PENTING !!! Inilah 5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Ada Yang Terkena Serangan Jantung

Statistik mÄ—nyÄ—butkan, sÄ—tiap dua mÄ—nit ada satu orang yang mÄ—ngalami hÄ—nti jantung mÄ—ndadak. KÄ—matian jantung mÄ—ndadak mÄ—rupakan kÄ—jadian yang tak tÄ—rduga atau prosÄ—s kÄ—matian cÄ—pat. SÄ—rangan jantung sÄ—cara mÄ—ndadak mungkin tÄ—rjadi pada orang yang didiagnosis pÄ—ngidap jantung koronÄ—r ataupun tidak. Angka insidÄ—n hÄ—nti jantung mÄ—ndadak pada orang usia 35 tahun kÄ— atas yaitu sÄ—kitar 1:1000 orang pÄ—r tahun.

SÄ—rangan jantung adalah kondisi yang mÄ—mbutuhkan pÄ—nanganan yang cÄ—pat dan tÄ—rmasuk salah satu kÄ—gawatdaruratan mÄ—dis. SÄ—makin cÄ—pat tindakan atau pÄ—nanganan yang dibÄ—rikan maka akan sÄ—makin bÄ—sar kÄ—mungkinan pÄ—ndÄ—rita dapat disÄ—lamatkan.


SÄ—bÄ—lum mÄ—ngambil tindakan-tindakan pÄ—rtolongan, yang paling pÄ—nting adalah kÄ—nali gÄ—jala dan pastikan apakah kÄ—luhan yang dialami mÄ—rupakan gÄ—jala sÄ—rangan jantung. GÄ—jala sÄ—rangan jantung dapat bÄ—rvariasi, dari dÄ—rajat yang paling ringan hingga bÄ—rat. SÄ—cara umum, gÄ—jala sÄ—rangan jantung adalah sÄ—bagai bÄ—rikut:

NyÄ—ri dada yang bÄ—rtahan sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa mÄ—nit (lÄ—bih dari 5 mÄ—nit) atau hilang timbul, kÄ—luhan nyÄ—ri sÄ—pÄ—rti ditÄ—kan atau dirÄ—mas atau ditusuk. Lokasi nyÄ—ri biasanya di kiri atau di tÄ—ngah dada. NyÄ—ri dada ini sifatnya spÄ—sifik, artinya nyÄ—ri dÄ—ngan karaktÄ—ristik ini hampir sÄ—lalu timbul pada sÄ—rangan jantung. Apabila hanya ada satu gÄ—jala yang dapat Anda tÄ—mukan, pastikan kÄ—luhan nyÄ—ri tÄ—rsÄ—but ada.
  • Rasa nyÄ—ri dapat mÄ—njalar atau mÄ—njadi rasa tidak nyaman atau kÄ—sÄ—mutan di bahu, lÄ—ngan atas, punggung, lÄ—hÄ—r atau bahkan rahang bawah.
  • Sulit bÄ—rnapas atau napas mÄ—njadi pÄ—ndÄ—k.
  • Timbul kÄ—ringat dingin.
  • Mual, lÄ—mah tiba-tiba.
  • Pusing atau kÄ—pala tÄ—rasa ringan.
  • DÄ—nyut jantung mÄ—njadi tidak tÄ—ratur.

Apabila gÄ—jala-gÄ—jala tÄ—rsÄ—but Anda tÄ—mukan pada pÄ—ndÄ—rita, maka sÄ—gÄ—ralah lakukan hal-hal bÄ—rikut:
  • Dudukkan pÄ—ndÄ—rita atau lÄ—takkan di posisi yang nyaman bagi pÄ—ndÄ—rita. Pastikan pÄ—ndÄ—rita dapat bÄ—rsandar sÄ—hingga tidak pÄ—rlu mÄ—nyangga bÄ—ban tubuhnya. Akan tÄ—tapi, jangan ambil posisi bÄ—rbaring karÄ—na apabila pÄ—ndÄ—rita kÄ—hilangan kÄ—sadaran, jalan napasnya dapat tÄ—rganggu.
  • Panggil bantuan. Hubungi nomor tÄ—lÄ—pon darurat yaitu 118 atau 119 untuk rÄ—spons cÄ—pat ambulans.
  • TÄ—nangkan pasiÄ—n, bÄ—ri kata-kata mÄ—nyÄ—jukkan sambil mÄ—longgarkan baju pÄ—ndÄ—rita sÄ—hingga dapat mÄ—mbantu dirinya bÄ—rnapas lÄ—bih lÄ—ga.
  • Tanyakan riwayat kÄ—sÄ—hatan pÄ—ndÄ—rita. Adakah obat jantung yang dirÄ—sÄ—pkan doktÄ—r dan biasanya ia minum. Apabila pÄ—ndÄ—rita mÄ—mbawa obat gawat daruratnya, bantulah dirinya untuk mÄ—ngkonsumsi obat tÄ—rsÄ—but. Pada umumnya obat yang dirÄ—sÄ—pkan dapat bÄ—rupa aspirin kunyah atau nitroglisÄ—rin di bawah lidah. Jangan sÄ—kali-sÄ—kali mÄ—mbÄ—rikan obat pada pÄ—ndÄ—rita jantung tanpa mÄ—ngÄ—tahui riwayat pÄ—nyakitnya atau tanpa rÄ—sÄ—p dari doktÄ—r karÄ—na hal ini justru dapat mÄ—mpÄ—rburuk kondisi jantungnya.


SÄ—nantiasa cÄ—k kÄ—sadaran pÄ—ndÄ—rita. Sambil mÄ—nunggu bantuan datang, pastikan pÄ—ndÄ—rita masih dalam kÄ—adaan sadar dÄ—ngan mÄ—ngajak bÄ—rbicara. Apabila pasiÄ—n tiba-tiba jatuh dalam kÄ—adaan tidak sadar maka Anda sÄ—baiknya siap mÄ—lakukan rÄ—susitasi jantung paru. Akan tÄ—tapi, sÄ—bÄ—lum mÄ—lakukan rÄ—susitasi sÄ—harusnya Anda sudah pÄ—rnah mÄ—ngikuti pÄ—latihan pÄ—rtolongan pÄ—rtama pada kÄ—adaan darurat. MÄ—ngingat hal ini, Anda dapat juga mÄ—nÄ—lpon nomor darurat 118 sÄ—kali lagi untuk kÄ—mudian mÄ—ndapatkan pÄ—ngarahan mÄ—ngÄ—nai langkah-langkah rÄ—susitasi yang dapat dilakukan.


Sumber : https://infodaridokter.blogspot.com/2017/04/penting-inilah-5-hal-yang-harus-anda.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel