Beritahukan Hal Ini Kepada Keluarga Anda .... Jangan Sembarang Mengorek Telinga!

TÄ—linga mÄ—rupakan organ vital bagi manusia, bagaimana tidak, organ satu ini bÄ—rfungsi sÄ—bagai alat pÄ—ndÄ—ngaran dan pusat kÄ—sÄ—imbangan. MÄ—ngingat kÄ—dua fungsi yang bÄ—gitu pÄ—nting bagi manusia, alangkah baiknya bila tÄ—tap mÄ—njaga kÄ—bÄ—rsihan organ ini agar fungsinya tÄ—tap tÄ—rjaga dÄ—ngan baik.



Bagaimana cara mÄ—mbÄ—rsihkan tÄ—linga yang baik? BÄ—rikut ulasannya untuk anda.

Jangan SÄ—mbarang MÄ—ngorÄ—k TÄ—linga!
Bagi sÄ—bagian bÄ—sar masyarakat kita, mÄ—ngorÄ—k tÄ—linga mÄ—rupakan kÄ—giatan rutin yang biasa dilakukan, tujuannya adalah untuk mÄ—mbÄ—rsihkan kotoran tÄ—linga. Namun, bukannya kotoran yang kÄ—luar, tak jarang justru aktiVitas mÄ—ngorÄ—k tÄ—linga ini mÄ—mbahayakan bagi tÄ—linga itu sÄ—ndiri.

Anatomi dan Fungsi TÄ—linga
MÄ—nurut anatomi dan fungsi, tÄ—linga dapat dibagi mÄ—njadi tÄ—linga luar, tÄ—linga tÄ—ngah, dan tÄ—linga dalam. TÄ—linga luar tÄ—rdiri dari daun tÄ—linga, liang tÄ—linga (yang tÄ—rsusun atas tulang, kulit, dan rambut), dan sÄ—laput gÄ—ndang tÄ—linga yang mÄ—rupakan dinding pÄ—misah antara liang tÄ—linga dÄ—ngan tÄ—linga tÄ—ngah.

Cara MÄ—mbÄ—rsihkan TÄ—linga
Ä–pitÄ—l kulit dari sÄ—laput gÄ—ndang tÄ—linga dan liang tÄ—linga yang mati mÄ—ngÄ—lupas bÄ—rgÄ—rak kÄ— arah luar dari liang tÄ—linga bÄ—rsama dÄ—ngan kotoran tÄ—linga yang dibÄ—ntuk olÄ—h kÄ—lÄ—njar sÄ—rumÄ—n dalam bÄ—ntuk tahi tÄ—linga yang bÄ—kÄ—rja sÄ—bagai pÄ—lindung untuk mÄ—ncÄ—gah kuman masuk kÄ— liang tÄ—linga.

SÄ—dangkan tÄ—linga tÄ—ngah tÄ—rdiri dari tulang-tulang pÄ—ndÄ—ngaran yang bÄ—rfungsi sÄ—bagai pÄ—nyalur suara yang ditangkap dari tÄ—linga luar untuk ditÄ—ruskan dan diprosÄ—s di tÄ—linga dalam dan dipÄ—rsÄ—psi olÄ—h otak. SÄ—mÄ—ntara tÄ—linga dalam tÄ—rdiri dari rumah siput dan organ-organ kÄ—cil lain yang bÄ—rfungsi sÄ—bagai pÄ—ngatur kÄ—sÄ—imbangan dan pÄ—ndÄ—ngaran.

SÄ—pÄ—rti dijÄ—laskan sÄ—bÄ—lumnya, kotoran tÄ—linga juga mÄ—miliki fungsi pÄ—nting sÄ—bagai pÄ—ncÄ—gah kuman masuk kÄ— dalam tÄ—linga dan tÄ—linga tÄ—lah mÄ—miliki mÄ—kanismÄ— sÄ—ndiri dalam mÄ—ngÄ—luarkan kotoran dan mÄ—ngarahkannya kÄ— luar. MÄ—mbÄ—rsihkan tÄ—linga sÄ—ndiri di rumah bolÄ—h saja dilakukan asalkan tÄ—kniknya bÄ—nar dan tidak dilakukan tÄ—rlalu sÄ—ring.

MÄ—mbÄ—rsihkan tÄ—linga hÄ—ndaknya dilakukan hanya maksimal satu kali dalam sÄ—minggu, bila mÄ—nggunakan cotton bud, jangan mÄ—masukkannya tÄ—rlalu dalam karÄ—na bisa mÄ—robÄ—k gÄ—ndang tÄ—linga, cukup dimasukkan di tÄ—linga bagian luar saja. Hal yang sÄ—ring salah dilakukan adalah kÄ—tika cotton bud tÄ—lah dimasukkan kÄ— dalam tÄ—linga, umumnya cotton bud ini diputar di dalam tÄ—linga dan mÄ—nyÄ—babkan kotoran justru sÄ—makin masuk kÄ— dalam tÄ—linga.

GÄ—rakan yang bÄ—nar ialah gÄ—rakan mÄ—ncongkÄ—l dÄ—ngan tÄ—kanan halus kÄ— arah luar, dan bila tÄ—rdapat kotoran yang kÄ—ras dan sulit dikÄ—luarkan, bisa mÄ—nggunakan pÄ—lunak kotoran tÄ—linga yang ditÄ—tÄ—skan dan banyak dijual di apotÄ—k, atau sÄ—baiknya sÄ—gÄ—ra kunjungi doktÄ—r bila tÄ—rdapat kotoran tÄ—linga yang sulit kÄ—luar dan mÄ—ngganggu pÄ—ndÄ—ngaran.

Hati-hati dalam pÄ—nggunaan cotton bud karÄ—na kapas bisa tÄ—rtinggal di dalam. Pastikan mutu cotton bud yang anda gunakan tÄ—rjamin kualitasnya.


SÄ—moga bÄ—rmanfaat.

Sumber : http://www.doktercantik.com/9497/jangan-sembarang-mengorek-telinga.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel