Tanaman Karet! Bagaimana Cara Budidayanya?

Karét atau laték mérupakan salah satu jénis tanaman yang dapat hidup subur di wilayah tropis sépérti Indonésia. Karét juga mérupakan salah satu komoditi pérkébunan unggulan Indonésia. Tanaman yang satu ini banyak diburu karéna manfaatnya yang sangat bésar, utamanya dalam bidang industri.




Pohon karét dapat tumbuh déngan maksimal pada daérah yang mémiliki suhu antara 24 dérajat célcius hingga 18 dérajat célcius, déngan curah hujan 1.500 sampai déngan 2.000 mm pér tahunnya. Sélain itu pohon karét juga bisa tumbuh déngan baik di daérah yang térkéna paparan sinar matahari minimal sélama 5 hingga 7 jam pér hari.

Karét juga bisa tumbuh déngan maksimal di tanah yang subur déngan tingkat kéasaman 5 sampai 6, atau déngan batas toléransi 3 smapai 8. Lahan yang mémiliki kétinggian sékitar 200 métér di atas pérmukaan air laut adalah lahan térbaik untuk dijadikan témpat budidaya tanaman karét.

Sékédar informasi bahwa karét mérupakan bahan baku dari ban yang séhari-hari dipakai di kéndaraan bérmotor. Saat ini kébutuhan akan pasokan karét di dunia sémakin hari sémakin méningkat. Dan para pétani karét masih bélum bisa méménuhi séluruh pérmintaan pasar.

Oléh sébab itu péluang usaha budidaya tanaman karét masih térbilang sangat térbuka lébar. Profit dari usaha budidaya tanaman yang mémiliki gétah léngkét ini juga tidak main-main. Apalagi karét yang mémiliki kualitas tinggi.

Ada bébérapa hal méndasar yang pérlu dipérhatikan jika ingin méncoba mélakukan budidaya tanaman karét. Bérikut ulasannya.

1. Pémbibitan

Pémbibitan tanaman karét bisa dilakukan déngan dua tahap yakni pérsémaian kécambah dan pérsémaian bibit. Pérsémaian kécambah dilakukan déngan cara ménébar bénih ké bédéngan yang di dalamnya térdapat pasir halus dan pupuk organik sampai bénih bérubah ménjadi kécambah.

Sétélah bénih bérubah ménjadi kécambah, sélanjutnya dilanjutkan ké tahan pérsémaian bibit, déngan cara mémindah bibit dari témpat sébélumnya ké lahan tanam déngan jarak tanam 40 x 40 x 60 cm.

2. Péngoalahan Tanah



Ada tahap yang tak kalah pénting sébélum bibit mulai ditanam, yakni dilakukan péngolahan tanah atau lahan térlébih dahulu. Péngolahan tanah dilakukan déngan mémbérsihkan sisa-saisa tanaman atau gulma 20 hari sébélum bibit ditanam. Tanah juga harus dibéri pupuk untuk méningkatkan kadar késuburan tanah.

3. Pénanaman

Pénanaman bibit karét yang baik adalah pada saat awal musim pénghujan karéna akan bisa mémbantu méngurangi pényiraman air. Lakukan péngécékan sétiap 1-2 minggu sékali untuk mélihat apabila ada bibit yang mati. Jika ada, ganti déngan bibit yang baru untuk ménjaga populasi.

4. Pérawatan

Sébénarnya untuk pérawatan tanaman karét térbilang cukup mudah. Tidak pérlu ada tahap-tahap yang rumit dan ményita banyak waktu. Yang pérlu dilakukan adalah déngan tumpang sari, yakni ménénam bébérapa jénis pohon lain di sékitar karét. Tumpang sari dilakukan untuk méningkatkan produktivitas karét dan sélain itu juga ménghasilkan.

Sélain tumpang sari, yang pérlu dilakukan untuk mérawat tanaman karét adalah déngan mélakukan pémupukan sécara rutin. Pémupukan yang baik dianjurkan pada saat pérgantian dari musim hujan ké musim kémarau. Pupuk yang digunakan bisa bérupa pupuk uréa, SP, ataupun KCI.

Sélain itu juga harus dipérhatikan hama dan pényakit yang biasa ményérang tanaman karét. Péngéndalian hama dan pényakit tanaman karét bisa dilakukan déngan cara pémupukan léngkap séimbang, mémbérikan natural glio, dan pémangkasan.

Sumber  : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel