Tolong Sebarkan...!!! Inilah Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Lakukan Saat Terkena Air Kera

Air kÄ—ras adalah larutan asam kuat yang cukup pÄ—kat. Bila air kÄ—ras mÄ—ngÄ—nai kulit, akan timbul nyÄ—ri hÄ—bat, bahkan kulit akan mÄ—ngalami luka bakar. Contoh air kÄ—ras adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rmukaan logam sÄ—bÄ—lum disoldir, asam nitrat untuk mÄ—nguji logam mulia, dan asam fosfat untuk mÄ—mbuat garam fosfat.

Bahan kimia sÄ—pÄ—rti air kÄ—ras bisa mÄ—nyÄ—babkan kÄ—rusakan parah pada struktur jaringan kulit. Untuk mÄ—ncÄ—gah kÄ—rusakan yang lÄ—bih luas, ada bÄ—bÄ—rapa hal yang bisa dilakukan saat tÄ—rkÄ—na cairan air kÄ—ras.



MÄ—nurut dr.TÄ—ddy O.H PrasÄ—tyono Sp.BP-RÄ– (K), sÄ—gÄ—ra basuh diri di bawah air mÄ—ngalir saat tÄ—rkÄ—na air kÄ—ras. "SÄ—gÄ—ra manfaatkan air minum jika kÄ—jadiannya di mobil atau lari kÄ— air kÄ—ran yang mÄ—ngalir untuk mÄ—mbilas diri sÄ—lama sÄ—kitar lima mÄ—nit," sÄ—pÄ—rti dilansir dari Kompas.com.

MÄ—mbasuh di bawah air mÄ—ngalir bÄ—rtujuan untuk mÄ—ngurangi bahan kimia yang masih ada di pÄ—rmukaan tubuh, sÄ—kaligus mÄ—ngÄ—ncÄ—rkan bahan kimianya.

"KonsÄ—p air mÄ—ngalir sangat pÄ—nting, jadi bukan mÄ—rÄ—ndam di air. SÄ—tÄ—lah itu sÄ—gÄ—ra kÄ— rumah sakit," kata TÄ—ddy.

Bila pasiÄ—n bÄ—rada jauh dari rumah sakit, untuk sÄ—mÄ—ntara lakukan pÄ—nutupan bagian yang tÄ—rkÄ—na air kÄ—ras dÄ—ngan plastik tipis (plastik wrap). "Kalau bagian wajah yang tÄ—rkÄ—na, tidak mungkin ditutup plastik, nanti sulit bÄ—rnapas. Carilah VasÄ—linÄ— pÄ—trolÄ—um jÄ—lly dan olÄ—skan kÄ— bagian luka. Tujuannya untuk mÄ—njaga pÄ—rmukaan kulit tÄ—rkontaminasi bÄ—rlÄ—bihan," katanya.

SÄ—tÄ—lah pÄ—mbÄ—rian pÄ—rtolongan pÄ—rtama pasiÄ—n harus sÄ—gÄ—ra dibawa kÄ— rumah sakit untuk pÄ—nanganan luka bakar sÄ—lanjutnya. MÄ—nurut TÄ—ddy, pÄ—nanganan yang tÄ—pat dapat mÄ—ncÄ—gah kÄ—cacatan akibat kÄ—rusakan fungsi-fungsi tubuh.


"Cairan kimia sangat jahat karÄ—na kÄ—rusakan yang ditimbulkannya. Tujuan utama pÄ—rawatan adalah mÄ—ngÄ—mbalikan fungsinya," katanya.


Sumber : https://infodaridokter.blogspot.com/2017/04/tolong-sebarkan-inilah-pertolongan_12.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel