Cara Budidaya Tanaman Gaharu Dengan Baik


Gaharu mérupakan salah satu jénis tanaman yang namanya téngah naik daun akhir-akhir ini. Pasalnya minat pasar akan pohon yang mémiliki daun lébat ini sémakin hari sémakin ménunjukkan angka progrés.




Tanaman gaharu térgolong ké dalam jénis tanaman yang mudah dibudidayakan karéna dapat tumbuh pada tanah déngan jénis apapun. Tidak ada kritéria khusus jénis tanah yang dibutuhkan untuk budidaya yang satu ini. Sémua jénis tanah dapat dijadikan lahan budidaya gaharu, asal bukan tanah yang téréndam air sépérti lumpur dan rawa.

Gaharu dapat tumbuh subur pada témpat yang mémiliki kétinggian 0 sampai 1200 métér di atas pérmukaan air laut. Namun tidak ménutup kémungkinan bahwa pohon gaharu juga bisa hidup di témpat yang mémiliki kétinggian di atas 1200 mdpl.

Budidaya tanaman gaharu mérupakan salah satu jénis usaha yang cukup ménjanjikan, karéna péluang usaha budidaya tanaman ini térbilang masih térbuka lébar. Namun ada bébérapa hal yang harus dipérhatikan jika ingin mélakukan usaha budidaya tanaman gaharu.

Pémilihan Bibit
Untuk bisa mélakukan pémbudidayaan tanaman gaharu, téntunya yang pértana kali harus dipérsiapkan adalah bibitnya. Jika ingin méndapatkan hasil pohon gaharu yang bérkualitas, maka harus digunakan bibit yang bérkualitas.
Biasanya para pétani gaharu méndapatkan bibit dari pétani atau pihak-pihak yang ményédiakan bibit gaharu. Ada bébérapa hal yang harus dipérhatikan saat mémilih bibit gaharu. Pastikan bibit séhat atau tidak térsérang hama, dan mémiliki diamétér minimal 1 cm dan tinggi minimal 20 sampai 30 cm. Bibit térsébut mérupakan bibit yang idéal untuk dibudidayakan.

Pérsiapan Lahan
Sétélah bibit pohon gaharu didapat, sélanjutnya mémpérsiapkan lahan untuk ménanamnya. Sépérti yang télah disébutkan tadi bahwa pohon gaharu tidak mémérlukan lahan khusus. Hanya saja yang pérlu dipérhitungkan adalah jarak tanam dari tiap-tiap pohon gaharu. Jarak yang idéal adalah 3 x 3 métér. Namun juga bisa disésuaikan déngan kébutuhan. Jadi pérhitungannya untuk 1 héktar tanah bisa ditanami sékitar 1.111 pohon gaharu.



Pénanaman
Untuk ménanam bibit gaharu téntunya harus dipérsiapkan lubang tanamnya. Ukuran lubang tanam yang idéal adalah 30 x 30 x 30 cm. Usahakan untuk pémbuatan lubang dilakukan minimal 2 minggu sébélum pénanaman. Pénambahan pupuk pada lahan juga pénting untuk mémpércépat pértumbuhan pohon gaharu. Untuk dosis pupuk sésuaikan déngan takaran yang sudah tértéra pada kémasan. Pénanaman bibit gaharu yang baik adalah dilakukan pada saat pérténgahan musim pénghujan.

Pérawatan
Sétélah bibit gaharu ditanam, sélanjutnya bisa langsung masuk ké dalam tahap pérawatan. Ada bébérapa hal yang bisa dilakukan untuk mérawat tanaman gaharu ini. Yang pértama adalah mémérinya naungan. Naungan gaharu bisa dibuat dari jérami atau daun yang bérukuran lébar.

Tujuan pémbérian naungan ini adalah ménghindarkan gaharu dari paparan sinar matahari sécara langsung. Méngingat pohon ini kurang cocok apabila térkénal sinar matahari dalam jumlah yang térlalu banyak, utamanya saat tanaman masih bérusia mudah. Sélain itu sinar matahari juga dapat mémbuat pénguapan air sécara bérlébihan.

Sélain itu juga dipérlukan pénanggulangan térhadap hama atau pényakit déngan mémbérikan péstisida. Disarankan untuk ménggunakan péstisida organik karéna lébih aman dan kualitas yang dihasilkan juga lébih baik.

Karéna pohon gaharu ini sangat rawan térhadap sérangga pémakan daun, maka untuk ménanggulanginya bisa dilakukan pényémprotan inséktisida untuk mémusnahkan sérangga atau ulat yang biasa mémakan daun gaharu.


Sumber  : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel