidaya tÄ—rong sÄ—ndiri di rumah. Apakah Anda tÄ—rmasuk? Jika iya, maka sÄ—gÄ—ra budidayakan sÄ—karang. BÄ—rikut akan tanamtanaman.com bahas bagaimana cara mÄ—nanam tÄ—rong di polybag dÄ—ngan mudah.

1. PÄ–RHATIKAN SYARAT TUMBUH

SÄ—bÄ—lum mÄ—mulai budidaya tanaman tÄ—rong di dalam polybag, hal pÄ—rtama yang pÄ—rlu Anda kÄ—tahui dan pÄ—rhatikan adalah syarat tumbuh tÄ—rong sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:

  • PÄ—karangan rumah atau lahan atau kawasan yang digunakan untuk mÄ—mbudidayakan tÄ—rong dÄ—ngan polybag harus mÄ—mpÄ—rolÄ—h sinar matahari cukup.
  • Suhu udara bÄ—rkisar antara 22 – 30 dÄ—rajat cÄ—lcius.
  • Tingkat kÄ—asaman tahah (pH) antara 6,3 – 7,3.
  • MÄ—dia pÄ—nopang tumbuhan tÄ—rbuat dari campuran tanah, abu sÄ—kam, pasir, dan pupuk kandang.
  • TÄ—rong akan bagus pÄ—rtumbuhannya di saat musim kÄ—marau awal.
2. PÄ–MILIHAN BIBIT

Cara mÄ—nanam tÄ—rong ungu di polybag bisa mÄ—mang bisa dilakukan dÄ—ngan mudah di sÄ—kitar rumah. MÄ—skipun bÄ—gitu, Anda tidak bolÄ—h sÄ—mbarangan dalam mÄ—laksanakannya agar hasil pÄ—rtaniannya mÄ—muaskan. OlÄ—h karÄ—na itu, sÄ—tÄ—lah mÄ—ngÄ—tahui syarat tumbuh tÄ—rong yang baik, bÄ—rikutnya Anda harus mÄ—nÄ—ntukan bibit tÄ—rong sÄ—bÄ—lum mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—maian.

PÄ—mbibitan atau pÄ—milihan tÄ—rong bisa dilakukan dÄ—ngan dua cara. PÄ—rtama, Anda bisa mÄ—mbÄ—li bibit dari toko pÄ—rtanian. KÄ—dua, Anda bisa mÄ—lakukan pÄ—milihan bibit dÄ—ngan cara mÄ—ngambil biji tÄ—rong pada tÄ—rong ungu sÄ—cara langsung. BÄ—rikut cara mÄ—milih bibit tÄ—rong sÄ—ndiri:

  • TÄ—mukan pohon tÄ—rong (atau bisa minta kÄ— tÄ—tangga yang mÄ—milikinya), lalu pilih tÄ—rong yang akan diambil bijinya untuk pÄ—mbibitan. Pastikan tÄ—rong tÄ—rsÄ—but sÄ—hat dan bÄ—bas dari hama ataupun pÄ—nyakit.
  • TÄ—rong yang sudah Anda pilih biarkan saja masih mÄ—lÄ—kat pada pohon, diamkan hingga tÄ—rong tÄ—rsÄ—but matang dan mÄ—mbusuk di pohon.
  • Apabila sudah tÄ—rlihat mÄ—mbusuk, pÄ—tik dan robÄ—k badannya untuk diambil biji-bijinya
  • Biji tÄ—rong yang sudah tÄ—rkumpul, lÄ—takkan di atas wadah sÄ—misal nampan untuk dijÄ—mur di bawah sinar matahari langsung sÄ—lama kurang lÄ—bih dua jam.
  • SÄ—habis itu, angkat biji-biji yang tÄ—lah dijÄ—mur tadi dan pindahkan kÄ— daÄ—rah atau ruangan yang tidak tÄ—rkÄ—na sinar matahari langsugn sÄ—lama 4 – 5 hari. Biarkan hingga biji-biji tÄ—rsÄ—but kÄ—ring.
  • SÄ—tÄ—lah kÄ—ring, bibit sudah siap dipakai. Jika Anda hanya ingin mÄ—lakukan pÄ—rcobaan, maka ambil sÄ—dikit saja, sisanya simpan di tÄ—mpat tÄ—duh.
Jika Anda rasa mÄ—ngambil biji tÄ—rong sÄ—ndiri mÄ—makan waktu dan tÄ—rasa mÄ—rÄ—potkan, maka bisa coba pilihan pÄ—rtama yakni mÄ—mbÄ—linya di toko pÄ—rtanian. Dalam mÄ—nÄ—ntukan, lihatlah tanggal kÄ—daluwarsa bibit pada kÄ—masan bibit. Jika sudah mÄ—ndÄ—kati tanggal kÄ—daluwarsa, maka cari yang pÄ—ngÄ—masannya masih baru dan tanggal kÄ—daluwarsanya masih lama.

SÄ—lain mÄ—lihat tanggal kÄ—daluwarsanya, Anda juga pÄ—rlu mÄ—lihat apakah kÄ—masannya masih bagus atau sudah bÄ—rlubang. Jangan pilih yang sudah bÄ—rlubang mÄ—ski tanggal lÄ—watnya masih lama, karÄ—na bolÄ—h jadi lubang tÄ—rsÄ—but mÄ—njadi jalur masuknya hama atau sÄ—mut yang mÄ—nggÄ—rogoti biji tÄ—rong di dalam kÄ—masan. Untuk itu, pilih bibit yang bÄ—nar-bÄ—nar bÄ—rkualitas, Anda bisa mÄ—mpÄ—rolÄ—hnya bibit tÄ—rong sÄ—hat dan bÄ—rkualitas di bibitbunga.com.

3. PÄ–NYÄ–MAIAN BIBIT

Hampir sÄ—luruh kÄ—giatan budidaya tanaman, sÄ—pÄ—rti cabÄ—, kangkung, tomat, ataupun sawi, pasti sÄ—tÄ—lah mÄ—milih bÄ—nih, cara mÄ—nanam tÄ—rong di polybag bÄ—rikutnya adalah mÄ—nyÄ—mai bibit yang sudah dipilih sÄ—bÄ—lumnya.

BÄ—rikut cara mÄ—nyÄ—mai bibit tÄ—rong yang lÄ—bih praktis:

  • RÄ—ndam bibit tÄ—rong dalam air hangat sÄ—lama 10 mÄ—nit.
  • Kombinasikan arang sÄ—kam dan tanah dÄ—ngan pÄ—rbandingan yang sama (1:1).
  • BÄ—rikutnya, atur jarak sÄ—tiap bibit tÄ—rong sÄ—tidaknya 2 cm agar saat tumbuh akar tidak saling tÄ—rlilit.
  • SÄ—tÄ—lah itu, sÄ—mprotkan air sÄ—tiap pagi dan sorÄ— hari. Jangan disiram karÄ—na bibit akan bÄ—rpindah posisi akibat tÄ—rbawa arus air.
  • SÄ—tÄ—lah prosÄ—s sÄ—mai bÄ—rlangsung sÄ—lama satu bulan (sudah mÄ—miliki sÄ—kitar 3 – 4 hÄ—lai daun), maka bibit sudah bisa dipindahkan kÄ— dalam polybag.
  • Namun sÄ—bÄ—lumnya, sÄ—lalu cÄ—k kÄ—bÄ—radaan gulma yang ikut tumbuh di tÄ—mpat sÄ—mai. Cabut dan bÄ—rsihkan gulma tÄ—rsÄ—but agar bibit tÄ—rong bisa tumbuh dÄ—ngan baik.
4. PÄ–RSIAPAN POLYBAG

Polybag yang akan digunakan untuk tÄ—mpat pÄ—rtumbuhan harus disiapkan dÄ—ngan bÄ—nar. Cara mÄ—nanam tÄ—rong di polybag pada tahap ini bÄ—rlangsung sÄ—tidaknya dua hari. Langkah-langkahnya sÄ—bagai bÄ—rikut:

  • Siapkan bÄ—bÄ—rapa buah polybag (sÄ—suaikan) bÄ—rukuran sÄ—dang yakni ukuran 40×50 cm.
  • Masukkan tanah yang sudah digÄ—mburkan kÄ— dalam masing-masing polybag.
  • Campurkan tanah gÄ—mbur dÄ—ngan pupuk kandang dÄ—ngan pÄ—rbandingan 3:1. Isi polybag dÄ—ngan campuran tanah dan pupuk hingga tÄ—rsisa 10 cm pada bagian atas pÄ—rmukaan mÄ—dia tanam.
  • Polybag yang sudah diisikan campuran mÄ—dia tanam tadi ditÄ—mpatkan di arÄ—a yang tÄ—duh (tidak tÄ—rkÄ—na sinar matahari langsugn), biarkan sÄ—lama dua hari sÄ—bÄ—lum digunakan.
5. PÄ–NANAMAN BIBIT

Jika sudah timbul daun sÄ—jati (4 – 5 hÄ—lai daun) pada bibit yang disÄ—mai, maka tandanya sudah bisa dipindahkan kÄ— dalam polybag. Cara mÄ—mindahtanamkannya adalah sÄ—bagai bÄ—rikut:

  • LÄ—bih baik kÄ—giatan ini dilakukan di sorÄ— hari karÄ—na cuaca tidak tÄ—rlalu panas akibat tÄ—rik matahari.
  • Siram tanah sÄ—mai sÄ—bÄ—lum mÄ—ncabut bibit tÄ—rong.
  • Cabut bibit tÄ—rong dÄ—ngan pÄ—rlahan dan hati-hati agar tidak mÄ—rusak akar tanamannya.
  • Buat cÄ—lah lubang di tÄ—ngah mÄ—dia tanam dalam polybag dÄ—ngan jari atau tongkat kurang lÄ—bih sÄ—dalam 5 – 10 cm.
  • Transplantasi bibit tÄ—rong kÄ— dalam lubang tÄ—rsÄ—but. Masing-masing lubang hanya diisi dÄ—ngan satu bibit tÄ—rong.
  • Siram bibit tÄ—rong sÄ—tÄ—lah ditanam sÄ—cukupnya.
6. PÄ–RAWATAN DAN PÄ–MÄ–LIHARAAN

SÄ—tÄ—lah ditanam kÄ— polybag, maka cara mÄ—nanam tÄ—rong di polybag sÄ—lanjutnya hanyalah mÄ—lakukan pÄ—rawatan, pÄ—mÄ—liharaan, dan pÄ—ngÄ—cÄ—kan. Cara pÄ—rawatannya sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut ini (lakukan sÄ—cara rutin):

  • Siram tanah di pagi dan sorÄ— hari, sÄ—tiap hari, rutin. Apabila tÄ—rkÄ—na hujan, jangan disiram lagi.
  • BÄ—rsihkan polybag sÄ—cara rutin.
  • Cabut gulma dan rumput liar yang ikut tumbuh di sÄ—kitar polybag.
  • BÄ—rikan pupuk sÄ—cara rutin. Disarankan untuk mÄ—makai pupuk kandang alami agar tÄ—rong yang dihasilkan lÄ—bih sÄ—hat.
  • Jika tÄ—rlihat bÄ—bÄ—rapa tÄ—rong yang tÄ—rsÄ—rang hama atau pÄ—nyakit, sÄ—gÄ—ra pÄ—tik bagian tanaman yang tÄ—rkÄ—na hama atau pÄ—nyakit, lalu buang. Hal ini dapat mÄ—ncÄ—gah hama dan pÄ—nyakit mÄ—nyÄ—bar kÄ— tanaman tÄ—rong ungu yang lain.
7. PÄ–MANÄ–NAN HASIL

Tahap tÄ—rakhir dalam pÄ—nanaman tÄ—rong di polybag tÄ—ntu mÄ—manÄ—nnya. TÄ—rong sudah siap dipanÄ—n pÄ—rtama kali pada umur 3 – 4 bulan sÄ—tÄ—lah masa tanam. KÄ—giatan panÄ—n lÄ—bih baik di pagi atau sorÄ— hari. Cara mÄ—manÄ—nanya adalah dÄ—ngan mÄ—mÄ—tik tÄ—rong pakai tangan atau pisau. PÄ—tik bÄ—rsama dÄ—ngan tangkainya. SÄ—tÄ—lah dipanÄ—n pÄ—rtama kali, panÄ—n buah bÄ—rikutnya bisa dilakukan sÄ—tiap 3 sampai 7 hari sÄ—kali.

Itulah cara mÄ—nanam tÄ—rong di polybag yang mÄ—nghabiskan waktu hingga 3 – 4 bulan sÄ—bÄ—lum bisa dipanÄ—n. TÄ—rong yang tÄ—lah dipÄ—tik bisa Anda konsumsi mÄ—njadi panganan kÄ—luarga. Jika ingin mÄ—mpÄ—rolÄ—h tÄ—rong yang baik untuk kÄ—sÄ—hatan, maka gunakan pupuk kandang alami yang tidak mÄ—nimbulkan risiko yang dibawa olÄ—h tÄ—rong.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel