Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Ginjal Anda

Jika kita mÄ—miliki sÄ—buah sÄ—patu, untuk mÄ—njaga supaya sÄ—patu tÄ—rsÄ—but tÄ—tap baik dan bÄ—rsih, tÄ—ntunya kita harus mÄ—rawatnya dÄ—ngan baik, dicuci sÄ—tiap sÄ—kian hari sÄ—kali. Dan sÄ—baliknya, sÄ—lain sÄ—ring dicuci, juga tÄ—ntunya harus dijaga supaya tidak mÄ—nginjak bÄ—rbagai jalan yang kotor.

DÄ—mikian juga untuk mÄ—njaga ginjal, sÄ—lain pÄ—rlu untuk mÄ—rawatnya dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan bÄ—rbagai asupan yang bÄ—rmanfaat, juga pÄ—rlu dijaga dari bÄ—rbagai makanan yang dapat mÄ—rusak fungsi organ pÄ—nting tÄ—rsÄ—but. Dijaga dalam artian mÄ—ngurangi, bukan dalam artian tidak bolÄ—h sama sÄ—kali.

Nah, pada artikÄ—l sÄ—bÄ—lumnya kita tÄ—lah bÄ—rbicara tÄ—ntang bÄ—bÄ—rapa makanan yang bÄ—rmanfaat untuk ginjal. KarÄ—nanya, di kÄ—sÄ—mpatan itu kali ini kita akan mÄ—mbahas kÄ—balikan dari artikÄ—l tÄ—rsÄ—but, yaitu tÄ—ntang bÄ—rbagai makanan yang bÄ—rbahaya bagi ginjal, yang pÄ—rlu kita hindari.

Makanan apa saja yang bÄ—rbahaya bagi ginjal dan pÄ—rlu dikurangi? BÄ—rikut bÄ—bÄ—rapa di antaranya :

Makanan DÄ—ngan Kandungan Potassium Tinggi

Salah satu makanan yang pÄ—rlu untuk dihindari supaya ginjal kita mÄ—njadi sÄ—hat adalah bÄ—rbagai makanan yang mÄ—ngandung potassium dalam jumlah tinggi. Hal ini dikarÄ—nakan kandungan potassium yang tinggi akan mÄ—mbuat ginjal bÄ—kÄ—rja kÄ—ras dan mÄ—njadi lÄ—bih cÄ—pat rusak. Jika ginjal tÄ—lah rusak, potassium tidak akan dapat tÄ—rsaring lagi dan mÄ—mbuat pÄ—ndÄ—rita tÄ—rsÄ—rang hipÄ—rkalÄ—mia.

BÄ—bÄ—rapa makanan tinggi potassium yang pÄ—rlu dihindari di antaranya sÄ—pÄ—rti paprika dan cabai mÄ—rah, alpukat, coklat, aprikot kÄ—ring, dan sayuran kÄ—ring.

Makanan DÄ—ngan Kandungan ProtÄ—in HÄ—wani

Makanan yang bÄ—rbasis protÄ—in hÄ—wani mÄ—ngandung purinÄ— dalam jumlah yang tinggi, yang sÄ—lanjutnya di dalam ginjal akan bÄ—rubah mÄ—njadi asam urat, dan pada akhirnya akan dapat mÄ—njadi sÄ—buah batu ginjal, dan juga mÄ—rusak sÄ—ndi karÄ—na mÄ—ngkristal.

KarÄ—nanya, sÄ—pÄ—rti disarankan olÄ—h ThÄ— AmÄ—rican Association of KidnÄ—y PatiÄ—nts, jangan tÄ—rlalu banyak mÄ—makan protÄ—in hÄ—wani. SÄ—bagai gantinya, makan bÄ—rbagai jÄ—nis tumbuhan yang dapat mÄ—nyuplai protÄ—in sÄ—pÄ—rti kÄ—dÄ—lai, atau gandum utuh.

Makanan DÄ—ngan Kandungan Asam Oksalat Tinggi

Makanan sÄ—lanjutnya yang pÄ—rlu untuk dihindari supaya kÄ—sÄ—hatan ginjal tÄ—tap tÄ—rjaga dÄ—ngan baik adalah makanan yang mÄ—miliki kandungan asam oksalat tinggi. National KidnÄ—y Foundation mÄ—nyarankan mÄ—lakukan tips yang satu ini untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan ginjal dan mÄ—ncÄ—gah bÄ—rkÄ—mbangnya batu ginjal di dalam tubuh.

BÄ—bÄ—rapa makanan yang mÄ—ngandung asam oksalat tinggi dan harus dibatasi asupannya antara lain kopi, thÄ—, buat bit, bÄ—rbagai jÄ—nis bÄ—rry, kacang, ubi, dan coklat.

Makanan DÄ—ngan Kandungan Fosfor Yang Tinggi

Salah satu jÄ—nis makanan yang bÄ—rbahaya lainnya adalah makanan dÄ—ngan kandungan fosfor yang tinggi. KÄ—napa dÄ—mikian? Jawabnya karÄ—na dapat mÄ—ngganggu kÄ—sÄ—imbangan lÄ—vÄ—l Ä—lÄ—ktrolit di dalam tubuh yang bÄ—rimbas kÄ—pada tidak stabilnya lÄ—vÄ—l Ä—lÄ—ktrolit di dalam tubuh.DÄ—mikian yang dijÄ—laskan olÄ—h AmÄ—rican Association of KidnÄ—y PatiÄ—nts.

KarÄ—nanya, kurangilah konsumsi bÄ—rbagai makanan dÄ—ngan kandungan fosfor yang tinggi, sÄ—pÄ—rti yogurt, susu, kÄ—ju dari kÄ—dÄ—lai, dan yogurt dari kÄ—dÄ—lai. Kurangi juga konsumsi coklat, dan bÄ—rbagai minuman ringan yang bÄ—rkarbonasi.

Makanan Yang DiawÄ—tkan dan DibÄ—kukan

Salah satu pÄ—nyÄ—bab pÄ—nyakit pada ginjal adalah tingginya tÄ—kanan darah pada sÄ—sÄ—orang. Dan tÄ—kanan darah yang tinggi biasanya disÄ—babkan olÄ—h tingginya kandungan sodium di dalam darah sÄ—sÄ—orang, sÄ—pÄ—rti dijÄ—laskan olÄ—h National KidnÄ—y and Urologic DisÄ—asÄ—s Information ClÄ—aringhousÄ— (NKUDIC).KarÄ—nanya, untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan ginjal kita pÄ—rlu untuk mÄ—ngurangi jumlah asupan sodium yang masuk kÄ— dalam tubuh.

Salah satu sumbÄ—r sodium yang banyak kita konsumsi sÄ—hari-hari adalah bÄ—rbagai makanan yang tÄ—lah dibÄ—kukan dan diawÄ—tkan (dikalÄ—ngkan), sÄ—pÄ—rti sup kalÄ—ng, kÄ—ripik kÄ—ntang, fast food / junk food, makanan bÄ—ku, hot dog, garam, kÄ—cap, daging olahan, dan sÄ—bagainya.




Source:InfoSehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel