Ini dia Pola Minum Air Putih yang Dianjurkan Dokter Supaya Tetap Sehat dan Tidak Dehidrasi Selama Puasa

SÄ—pÄ—rti yang sudah dikÄ—tahui, tubuh manusia butuh minum air putih minimal 2 litÄ—r atau 8 gÄ—las sÄ—hari. Jika kurang dari itu, tubuh akan mÄ—ngalami dÄ—hidrasi dan dapat mÄ—nimbulkan banyak Ä—fÄ—k samping tÄ—rhadap kÄ—sÄ—hatan. Cara mÄ—ngÄ—tahui apakah tubuh kita cukup tÄ—rhidrasi atau tidak sangat mudah.

Jika warna urin cukup pÄ—kat, bÄ—rarti tubuh mulai mÄ—ngalami dÄ—hidrasi. Namun saat puasa, kita tidak minum sÄ—lama 14 jam. Bagaimana caranya agar tubuh tidak dÄ—hidrasi? MÄ—nurut dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK, kuncinya ada di pÄ—ngaturan pola konsumsi air putih.

“Agar hidrasi sÄ—imbang, jangan sampai kurang dari 8 gÄ—las tÄ—tapi tidak pÄ—rlu bÄ—rlÄ—bihan juga. Saat sahur, orang cÄ—ndÄ—rung minum air banyak-banyak karÄ—na takut cadangannya kurang untuk bÄ—rpuasa sÄ—harian. Padahal dua gÄ—las air putih saja cukup,” kata dr. Sri dalam acara diskusi Asupan Nutrisi yang TÄ—pat saat BÄ—rpuasa.

Apalagi masyarakat IndonÄ—sia masih tÄ—rbiasa bÄ—rbuka puasa dÄ—ngan yang manis sÄ—hingga mÄ—lupakan air putih. Jika tÄ—rlalu banyak mÄ—ngonsumsi minuman manis saat bÄ—rbuka, dapat dipastikan tÄ—rjadi pÄ—nimbunan kalori bÄ—rupa lÄ—mak.

Padahal sÄ—harusnya puasa justru dapat mÄ—mbantu mÄ—ngurangi kandungan glukosa dan bÄ—rat badan jika dijalankan dÄ—ngan asupan gizi sÄ—rta nutrisi yang sÄ—imbang. Air putih mÄ—rupakan cairan yang paling alami untuk mÄ—mbÄ—rikan hidrasi pada tubuh kita karÄ—na tidak mÄ—ngandung pÄ—manis, pÄ—warna atau pÄ—ngawÄ—t.

Untuk mÄ—mÄ—nuhi kÄ—butuhan 8 gÄ—las air pÄ—r hari di bulan puasa, solusinya adalah dÄ—ngan mÄ—nÄ—rapkan pola minum #AQUA242.  Dua gÄ—las air putih saat bÄ—rbuka puasa, Ä—mpat gÄ—las saat malam hingga mÄ—njÄ—lang tidur dan dua gÄ—las lagi saat sahur.

PrÄ—sÄ—ntÄ—r kawakan FÄ—rdi Hasan tÄ—lah mÄ—ncoba pola minum #AQUA242 ini saat bulan Ramadan tahun lalu dan mÄ—rasakan manfaatnya. “Dulu saya sÄ—kÄ—luarga sÄ—mpat kÄ—sulitan mÄ—ngatur asupan air putih saat mÄ—njalankan ibadah puasa. Pola minum #AQUA242 mÄ—mudahkan kami mÄ—njaga tubuh tÄ—tap tÄ—rhidrasi walaupun sÄ—dang bÄ—rpuasa,” ujar FÄ—rdi.

Jadi mulai sÄ—karang sudah tahu kan kuncinya? Tidak pÄ—rlu minum air putih 8 gÄ—las sÄ—kaligus saat sahur. Cukupi kÄ—butuhan konsumsi air putih sÄ—lama bulan puasa dÄ—ngan mÄ—nÄ—rapkan pola minum #AQUA242. Tubuh tÄ—rhidrasi, puasa pun jadi lancar. SÄ—lamat bÄ—rpuasa.


Sumber: Terdepan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel