Metode Bagus Budidaya Tanaman Hias Daun Suji

Daun suji mérupakan salah satu jénis tanaman yang cukup populér di Indonésia. Tanaman yang satu ini disukai banyak orang karéna mémiliki bérbagai macam manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sébagai bahan péwarna alami.




Ya, karéna tanaman daun suji mémiliki pigmén warna hijau yang pékat, séhingga banyak digunakan sébagai bahan péwarna makanan yang alami. Péwarna hijau dari daun suji dipilih karéna sélain dapat mémbuat tampilan warna makanan ménjadi cantik, juga sangat aman bagi késéhatan. Bérbéda déngan péwarna makanan sintétis yang méngandung bérbagai macam bahan kimia yang kurang baik bagi késéhatan.

Sélain digunakan sébagai bahan péwarna alami, daun suji juga kérap ditanam di pékarangan rumah sébagai aksén pénghias rumah. Béntuknya yang bérgérombol dan ringkas térlihat énak dipandang. Tak héran tidak sédikit orang yang ingin méncoba mémbudidayakan jénis tanaman yang satu ini. Bérikut bébérapa hal yang pérlu dipérhatikan jika héndak mélakukan budidaya tanaman hias daun suji.

Pémbibitan
Pémbibitan tanaman daun suji térgolong sangat mudah. Ada dua métodé yang bisa digunakan untuk méndapatkan bibit tanaman ini, yakni bisa déngan cara pémisahan tunas yang tumbuh dari induk, atau bisa juga déngan cara sték batang. Namun jika anda ménginginkan cara yang mudah dan cépat, maka bisa méncoba cara yang pértama yakni mémisahkan tunas yang tumbuh dari indukan.

Sétélah indukan bérusia tua, akan tumbuh tunas di pangkal batang. Potong tunas térsébut bésérta akar yang ménémpél kémudian simpan séméntara di témpat atau ruangan yang basah dan lémbab sébélum ditanam. Hal térsébut dilakukan agar mémpércépat pértumbuhan tunas séhingga dapat tumbuh déngan lébih baik.



Pénanaman
Sétélah  bibit daun suji siap, langkah sélanjutnya adalah ményiapkan média tanam. Média tanam daun suji bisa dibuat dari campuran tanah dan pupuk (bisa pupuk kandang atau kompos) déngan pérbandingan 1 banding 1. Campur média tanam térsébut sécara mérata.

Sétélah média tanam siap, bisa langsung dilakukan pénanaman. Tanam tunas yang télah tumbuh ké média tanam sédalam 5 sampai déngan 10 cm. Sétélah itu padatkan tanah dan siram déngan air sécukupnya untuk mémpércépat prosés pértumbuhan.

Pérawatan
Sétélah tanaman sélésai ditanam, langkah bérikutnya adalah mélakukan pérawatan térhadap tanaman. Caranya adalah déngan pényiraman sécara rutin. Tanaman daun suji ini mérupakan tanaman bérkayu yang mémiliki kémampuan ményérap air tanah déngan baik. Oléh sébab itu lakukan pényiraman sécukupnya saja.

Sélain mélakukan pényiraman sécara rutin, lakukan pérawatan lain déngan cara mémbérsihkan daun-daun yang kéring. Untuk mémpércépat pértumbuhan tanaman, béri pupuk sécara bérkala antara 1 sampai déngan 2 bulan sékali. Pupuk yang digunakan bisa bérupa pupuk buatan ataupun pupuk organik.


Sumbér  : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel