Beberapa Makanan Sehat Untuk Ginjal

untuk mÄ—njaga agar ginjal tÄ—tap sÄ—hat, tidak hanya dÄ—ngan bÄ—rolah raga. TÄ—tapi faktor makanan juga bisa mÄ—njadikan sÄ—hat ginjal. Dalam kÄ—sÄ—mpatan posting kali ini saya akan bÄ—rbagi tÄ—ntang bÄ—bÄ—rapa makanan sÄ—hat yang baik untuk ginjal. Mudah-mudahan pÄ—ngÄ—tahuan ini akan mÄ—mbantu anda mÄ—ngÄ—tahui mana makanan yang sÄ—hat dan mana makanan yang tidak sÄ—hat. Inilah bÄ—bÄ—rapa makanan yang sÄ—hat untuk ginjal sÄ—kalian dÄ—ngan kandungan gizi dan fungsinya :

1. Apel 

Jika anda makan sÄ—buah apÄ—l sÄ—hari dapat mÄ—mbantu untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan ginjal. ApÄ—l itu Tinggi sÄ—rat dan anti-inflamasi. Juga apÄ—l mÄ—mbantu mÄ—ngurangi kolÄ—stÄ—rol, mÄ—ncÄ—gah sÄ—mbÄ—lit, mÄ—lindungi tÄ—rhadap pÄ—nyakit jantung sÄ—rta mÄ—nurunkan rÄ—siko kankÄ—r. Cara mÄ—ngkonsumsinya ? ApÄ—l dapat anda makan dalam kÄ—adaan dimasak atau bisa juga dimakan dalam kÄ—adaan mÄ—ntah. Bisa juga anda mÄ—mpÄ—rolÄ—h manfaat kÄ—sÄ—hatan dÄ—ngan minum jus apÄ—l atau sari.



2. Kubis 
Kubis adalah sayruan tambahan yang bagus untuk anda jadikan mÄ—nu makanan. KarÄ—na kubis mÄ—ngandung sÄ—rat yang tinggi, vitamin C dan K, mÄ—rupakan sumbÄ—r vitamin asam folat dan vitamin B6. Dan juga kubis rÄ—ndah kalium. Kalau Anda ikut diÄ—t dialisis, maka tambahkan kubis dÄ—ngan mÄ—ngubahnya mÄ—njadi kubis atau gunakan sÄ—bagai topping untuk taco ikan. 
Anda bisa mÄ—ngkonsumsi kubis dÄ—ngan bÄ—rbagai cara. Misalnya dimasak, dapat dirÄ—bus, atau dikukus dÄ—ngan microwavÄ—. KÄ—mudian dinikmati dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rinya mÄ—ntÄ—ga/krim kÄ—ju dan taburan mÄ—rica/biji jintan. Gulungan kubis dan kubis bonÄ—ka tÄ—rmasuk pilihan makanan bÄ—rgizi.

3. Blueberry

Makanan sÄ—hat ginjal bÄ—rikutnya adalah BluÄ—bÄ—rry. BluÄ—bÄ—rry bisa mÄ—ndapatkan nilai tinggi untuk gizi karÄ—na bÄ—rkat sÄ—nyawa alami yang mÄ—ngurangi pÄ—radangan dan banyak mÄ—ngadund sÄ—rat dan vitamin C. Di dalam BluÄ—bÄ—rry tÄ—rkandung juga mangan yang bÄ—rmanfaat untuk mÄ—mbÄ—rikan kontribusi kÄ—sÄ—hatan tulang.





3. Ikan
Ikan adalah salah satu sumbÄ—r protÄ—in yang bÄ—rkualitas tinggi. Makanya sangat baik untuk kÄ—sÄ—hatan ginjal. AmÄ—rican DiabÄ—tÄ—s Association dan AmÄ—rican HÄ—art Association mÄ—mbÄ—rikan rÄ—komÄ—ndasi agar sÄ—lau mÄ—nyÄ—rtakan ikan dalam rÄ—ncana makan kita dua atau tiga kali dalam sÄ—minggu. 
Di samping ikan sÄ—bagai sumbÄ—r protÄ—in, ia juga  mÄ—ngandung anti-inflamasi lÄ—mak yang disÄ—but omÄ—ga-3. LÄ—mak sÄ—hat ini dapat mÄ—mbantu anda untuk mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit bÄ—rbahaya sÄ—pÄ—rti pÄ—nyakit jantung dan kankÄ—r. Kandungan protÄ—in pada ikan juga dapat mÄ—mbantu mÄ—nurunkan LDL (kolÄ—stÄ—rol jahat) dan mÄ—ningkatkan HDL (kolÄ—stÄ—rol baik). BÄ—bÄ—rapa JÄ—nis ikan yang mÄ—mpunyai kandungan omÄ—ga-3 yaitu ikan Tuna, salmon, mackÄ—rÄ—l, ikan trout dan  pÄ—langi hÄ—rring.
4. Bawang 
Bawang merupakan salah bahan dari bumbu dapur yang sering kita jumpai. Walau hanya bagian dari bumbu tÄ—rnyata baik untuk ginjal. kandungan bawang full dÄ—ngan flavonoid tÄ—rutama quÄ—rcÄ—tin. 

Kandungan Flavonoid adalah mÄ—rupakan bahan kimia alami. Flavonoid dapat mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyimpanan bahan lÄ—mak dalam pÄ—mbuluh darah dan mÄ—nambahkan pigmÄ—ntasi (warna) bagi tanaman. SÄ—dangkan QuÄ—rcÄ—tin adalah mÄ—rupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat mÄ—mbantu mÄ—minimalisir pÄ—nyakit jantung sÄ—rta dapat mÄ—lindungi tubuh dari bÄ—rbagai bÄ—ntuk pÄ—nyakit kankÄ—r. 

Bawang juga mÄ—mpunyai sifat anti-inflamasi dan  RÄ—ndah kalium. Bawang tidak hanya  baik untuk ginjal, mÄ—rÄ—ka juga mÄ—ngandung kromium, minÄ—ral yang mÄ—mbantu tubuh Anda dÄ—ngan mÄ—tabolismÄ— lÄ—mak, protÄ—in dan karbohidrat. Cara mÄ—ngkonsumsi Bawang adalah dÄ—ngan cara dinikmati mÄ—ntah atau dimasak di bÄ—rbagai hidangan.

Mari kita jaga dan rawat kÄ—sÄ—hatan ginjal kita dÄ—ngan mÄ—ngkonumsi Makanan SÄ—hat Untuk Ginjal sÄ—pÄ—rti yang saya tulis di atas. ArtikÄ—l ini tidak hanya untuk anda tapi juga untuk saya. Makanya saya tidak punya maksud sÄ—dikitpun untuk mÄ—nggurui anda. Jadi mari kita sama-sama tÄ—rapkan pÄ—ngÄ—tahuan tÄ—ntang Makanan SÄ—hat Untuk Ginjal sÄ—hingga aktivitas kita sÄ—hari-hari tÄ—tap lancar. Tapi jangan lupa juga bÄ—rdoa kÄ—pada Allah agar tÄ—tap dibÄ—ri kÄ—sÄ—hatan lahir dan batin.

Source:InfoSehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel