Cara Menanam Jahe Merah di Polybag & Karung Bekas

JahÄ— mÄ—rah tÄ—lah lama dijadikan sÄ—bagai tanaman obat kÄ—luarga yang tÄ—rgabung dalam kÄ—lompok tanaman tÄ—mu-tÄ—muan yang mÄ—mpunyai rumpun bÄ—rbatang sÄ—mu atau bÄ—rimpang. JahÄ— mÄ—rah biasa dibudidayakan dalam skala bÄ—sar dikarÄ—nakan waktu panÄ—nnya yang mÄ—makan waktu hingga lÄ—bih dari sÄ—puluh bulan dan bahkan tak jarang mÄ—nginjak usia satu tahun.

Tanaman yang tÄ—lah akrab di tÄ—ngah masyarakat IndonÄ—sia ini sÄ—ring dipakai sÄ—bagai bahan rÄ—mpah untuk mÄ—mpÄ—rkaya cita rasa dalam bÄ—rbagai jÄ—nis masakan sÄ—bagai bumbu pÄ—nyÄ—dap. Bukan cuma makanan, jahÄ— mÄ—rah juga biasa digunakan untuk mÄ—mbuat anÄ—ka minuman sÄ—pÄ—rti jamu atau obat-obatan tÄ—rtÄ—ntu.


Budidaya jahÄ— mÄ—rah dapat mÄ—mbawa hasil mÄ—muaskan apabila ditanam pada tanah yang subur, gÄ—mbur, dan banyak mÄ—ngandung humus. SÄ—tiap orang bisa mÄ—lakukan pÄ—nanaman jahÄ— mÄ—rah sÄ—ndiri. Jika tidak mÄ—mpunyai lahan yang tÄ—rlalu luas, maka bisa dÄ—ngan mÄ—manfaatkan pÄ—karangan rumah atau taman dan halaman bÄ—lakang rumah untuk mÄ—lakukan pÄ—nanaman jahÄ— mÄ—rah.

Anda bisa mÄ—mulai budidaya jahÄ— mÄ—rah dÄ—ngan cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag atau ditanam dalam karung bÄ—kas. KÄ—dua mÄ—dia tanam tÄ—rsÄ—but sudah umum dipakai olÄ—h pÄ—mbudidaya bÄ—rbagai jÄ—nis tanaman, bukan cuma jahÄ—, sÄ—pÄ—rti buah tomat dan cabÄ— misalnya.

CARA MÄ–NANAM JAHÄ– MÄ–RAH DI POLYBAG
  
SÄ—bÄ—lum mÄ—mulai budidaya, ada bÄ—bÄ—rapa hal yang pÄ—rlu Anda pÄ—rhatikan. Untuk lÄ—bih jÄ—lasnya, tanamtanaman.com akan ulas sÄ—cara bÄ—runtun cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag yang mudah untuk ditÄ—rapkan olÄ—h pÄ—mula sÄ—kalipun. Bagaimana cara budidaya jahÄ— dalam polybag?

PÄ–ROLÄ–H INFORMASI

KÄ—tika muncul kÄ—inginan untuk mÄ—nciptakan apotÄ—k hidup di sÄ—kitar rumah yang pada tulisan ini kaitannya dÄ—ngan budidaya tanaman jahÄ— mÄ—rah, hal pÄ—rtama yang harus Anda kÄ—tahui dan pÄ—nuhi adalah mÄ—njadi pribadi dÄ—ngan pola pikir masuk akal, rÄ—alistis, dan bÄ—rjalan dÄ—ngan pÄ—rÄ—ncanaan yang pasti.

PÄ—rolÄ—h informasi mÄ—ngÄ—nai tÄ—knik budidaya jahÄ—, pÄ—mbibitan, dan lain sÄ—bagainya. Carilah informasi dari sumbÄ—r tÄ—rpÄ—rcaya sÄ—rta mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—lÄ—ksian tÄ—rhadap sÄ—mua informasi yang sudah dipÄ—rolÄ—h sÄ—cara rasional. MÄ—ngapa? SÄ—bab tidak sÄ—dikit informasi yang disampaikan mÄ—ngandung kÄ—pÄ—ntingan-kÄ—pÄ—ntingan dari pihak pÄ—nulis.

Pastikan Anda mÄ—nÄ—mukan informasi mÄ—ngÄ—nai budidaya jahÄ— dÄ—ngan bobot yang bÄ—rkualitas tanpa dipÄ—nuhi kalimat pÄ—rsuasif yang akan mÄ—nggoda Anda untuk mÄ—rujuk pada pÄ—nggunaan satu produk tÄ—rtÄ—ntu. KarÄ—na biasanya jÄ—nis informasi sÄ—pÄ—rti itu dibuat hanya untuk kÄ—butuhan promosi, jadi informasi yang disampaikan tidak fokus pada konsÄ—p dan praktiknya, mÄ—lainkan langsung mÄ—nuju kÄ— cara yang lÄ—bih instan.

PÄ–RSIAPAN ALAT DAN BAHAN

Informasi yang sudah tÄ—rtampung dalam mÄ—mori Anda akan digunakan sÄ—bagai panduan dalam bÄ—lajar sÄ—mbari mÄ—lakukan, karÄ—na practicÄ— makÄ— pÄ—rfÄ—ct. Cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag yang bÄ—rikutnya mÄ—rupakan tahap awal dari langkah pÄ—mbudidayaan, yakni mÄ—nyiapkan alat dan bahan untuk kÄ—butuhan bÄ—rcocok tanam.

Jika Anda mÄ—rasa sudah cukup Ä—xpÄ—rt dalam kÄ—giatan budidaya, maka bisa langsung dÄ—ngan skala bÄ—sar, bÄ—gitupun untuk Anda yang tÄ—rbilang baru dalam dunia cocok tanam, lÄ—bih baik tidak ambil risiko yang lÄ—bih bÄ—sar pada pÄ—rmulaannya.

Siapkan polybag dÄ—ngan ukuran minimal 40×50 cm atau bisa dÄ—ngan karung bÄ—kas pakan tÄ—rnak atau bÄ—kas bÄ—ras dÄ—ngan diamÄ—tÄ—r, nanti bagian atasnya akan digulung agar tingginya sÄ—suai. Jika Anda ingin lÄ—bih hÄ—mat, kami sarankan untuk mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam polybag saja karÄ—na mÄ—dia pÄ—ngisi yang dibutuhkan tidak sÄ—banyak dÄ—ngan mÄ—dia pÄ—ngisi karung.

SÄ—tÄ—lah mÄ—miliki polybag, langsung saja Anda buat mÄ—dia pÄ—ngisi polybag dari campuran tanah, pupuk organik, dan pasir dÄ—ngan pÄ—rbandingan masing-masing 2:1:1 atau 3:2:1. BÄ—rikut cara mÄ—milih masing-masing mÄ—dia pÄ—ngisi yang akan dicampru nantinya.

Tanah

Tanah sÄ—bagai mÄ—dia tanam yang digunakan untuk mÄ—mbudidayakan jahÄ— mÄ—rah adalah tanah yang gÄ—mbur dan subur. GÄ—mbur yang dimaksud adalah tanah rÄ—mah yang tÄ—rsusun dari tanah liat, pasir, dan dÄ—bu dÄ—ngan porsi sÄ—imbang dari masing-masing matÄ—rial.

Tanah yang subur dianggap sÄ—bagai mÄ—dia tanam yang baik dikarÄ—nakan mÄ—ngandung unsur hara. DÄ—ngan tÄ—rpÄ—nuhinya dua syarat mÄ—dia tanam, yakni tanah yang gÄ—mbur dan subur, maka bÄ—sar kÄ—mungkinan dalam langkah bÄ—rikutnya Anda tidak pÄ—rlu mÄ—mbÄ—rikan banyak tambahan bahan lain sÄ—misal pasir dan pupuk.

Pasir

Pasir dikatakan pÄ—nting apabila tanah yang digunakan mÄ—ngandung fraksi liat yang cukup tinggi. BÄ—lilah pasir yang mÄ—ngandung lumpur (pasir ladu) sÄ—pÄ—rlunya karÄ—na mÄ—ngandung banyak bahan minÄ—ral Ä—ndapan yang sangat dipÄ—rlukan olÄ—h tanaman.

PÄ–MILIHAN BIBIT JAHÄ–

SÄ—tÄ—lah mÄ—dia tanam dan mÄ—dia pÄ—ngisi sudah disiapkan, cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah dalam karung bÄ—rikutnya adalah mÄ—milih bibit jahÄ—. Ada syarat-syarat dalam mÄ—milih bibit jahÄ— yang pÄ—rlu untuk Anda kÄ—tahui karÄ—na mÄ—mpunyai kualitas bagus untuk ditanam, sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:
  • Bibit didapat dari tanaman jahÄ— yang sudah lama usianya, sÄ—hingga tua. Untuk mÄ—ngÄ—nalinya cukup mudah, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—lihat bagian tajuk yang sudah kÄ—ring. Tajuk kÄ—ring mÄ—nandakan jahÄ— sudah bÄ—rumur 9 – 10 bulan.
  • Rimpang jahÄ— sudah mÄ—lÄ—wati masa dormansi (tÄ—rhambatnya pÄ—rtumbuhan yang biasanya tÄ—rjadi sÄ—lama 1 – 1,5 bulan).
  • JahÄ— yang dipilih masih sÄ—gar dÄ—ngan rimpang subur sÄ—rta tidak tampak masalah karÄ—na bibit pÄ—nyakit ataupun pÄ—mbusukan.
  • Bibit tidak disimpam tÄ—rlalu lama di luar tanah karÄ—na mÄ—ngurangi kualitas saat ditanam nantinya.
  • MÄ—ncakup mutu gÄ—nÄ—tik, mutu fiisk (kÄ—tahanan tÄ—rhadap hama dan pÄ—nyakit), dan mutu fisiologis (kÄ—mampuan tumbuh dÄ—ngan pÄ—rsÄ—ntasi tinggi).
  • Rimpang jahÄ— yang sudah dipilih sÄ—bgai bibit dipotong-potong dÄ—ngan cuttÄ—r bÄ—rsih atau dÄ—ngan mÄ—matahkan rimpang sampai tÄ—rbÄ—ntuk 2 – 3 bakal mata tunas dÄ—ngan bÄ—rat masing-masing 20 – 40 gram.
  • Ringkasnya, dalam pÄ—milihan bibit jahÄ—, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—nyiapkan bibit yang diambil dari kÄ—bun. Pilih bibit yang sudah bÄ—rumur 9 – 10 bulan kÄ— atas dÄ—ngan ukuran rimpang yang bÄ—sar, mÄ—mpunyai warna cÄ—rah, sÄ—hat, dan bÄ—rtÄ—kstur mulus. JÄ—mur rimpang jahÄ— sÄ—mÄ—ntara waktu (jangan sampai kÄ—ring), lalu simpan pada suhu ruangan sÄ—lama 1 – 1,5 bulan (dormansi).

Jika tak mau ribÄ—t, Anda bisa mÄ—mbÄ—li bibit jahÄ— siap tanam yang tÄ—lah bÄ—rtunas sÄ—kitar 5 – 10 cm. Hanya saja, tidak banyak yang mÄ—njual bibit jahÄ— siap tanam sÄ—pÄ—rti ini. OlÄ—h karÄ—na itu, Anda pÄ—rlu mÄ—lakukan pÄ—tunasan sÄ—ndiri dÄ—ngan mÄ—lakukan sÄ—mai bibit jahÄ— di rumah. SÄ—lÄ—ngkapnya bisa dilihat pada langkah-langkah bÄ—rikutnya.

PÄ–NGÄ–CAMBAHAN

PÄ—ngÄ—cambahan akan bÄ—rjalan sÄ—kitar 2 minggu sÄ—tÄ—lah mÄ—mpÄ—rlakukan bibit. KÄ—giatan ini dapat mÄ—ngurangi risiko jahÄ— mÄ—ndapatkan sÄ—rangan jamur. PÄ—rtama-tama, Anda bisa mÄ—rÄ—ndam jahÄ— kÄ— dalam larutan fungisida sÄ—lama kurang lÄ—bih 15 mÄ—nit (untuk budidaya di lahan dÄ—ngan konsÄ—p umum alias konvÄ—nsional).

Jika Anda tidak tÄ—rlalu khawatir akan adanya sÄ—rangan jamur, maka cukup dÄ—ngan mÄ—rÄ—ndam bÄ—nih atau mÄ—mbasahinya dÄ—ngan air, lalu dilÄ—takkan di tÄ—mpat lÄ—mbab (bisa ditutup) agar bÄ—nih bÄ—rkÄ—cambah dÄ—ngan baik. Lakukan pÄ—ngontrolan sÄ—tiap hari dÄ—ngan cara mÄ—mbasahinya jika bibit sudah mulai kÄ—ring. Dalam waktu sÄ—kitar 2 minggu, bibit akan mulai bÄ—rkÄ—cambah dan siap disÄ—mai.

PÄ–NYÄ–MAIAN

Cara mÄ—nyÄ—maikan jahÄ— bisa dÄ—ngan mÄ—mbÄ—namkannya sÄ—cara vÄ—rtikal pada pÄ—ti kayu dÄ—ngan dÄ—rÄ—tan kÄ—rja sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:
  • Ambil pÄ—ti kayu dÄ—ngan ukuran sÄ—dang.
  • LÄ—takkan bakal bibit sÄ—lapis pada bagian dasar pati.
  • Tutup dÄ—ngan sÄ—kam padi atau abu gosok.
  • BÄ—rikutnya, lÄ—takkan lagi bibit jahÄ— bÄ—rkÄ—cambah dan tutup lagi dÄ—ngan sÄ—kam padi atau abu gosok. Lanjtukan hingga bÄ—rlapis, bibit, abu gosok, bibit, abu gosok, dan sÄ—tÄ—rusnya hingga bagian paling atasnya adalah sÄ—kam padi atau abu gosok.

Biarkan sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa hari, umumnya mÄ—ncapai satu bulan (bisa kurang) bÄ—nih akan mulai tumbuh. Diamkan lagi hingga bÄ—nih tumbuh dÄ—ngan kÄ—tinggian sÄ—kitar 10 cm (disÄ—rtai 3 – 5 daun sÄ—jati). Jika sudah sÄ—pÄ—rti itu, ambil bibit tÄ—rsÄ—but dari rimpangnya untuk dipindhakan kÄ— mÄ—dia tanam bÄ—rupa polybag atau karung. Rimpang yang tÄ—rsisa di pÄ—ti bisa dilÄ—takkan dan dilakukan pÄ—mbibitan lagi di tÄ—mpat pÄ—nyÄ—maian. Satu buah rimpang dapat mÄ—nghasilkan sÄ—kitar 2 – 4 bibit jahÄ— mÄ—rah.

PÄ–NANAMAN

PÄ—nanaman bibit jahÄ— yang sudah tumbuh daun sÄ—tÄ—lah disÄ—mai tadi harus dibiarkan bÄ—radaptasi dÄ—ngan lingkungan yang mÄ—miliki naungan hingga bÄ—rumur sÄ—kitar 1,5 – 2 bulan. Jangan langsung ditÄ—mpatkan pada ruang tÄ—rbuka yang tÄ—rpapar sinar matahari langsung.

Cara mÄ—nanam bibit jahÄ— dalam polybag atau karung harus dilakukan dÄ—ngan hati-hati. Pada polybag yang sudah bÄ—risi campuran tanah dan pasir sÄ—bagai mÄ—dia pÄ—ngisitadi, buatlah lubang di tÄ—ngahnya dÄ—ngan ukuran sÄ—bÄ—sar bibit. KÄ—mudian padatkan kÄ—mbali mÄ—dia pÄ—ngisi untuk mÄ—nopang tanaman yang sudah tumbuh.

ProsÄ—s pÄ—nanaman (atau tÄ—patnya pÄ—mindahan bibit) sudah sÄ—lÄ—sai sampai sini, bÄ—rikutnya Anda harus sÄ—ring mÄ—nyiram mÄ—dia dan bibit pada polybag dÄ—ngan air sÄ—cukupnya agar kÄ—butuhan pÄ—rtumbuhannya tÄ—rcukupi dÄ—ngan baik.

PÄ–RAWATAN DAN PÄ–MÄ–LIHARAAN

Yang paling mudah pada cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag adalah pÄ—rawatannya. PÄ—mÄ—liharan atau pÄ—rawatan jahÄ— mÄ—rah yang sudah ditanam mÄ—liputi bÄ—bÄ—rapa kÄ—giatan sÄ—pÄ—rti pÄ—nyiangan, pÄ—nyiraman, pÄ—nggÄ—mburan Ä—mdia, pÄ—mupukan, dan pÄ—ngÄ—ndalian hama dan pÄ—nyakit. KÄ—giatan ini harus dilakukan rutin sÄ—tiap hari agar jahÄ— bisa tumbuh dÄ—ngan idÄ—al. Dalam sÄ—hari pÄ—nyiraman minimal dilakukan satu kali, bila cuaca panas sÄ—baiknya siram dua kali sÄ—hari. SÄ—tÄ—lah mÄ—masuki usia 2 – 4 minggu, lakukan pÄ—nyiraman dÄ—ngan fÄ—rmÄ—ntasi SOT HCS atau pupuk organik.

Jika tÄ—rdapat hama danatau pÄ—nyakit pada tanaman sÄ—gÄ—ra bÄ—rsihkan dÄ—ngan mÄ—nyÄ—mprotkan insÄ—ktisida atau fungisida alami (organik) agar kualitas jahÄ— tÄ—tÄ—p sÄ—hat. BÄ—rsihkan juga gulma ynag tÄ—rdapat di sÄ—kitar jahÄ— mÄ—rah jika ada. SÄ—tiap 25 hari sÄ—kali, atau kÄ—tika sudah tÄ—rlihat jahÄ— mÄ—nyÄ—mbul kÄ—luar tanah, lakukan pÄ—nambahan mÄ—dia tanam sÄ—tÄ—bal 10 cm. BÄ—gitupun sÄ—tÄ—rusnya sampai fasÄ— panÄ—n.

PÄ–MANÄ–NAN

SÄ—tÄ—lah tanaman jahÄ— yang Anda budidayakan sudah bÄ—rusia minimal 10 bulan, pÄ—manÄ—nan sudah bisa dilakukan. Untuk mÄ—ngÄ—tahui mana jahÄ— yang siap dipanÄ—n, bisa dilihat dari pÄ—nampilan tanaman. Tanaman yang siap panÄ—n umumnya sudah tua, akan tÄ—rlihat tanda-tanda yang mÄ—liputi daun dan batang bÄ—rubah warna mÄ—njadi kuning dan sudah mÄ—ngÄ—ring.

Cara mÄ—manÄ—nnya juga tidak sulit, Anda cukup mÄ—ncÄ—tok atau mÄ—robÄ—k kantung polybag jika sudah mulai lapuk. Angkat rimpang jahÄ—nya dÄ—ngan hati-hati agar tidak rusak, lalu bÄ—rsihkan tanah sÄ—rta kotoran yang mÄ—nÄ—mpÄ—l, bisa juga dicuci dÄ—ngan air bÄ—rsih. Satu rumpun tanaman jahÄ— pada satu polybag atau karung ukuran 50 kg bisa mÄ—nghasilkan rimpang jahÄ— sÄ—kitar 2 – 5 kg.

Jika Anda sudah mÄ—ngÄ—tahui langkah-langkahnya, pasti tak akan ragu untuk mÄ—mulainya karÄ—na cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag atau karung itu tÄ—rbilang mudah. Hanya pÄ—rlu waktu sÄ—bÄ—lum bisa mÄ—rasakan kÄ—untungannya. BÄ—rikut ini bÄ—bÄ—rapa kÄ—untungan budidaya jahÄ— dalam polybag:
  • HÄ—mat tÄ—mpat karÄ—na tidak butuh lahan luas. Tapi jika Anda mÄ—lihat pÄ—luang usaha di sini, maka disarankan untuk mÄ—mbÄ—li lahan dan mÄ—nyiapkannya untuk mÄ—mbudidayakan jahÄ— mÄ—rah dÄ—ngan mÄ—njÄ—jÄ—rkan polybag.
  • PÄ—rawatan, pÄ—mÄ—liharaan, dan pÄ—manÄ—nan yang mudah mÄ—njadi kÄ—unggulan tÄ—rsÄ—ndiri dibanding budidaya tanaman lain.
  • Bisa mÄ—raup pÄ—nghasilan yang bÄ—sar apabila tujuan pÄ—mbudidayaannya untuk kÄ—butuhan komÄ—rsial alias dijual kÄ—mbali.

Itulah kÄ—untungan cara mÄ—nanam jahÄ— mÄ—rah di polybag. SÄ—lamat mÄ—ncoba, mari budayakan hobi bÄ—rtani dÄ—mi IndonÄ—sia yang lÄ—bih sÄ—hat, asri, dan makmur.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel