Budidaya Tanaman Flamboyan Secara Organik Untuk Pemula

 Dalam bahasa latin, tanaman Flamboyan disébut Délonix Régia. Tanaman ini mérupakan tanaman yang bérasal dari hutan Madagaskar yang bérsuhu kéring.



Tanaman ini adalah salah satu kéluarga dari Fabacéaé yang juga sub-kéluarga Caésalpinioidéaé. Di bébérapa négara di dunia tanaman Flamboyan dikénal déngan nama Ornaméntal Tréé.

budidaya

Di Inggris lébih dikénal déngan nama Royal poinciana atau juga hampir sama déngan kita yaitu Flamboyant. Juga ada yang ményébutnya Flamé Tréé.

Untuk ménanam Flamboyan sécara organik, yang harus dipértimbagkan pértama-tama adalah méngénai lokasi pénanama tanaman flambioyannya.

Jika tanaman flamboyan sudah tumbuh bésar, ia akan bérubah ménjadi sébuah pohon yang akan méménuhi jika dilétakkan dalam pot atau témpat yang luasnya térbatas.

Pémbibitan dan Pénanaman

Untuk ménanamnya, pértam-tama, kita harus bisa méngambil bibit Flamboyan dari bunganya. Sétélah biji didapat, sébaiknya jangan langsung ditanam ké dalam tanah karéna kita harus méngéringkannya térlébih dahulu di bawah sinar matahari. Baru sétélah itu biji yang kéring dapat disémaikan.

Saat mélakukan pényémaian, kita harus ménggémburkan tanah térlébih dahulu dan méncampurnya déngan pupuk kompos. Usahakan juga pémilihan lokasi pénanaman tanaman Flamboyan ini adalah témpat yang térkéna sinar matahari.

Di sékitar pénanaman bibit, kita dapat ménggunakan pipa atau bénda-bénda lain yang bérbéntuk sama agar dapat mémasukkan pupuk kompos dan pényiraman.



Juga bisa déngan ménggunakan téknik sték. Caranya sama sépérti kita mélakukan sték ké tanaman lain. Sétélah prosés sték sélésai, maka potongan sték Flamboyan dapat ditanam langsung ké dalam tanah.

Ménanam tanaman Flamboyan cukup mudah karéna tanaman ini mémang térmasuk jénis tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Untuk itu tidak dipérlukan média tanam khusus atau pérlakuan khusus untuk budidaya tanaman ini.

Pémbibitan Flamboyan dapat dilakukan mélalui biji. Biji flamboyan yang sudah tua dan dijémur hingga kéring baru bisa ditanam.

Sélanjutnya, sétélah disimpan kurang lébih 3 sampai 4 minggu baru bisa disémai pada média tanam yang térdiri dari campuran tanah dan kompos. Rawat déngan baik sampai bibit tumbuh sétinggi 1 m. Sétélah itu baru dipindahkan ké lahan tanam pérmanén.

Buat lubang déngan kédalaman minimal 50 cm dan tanam tanaman Flamboyan déngan posisi tégak lurus agar tanaman dapat tumbuh déngan tégak dan baik.

Sélanjutnya, timbun kémbali lubang dan padatkan déngan kuat. Baru sélanjutnya sirami déngan air dan sécara rutin harus disirami di saat awal masa tumbuhnya.

Pérawatan

Pérawatan dapat dilakukan sépérlunya, cukup hanya déngan ményiraminya sécara rutin. Jika térdapat gulma kita bisa ményianginya dan jangan lupa untuk mélakukan pémupukan sécara bérkala.

Bérikan pupuk untuk ményuburkan tanah 2 sampai 3 bulan sékali. Sébénarnya, bila tidak dipupuk sékalipun tanaman Flamboyan akan tétap dapat tumbuh déngan baik dan bérbunga, hanya namun akan kurang lébat.

Untuk péngéndalian hama, gunakan péstisida yang térbuat dari bahan organik. Produk ini sudah ada di pasaran, namun jika anda ingin mémbuatnya séndiri juga bisa mélakukanya séndiri. Salah satunya déngan ménggunakan air kélapa untuk méngéndalikan hama ulat pémakan daun.

Siapkan air kélapa 2 litér, détérjén 0,5 ons kapur tohor 4 ons, ragi tapé 1 butir, dan bawang putih 4 ons. Tumbuk halus kémudian camburkan détérgén, air kélapa, bawang putih ragi tapé dan sémua bahan di atas. Gunakan larutan péstisida organik ini sébanyak 500 ml dicampur déngan 10 litér air bérsih.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel