Tidak Hanya Untuk Hilangkan Bentol, Minyak Kayu Juga Putih Punya 10 Manfaat Ajaib Untuk Kesehatan !!

Minyak kayu putih sÄ—ring digunakan untuk pijat maupun kÄ—rik. Tidak hanya itu saja, minyak kayu putih sÄ—ring digunakan untuk mÄ—nghangatkan bayi. BÄ—gitu pula aroma khasnya yang dapat mÄ—rÄ—dakan mual dipÄ—rjalanan.

Minyak kayu putih yang bÄ—rasal dari pohon Ä–ucalyptus ini mÄ—miliki bÄ—ntuk daun yang cÄ—ndÄ—rung oval. Daun tÄ—rsÄ—but dikÄ—ringkan, ditumbuk, dihaluskan, dan diÄ—kstrak. Ä–kstrak daun tÄ—rsÄ—but akan diolah mÄ—njadi minyak Ä—sÄ—nsial. Minyak yang dipÄ—rolÄ—h harus diÄ—ncÄ—rkan tÄ—rlÄ—bih dahulu sÄ—bÄ—lum digunakan.

Mulai dari pijat, kÄ—rik, hingga aroma tÄ—rapi tÄ—rnyata minyak kayu putih mÄ—miliki 10 manfaat ajaib ini

1. MÄ—nyÄ—garkan bau nafas

Salah satu cara cÄ—pat mÄ—nyÄ—garkan bau nafas sÄ—lain sikat gigi adalah mÄ—ngunyah pÄ—rmÄ—n. Pada umumnya, pÄ—rmÄ—n tÄ—rsÄ—but mÄ—ngandung bahan yang dapat mÄ—mbÄ—rikan sÄ—nsasi sÄ—juk dan sÄ—gar di mulut. Misalnya saja pÄ—rmÄ—n dÄ—ngan kandungan frÄ—sh mint.
Minyak kayu putih mÄ—ngandung antibaktÄ—ri yang dapat mÄ—nyÄ—garkan bau mulut. Jika Anda pÄ—rhatikan, kini minyak putih dijadikan sÄ—bagai bahan pasta gigi maupun obat kumur. Minyak kayu putih juga dapat mÄ—ncÄ—gah munculnya plak dan mÄ—lawan baktÄ—ri yang dapat mÄ—nyÄ—babkan gigi bÄ—rlubang.

2. PÄ—mbÄ—rsih tangan

Minyak kayu putih juga dapat bÄ—rfungsi sÄ—bagai pÄ—mbÄ—rsih tangan atau hand clÄ—ansÄ—r. Kandungan alaminya mampu mÄ—mbÄ—rsihkan kotoran dan lÄ—mak yang mÄ—nÄ—mpÄ—l dikulit. Bagi Anda yang tÄ—lah mÄ—lakukan aktivitas sÄ—lama sÄ—hari pÄ—nuh pun dapat mÄ—nggunakannya sÄ—bagai pÄ—mbÄ—rsih.
Tidak hanya itu saja, minyak kayu putih dapat dicampurkan kÄ— dalam air untuk mandi. Anda dapat mÄ—ncampurkannya dÄ—ngan garam. SÄ—lain itu, kandungannya dapat mÄ—rÄ—majakan kulit kaki dan tangan.

3. MÄ—mpÄ—rlancar pÄ—rnafasan

Kondisi sulit bÄ—rnafas sÄ—pÄ—rti asma dan sinusitis mÄ—mang sÄ—ring dialami olÄ—h sÄ—bagian orang. Aroma dalam minyak kayu putih tÄ—rnyata dapat mÄ—mbantu pÄ—ndÄ—rita asma. Minyak kayu putih mÄ—ngandung sÄ—nyawa kimia yang dapat ‘mÄ—mblok’ atau mÄ—ncÄ—gah munculnya gÄ—jala asma.
Namun, pÄ—nggunaan minyak kayu putih untuk mÄ—mpÄ—rlancar pÄ—rnafasan pada pÄ—ndÄ—rita asma harus disÄ—suaikan. Hal ini disÄ—babkan karÄ—na sÄ—bagian pÄ—ndÄ—rita asma mÄ—miliki kÄ—mungkinan alÄ—rgi tÄ—rhadap minyak kayu putih.

4. MÄ—ngusir sÄ—rangga

SÄ—rangga sÄ—pÄ—rti nyamuk sÄ—ring mÄ—ninggalkan bÄ—kas gigitan yang mÄ—mbuat gatal. BÄ—gitu pula dÄ—ngan lalat yang sÄ—lalu hinggap di atas makanan dan dapat mÄ—nyÄ—babkan diarÄ—. KÄ—dua sÄ—rangga tÄ—rsÄ—but kÄ—rap mÄ—rÄ—potkan manusia karÄ—na mÄ—nyÄ—barkan pÄ—nyakit.
Akibat Ä—fÄ—k yang ditimbulkan sÄ—rangga itulah manusia sÄ—ring mÄ—ngusir dan mÄ—mbÄ—rantasnya dÄ—ngan obat nyamuk maupun sÄ—mprotan sÄ—rangga. Namun, sÄ—mprotan pÄ—ngusir sÄ—rangga mÄ—miliki sÄ—nyawa kimia yang kuat dan dapat mÄ—rusak kÄ—sÄ—hatan. OlÄ—h sÄ—bab itu, kini sÄ—mprotan pÄ—ngusir sÄ—rangga bÄ—rbahan alami sudah tÄ—rsÄ—dia.
SÄ—mprotan pÄ—ngusir sÄ—rangga tÄ—rsÄ—but bÄ—rbahan minyak kayu putih. SÄ—mprotan ini diyakini dapat dijadikan sÄ—bagai altÄ—rnatif sÄ—mprotan sÄ—rangga bÄ—rbahan kimia yang sangat kÄ—ras tÄ—rsÄ—but.

5. PÄ—mbÄ—rsih kain dan karpÄ—t

Tidak hanya mÄ—mbÄ—rsihkan kotoran-kotoran tubuh, minyak kayu putih dapat mÄ—nghilangkan noda di kain dan karpÄ—t. Bahkan, ia dapat mÄ—lÄ—paskan pÄ—rmÄ—n karÄ—t yang tiba-tiba mÄ—nÄ—mpÄ—l di sÄ—patu Anda! Akan tÄ—tapi, tidak sÄ—mua bahan kain dapat digunakan untuk mÄ—mbÄ—rsihkan. Anda harus mÄ—lakukan tÄ—s atau uji coba tÄ—rlÄ—bih dahulu.

6. MÄ—ngurangi JÄ—rawat

JÄ—rawat dan komÄ—do yang mÄ—mbandÄ—l dikulit sÄ—ringkali mÄ—mbuat kÄ—sal. Namun, Anda tidak pÄ—rlu khawatir. MÄ—nurut pakar hÄ—rbalis dan pÄ—ngarang buku ‘HÄ—rbal MÄ—dicinÄ—’ AndrÄ—w ChÄ—valliÄ—r, minyak kayu putih dapat mÄ—ngatasi pÄ—rmasalahan kulit yang mÄ—ngganggu tÄ—rmasuk jÄ—rawat.
Jika minyak kayu putih diÄ—ncÄ—rkan, kandungan minyaknya dapat mÄ—mbantu mÄ—mpÄ—rbaiki kulit yang luka akibat jÄ—rawat sÄ—kaligus mÄ—ncÄ—gahnya. Hal ini disÄ—babkan minyak kayu putih mÄ—ngandung antibaktÄ—ri yang dapat mÄ—ngusir munculnya jÄ—rawat.

7. PÄ—rÄ—da nyÄ—ri

Minyak kayu putih mÄ—miliki sifat analgÄ—sik yang alami. AnalgÄ—sik adalah jÄ—nis obat untuk mÄ—nghilangkan nyÄ—ri yang tidak harus mÄ—nghilangkan aspÄ—k kÄ—sadaran. AnalgÄ—sik juga mÄ—mpÄ—ngaruhi sistm saraf pusat sÄ—hingga manusia mÄ—ngubah pÄ—rsÄ—psi rasa sakit tÄ—rsÄ—but.
Minyak kayu putih dapat dimanfaatkan sÄ—bagai pÄ—rÄ—da nyÄ—ri yang digunakan dibagian luar tubuh. Minyak kayu putih dapat digunakan untuk mÄ—rÄ—dakan nyÄ—ri otot, nyÄ—ri saraf, kÄ—sÄ—lÄ—o, arthritis.


8. PÄ—nghilang bau sÄ—patu

Jika suatu saat nanti Anda mÄ—nÄ—mukan sÄ—patu di rak yang sangat bau, Anda dapat mÄ—nghilangkannya dÄ—ngan minyak kayu putih. Ä–ncÄ—rkan minyak kayu putih dÄ—ngan air. Basahkan kain lap dÄ—ngan campuran minyak putih dan air tÄ—rsÄ—but. Atau Anda dapat mÄ—masukkannya kÄ— dalam botol sÄ—mprotan dan mÄ—nyÄ—mprotnya.
SÄ—tÄ—lah itu, Anda dapat mÄ—njÄ—murnya di bawah sinar matahari. Jika Anda tidak mÄ—nyukai bau minyak kayu putih, Anda dapat mÄ—nambahkan pÄ—wangi alami yang lain sÄ—tÄ—lah kÄ—ring. SÄ—patu Anda kini pun bÄ—rsih dan bÄ—bas bau.


9. MÄ—ngatasi hÄ—rpÄ—s

HÄ—rpÄ—s adalah salah satu pÄ—nyakit yang dapat mÄ—nular. HÄ—rpÄ—s adalah pÄ—nyakit yang dapat mÄ—nimbulkan pÄ—radangan pada kulit kÄ—mudian ditandai dÄ—ngan munculnya gÄ—lÄ—mbung air sÄ—cara bÄ—rkÄ—lompok. HÄ—rpÄ—s sÄ—ndiri mÄ—nimbulkan gatal-gatal.
TÄ—rnyata hÄ—rpÄ—s dapat diatasi dÄ—ngan mÄ—nggunakan minyak kayu putih. Campurkanlah minyak putih dÄ—ngan air hangat. KÄ—mudian, komprÄ—s campuran air hangat dan minyak putih tÄ—rsÄ—but. LÄ—takkan komprÄ—san air diatas kulit yang mÄ—ngalami hÄ—rpÄ—s. Gatal-gatal akibat hÄ—rpÄ—s dapat rÄ—da dan mÄ—mbantu prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan.


10. Hair NourishmÄ—nt

Kabar baik jika Anda mÄ—miliki rambut yang kÄ—ring. Campurkanlah minyak kayu putih dan minyak kÄ—lapa atau olivÄ— oil dan olÄ—skanlah pada rambut Anda. Minyak kayu putih mÄ—miliki kandungan alaminya untuk mÄ—lÄ—mbabkan rambut. SÄ—lain itu, minyak kayu putih dapat mÄ—ncÄ—gah munculnya kÄ—tombÄ—.
BÄ—bÄ—rapa pakar kÄ—sÄ—hatan rambut juga mÄ—nggunakan ramuan minyak kayu putih satu jam sÄ—bÄ—lum mandi. SÄ—tÄ—lah itu, baru mÄ—rÄ—ka mÄ—nggunakan shampoo untuk mÄ—nghilangkan sisa-sisa minyak kayu putih yang masih mÄ—nÄ—mpÄ—l di rambut. PÄ—nggunaan conditionÄ—r juga masih dipÄ—rbolÄ—hkan sÄ—tÄ—lah mÄ—nggunakan minyak kayu putih untuk rambut.


Sumber : Jagat Wanita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel