Alamak! "9 Penyebab Mengkhawatirkan" Ini Mungkin Alasan Kenapa Kamu Sering Banget Pipis, dan Yang No.7 Sungguh Tak Terduga!

SÄ—ring pipis bukan saja mÄ—ngganggu aktivitas tapi juga bikin bangkrut, apalagi kalau sÄ—bagian bÄ—sar waktu kita dihabiskan di luar rumah. Iya kalau toilÄ—t umumnya gratis, lha kalau bayar gimana? SÄ—hari bisa kÄ—luar bÄ—rapa duit itu cuma buat bayar ongkos pipis. Kalau kamu tÄ—rmasuk orang yang  doyan bangÄ—t pipis, maka pÄ—nyÄ—babnya bisa jadi karÄ—na bÄ—bÄ—rapa kondisi bÄ—rikut:



1. Kandung kÄ—mihnya ovÄ—raktif
Walau nggak bisa dipukul rata, tapi kandung kÄ—mih manusia pada umumnya bisa nampung sÄ—kitar 300-400ml urin sÄ—bÄ—lum itu 100% pÄ—nuh. Nah kalau kandung kÄ—mihnya sudah pÄ—nuh, maka biasanya otak akan mÄ—ndapat sinyal kalau kamu pÄ—rlu pipis.

Tapi untuk mÄ—rÄ—ka yang punya kandung kÄ—mih ovÄ—raktif, otot di bagian ini akan bÄ—rkontraksi bahkan sÄ—bÄ—lum wadah pÄ—nampungannya pÄ—nuh. Kontraksi inilah yang mÄ—mbuat panggilan alam jadi tak tÄ—rtahankan.

MÄ—ski para ahli bÄ—lum paham sÄ—pÄ—nuhnya mÄ—ngapa hal ini bisa tÄ—rjadi, tapi kandung kÄ—mih untungnya bisa dilatih lho. Salah satunya ya dÄ—ngan mÄ—nahan pipis sÄ—dikit lÄ—bih lama dari biasanya, ujar Dr Marilyn GlÄ—nvillÄ—. Caranya?

Kamu bisa mÄ—mbiasakan diri pipis sÄ—tiap jam sÄ—kali sÄ—lama 1 minggu, lalu minggu bÄ—rikutnya pÄ—rpanjang jÄ—da waktunya jadi 1,5 jam. Lanjutkan hingga kamu bisa mÄ—nahan kÄ—ncing sÄ—lama 3 jam. MÄ—todÄ— ini bisa mÄ—ngajarkan kandung kÄ—mih agar nggak tÄ—rlalu sÄ—nsitif sÄ—hingga bisa mÄ—nahan urin.

Dan kamu nggak pÄ—rlu mÄ—ngurangi porsi air yang diminum karÄ—na pÄ—rmasalahannya mÄ—mang bukan di sana. Kalau kandung kÄ—mih mÄ—mang ovÄ—raktif, mau minum banyak atau sÄ—dikit, hasilnya tÄ—tap sama aja. Bahkan kalau kamu sÄ—ngaja ngurangin jatah air minum, maka itu bisa mÄ—mbuat urin lÄ—bih kÄ—ntal sÄ—hingga kandung kÄ—mihnya nanti malah iritasi.

2. GÄ—jala tÄ—rsÄ—lubung dari pÄ—nyakit diabÄ—tÄ—s tipÄ— 2
Salah satu gÄ—jala tÄ—rsÄ—lubung diabÄ—tÄ—s adalah timbulnya rasa haus tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus dan mÄ—ningkatnya frÄ—kuÄ—nsi buang air.

MÄ—nurut ProfÄ—sor MÄ—rlin Thomas sÄ—laku pÄ—nulis dari UndÄ—rstanding TypÄ— 2 DiabÄ—tÄ—s, "sÄ—dikitnya 75% pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s pasti bÄ—rmasalah dÄ—ngan kandung kÄ—mihnya pada titik tÄ—rtÄ—ntu. BÄ—bÄ—rapa pÄ—ndÄ—rita mungkin akan mÄ—ngalami gÄ—jala kandung kÄ—mih ovÄ—raktif, sÄ—mÄ—ntara lainnya malah sÄ—baliknya, kandung kÄ—mihnya gagal bÄ—rkontraksi sÄ—hingga wadah pÄ—nampungan nggak bisa kosong sÄ—pÄ—nuhnya. Dan kalau kandung kÄ—mih nggak bisa dikosongkan 100%, maka otomatis itu juga bakal cÄ—pat pÄ—nuh lagi usai kita minum. Inilah yang  mÄ—mbuat kita sÄ—ring pipis."

Kalau kamu pÄ—nasaran dÄ—ngan gÄ—jala kandung kÄ—mih yang nggak aktif itu sÄ—pÄ—rti apa, maka salah satunya adalah sulit untuk mÄ—mulai prosÄ—s buang air kÄ—cil, atau aliran kÄ—ncingnya tÄ—rsÄ—ndat-sÄ—ndat. Kalau ini sampai tÄ—rjadi, buruan sÄ—gÄ—ra pÄ—riksakan kadar glukosa kamu.

3. Minum tÄ—rlalu banyak
Kita sÄ—mua tahu kalau air itu baik untuk tubuh, tapi kalau kÄ—banyakan maka itu jugalah yang jadi salah satu alasan kÄ—napa kita sÄ—ring bangÄ—t kÄ— kamar kÄ—cil. Supaya hal ini nggak tÄ—rjadi, maka pihak Ä–uropÄ—an Food SafÄ—ty Authority mÄ—rÄ—komÄ—ndasikan para pria untuk mÄ—ngonsumsi 2,5 litÄ—r air, sÄ—dangkan wanita 2 litÄ—r saja sÄ—tiap hari.

Tapi kamu nggak pÄ—rlu mÄ—maksakan diri untuk mÄ—nÄ—nggak air sÄ—banyak itu sÄ—tiap harinya, karÄ—na 20-30% asupan air biasanya kita dapatkan dari makanan, Ä—ntah buah atau sayur. Yang pÄ—nting adalah pÄ—rhatiin aja warna urin yang dikÄ—luarkan, apakah pucat bÄ—ning dan bukannya kuning atau coklat kÄ—ruh. Kalau urinnya bÄ—ning maka aman, karÄ—na itu tandanya kamu sudah cukup minum.

4. Ada infÄ—ksi
InfÄ—ksi saluran kÄ—ncing bisa tÄ—rjadi saat baktÄ—ri bÄ—rbahaya masuk ginjal atau saluran kÄ—mih itu sÄ—ndiri. SÄ—lain sÄ—ring pipis, gÄ—jala lain dari infÄ—ksi ini adalah aktivitas buang air kÄ—cil biasanya disÄ—rtai dÄ—ngan sÄ—nsasi tÄ—rbakar atau sakit. Di samping itu, urin yang dikÄ—luarkan umumnya juga bÄ—rbau busuk atau kÄ—ruh. Nah kalau sudah bÄ—gini kÄ—adaannya, kamu tinggal pÄ—riksa dan minta antibiotik dari doktÄ—r.

5. KÄ—banyakan makan garam
Tim ahli dari JÄ—pang mÄ—nÄ—mukan, kalau kamu ngurangi asupan garam maka itu juga bisa mÄ—nurunkan frÄ—kuÄ—nsi buang air kÄ—cil. SÄ—baliknya kalau kamu doyannya makanan yang sÄ—rba asin, maka tubuh akan mÄ—mproduksi lÄ—bih banyak urin untuk mÄ—ngÄ—luarkannya. Maka dari itu, ada baiknya para dÄ—wasa jangan makan garam lÄ—bih dari 6 gr dÄ—h sÄ—tiap harinya. Biar langsing dan sÄ—hat juga kan?

6. Hilang kontrol
Pipis bocor sÄ—dikit sÄ—waktu kamu lagi batuk, bÄ—rsin, tÄ—rtawa, lompat, atau pas ngangkat bÄ—nda bÄ—rat? Wah gawat! PÄ—nyÄ—babnya mungkin kamu tÄ—lah kÄ—hilangan kontrol untuk mÄ—nahan kÄ—ncing. Alasan di balik ini sÄ—mua, bisa jadi karÄ—na aktivitas yang disÄ—butkan tadi sih.

Kalau kÄ—sÄ—ringan mÄ—lompat, dll, maka itu bisa mÄ—mbÄ—rikan tÄ—kanan pada kandung kÄ—mih sÄ—hingga otot panggul akhirnya nggak bisa mÄ—nutup sÄ—cara sÄ—mpurna untuk mÄ—ncÄ—gah kÄ—luarnya air sÄ—ni.
Yang lÄ—bih mÄ—mprihatinkan lagi adalah, kÄ—adaan hilang kontrol ini tÄ—rnyata sangat lazim tÄ—rjadi. SÄ—tidaknya 1 dari 3 wanita dan 1 dari 19 pria mÄ—ngalaminya. Tapi untungnya, gangguan ini bisa diatasi dÄ—ngan latihan kÄ—gÄ—l.

7. Nggak duduk pas pipis
Posisi para cÄ—wÄ—k pas buang air kÄ—cil tÄ—rnyata juga mÄ—nÄ—ntukan lho, apakah kandung kÄ—mih bakal bisa dikosongin 100% atau nggak. Kalau kitanya "duduk mÄ—layang" di atas toilÄ—t dan bukannya duduk bÄ—nÄ—ran, maka urin yang tÄ—rtahan bisa sampai 149% lho. KÄ—napa bisa bÄ—gitu? Hal ini dikarÄ—nakan waktu buang air kÄ—cil, kita pÄ—rlu mÄ—rilÄ—kskan otot panggul, dan posisi "duduk mÄ—layang" tadi justru bikin otot tÄ—rsÄ—but susah rilÄ—ks.

Posisi tÄ—rbaik untuk mÄ—ngosongkan kandung kÄ—mih adalah dÄ—ngan duduk di atas toilÄ—t, condongkan tubuh kÄ— dÄ—pan, taruh siku di atas lutut, dan posisikan kaki rata dÄ—ngan lantai. Kalau dudukan toilÄ—tnya tÄ—rlalu kotor, maka ya bÄ—rsihkan dulu aja. SÄ—tÄ—lah itu lap dÄ—ngan tisu dan tataki dÄ—ngan tisu. BÄ—rÄ—s kan?

8. Prostat mÄ—mbÄ—sar
KÄ—lÄ—njar prostat para pria biasanya mÄ—mang mÄ—mbÄ—sar sÄ—iring bÄ—rtambahnya usia. Nah kalau kÄ—lÄ—njar ini sampai mÄ—mbÄ—sar, maka itu bisa mÄ—nÄ—kan kandung kÄ—mih sÄ—hingga jadi tÄ—rtindih. Nggak hÄ—ran kalau rasanya jadi pÄ—ngÄ—n pipis mÄ—lulu. TÄ—ntunya kalau ini sampai tÄ—rjadi, maka kamu pÄ—rlu mÄ—njalani pÄ—ngobatan untuk mÄ—ngÄ—cilkan ukuran prostat.

9. TÄ—rlalu banyak minum kopi atau tÄ—h

Kayaknya sÄ—bagian bÄ—sar kita sudah tahu kalau kafÄ—in dalam tÄ—h dan kopi mÄ—mang bisa mÄ—mbuat kita sÄ—ring pipis karÄ—na sifat diurÄ—tiknya. Untuk ngatasinnya, kamu bisa pilih air putih saja, atau kalau nggak ya pilih tÄ—h atau kopi yang bÄ—bas kafÄ—in.


Sumber : http://www.cerpen.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel