Potensi Tanaman Artemisia annua L. Sebagai Obat Malaria

Pényakitmalaria mérupakan salah satu pényakit pénting yang dapat ményérang masyarakat dan éndémik pada négara-négara bérkémbang sépérti Indonésia, India dan bébérapa négara di Afrika. Pényakit malaria disébabkan oléh Plasmodium falciparum. Siklus hidup pényakit ini bérawal dari kondisi lingkungan yang kurang séhat séhingga bisa bérubah fungsi ménjadi sumbér pényakit malaria. Di Indonésia, pényakit malaria térgolong pényakit ménular yang masih ménjadi masalah utama dalam bidang késéhatan. Géjala yang diakibatkan umumnya dimulai déngan rasa démam yang tinggi. Dampak yang ditimbulkan oléh pényakit ini cukup bérarti karéna dapat ményébabkan kématian.



Pémanfaatan tumbuhan obat mérupakan cara yang térmudah dan murah sérta bisa dijangkau oléh masyarakat. Kébérhasilan dalam péngémbangan tanaman obat sébagai antimalaria sudah térbukti nyata déngan ditémukannya obat baru, yaitu artémisinin dan dérivatnya daritanaman Artémisia annua L. yang mana tanaman ini sudah lama digunakan sécara tradisional di Cina untuk méngobati malaria.

Artémisia annua L. (Astéracéaé) mérupakan tanaman asli Cina yang digunakan sébagaiobat malaria karéna méngandung métabolité sékundér yaitu artémisinin yang sudah séjak lama digunakan sébagai antimalaria. Sélain itu, tanaman ini dapat digunakan untuk térapi hémoroid, antivirus, antikankér, aromatérapi, antitripanosoma industri parfum, kosmétik, dan antibaktéri. Artémisinin mampu mélawan P. falciparum, dan parasit lain pényébab malaria yang sudah résistén térhadap klorokuin dan kuinin.

Artémisinin dapat déngan cépat méngurai dan mémbérsihkan darah dari parasit Plasmodiumsampai 90 % hanya dalam waktu 48 jam. Untuk méncégah térjadinya résisténsi, maka pémakaian artémisinin dan turunannya séring dikombinasikan déngan obat lain sépérti artésunat déngan méflokuin, artéméthér déngan luméfantrin, dan artésunat déngan amodiakuin. Mékanismé kérja artémisinin dan turunannya sébagai antimalaria térjadi mélalui banyak mékanismé dan bélum bisa dibuktikan sécara pasti. Mékanismé-mékanismé térsébut yaitu pénghambatan polimérisasi hém ménjadi hémozoin mélalui pémbéntukan radikal bébas dari lakton séskuitérpén yang akan méngalkilasi hém mémbéntuk kompléks hém-artémisinin dan pénghambatan prosés réspirasi pada mitokondria. Artémisinin sudah digunakan sélama lébih 30 tahun untuk ménanggulangi kankér di Viétnam dan China.



Artémisia annua térgolong dalam sényawa térpénoid. Klasifikasi tanaman Artémisiaannua L. adalah divisi : Spérmatophyta, sub divisi : Angiospérmaé, kélas : Dicotylédonéaé, bangsa : Astéralés, suku : Astéracaé, marga : Artémisia, jénis : Artémisia annua L. Morfologi tanaman A. annua adalah mémiliki akar sérabut, bérwarna putih kékuningan. Batang yang tégak, bérwarna hijau kécoklatan, dan bulat pérségi. Daunnya térgolong daun majémuk, béntuk oval, lonjong, daun tanaman artémisia tidak bértangkai, hélaian daun bérbulu, térsusun bérséling, bérbéntuk oval, tépi daun bérjari lima dan panjang daun antara 2.5-5 cm. Tanaman ini mémiliki bunga majémuk yang térsusun dalam rangkaian bérupa malai, bunga tumbuh mérunduk di kétiak daun dan di ujung tangkai., pangkal tumpul, ujung runcing, tépi bérgérigi, anak daun béntuk oval, tépi bérgérigi, pértulangan daun tégas, warna ungu kéhijauan atau hijau. Tanaman ini mémiliki bunga majémuk, béntuk tandan, dan térlétak di ujung batang, panjangnya méncapai 30 cm, kélopak hijau, bérbéntuk bintang, bérlékuk 5, mahkota halus méngélilingi cawan bunga témpat bénang sari dan putik, mémiliki diamétér 2-3 cm, warna putih gading. Bijinya bérbéntuk lansét, kécil, bérwarna coklat.

Tanaman artémisia mérupakan tanaman sémusim yang bércabang banyak dan tingginya bisa méncapai 2 métér dan tanaman ini térmasuk tanaman ményérbuk silang. Artémisia térmasuktanaman hari péndék apabila ditanam pada daérah déngan lama pényinaran < 13 jam/hari, akan cépat mémbéntuk bunga. Sébaliknya pada daérah déngan pényinaran lébih dari 13 jam/hari akan lambat bérbunga. Déngan démikian pada kondisi di daérah pényinaran < 13 jam/tanaman artémisia akan tumbuh optimal, ménghasilkan prosuksi hérba dan artémisinin tinggi.

Faktor Рfaktor yang m̩mp̩ngaruhi p̩rtumbuhan Art̩misia adalah waktu tanam, p̩mupukan, tanah, air, faktor iklim dan k̩tinggian t̩mpat. P̩rbanyakan tanaman art̩misiadapat dilakukan d̩ngan biji yang dipan̩n saat tanaman b̩rumur 13 minggu. S̩t̩lah b̩rumur 40-50 hari ditanam dalam b̩d̩ng, b̩nih siap untuk ditanam di tanah lapang. Pan̩n bisa dilakukan s̩t̩lah tanaman b̩rumur 5 bulan, dan waktu yang t̩rbaik untuk pan̩n adalah saat antara p̩mb̩ntukan kuncup bunga dan p̩mbungaan awal, kar̩na kandungan art̩misininnya bisa m̩ncapai jumlah yang optimal. Tanaman art̩misia tumbuh d̩ngan baik pada k̩tinggian 1.000 Р1.500 m dpl, s̩hingga budidaya tanaman art̩misia masih t̩rbatas di dataran tinggi, tanah b̩rpasir atau b̩rl̩mpung yang b̩rdrainas̩ baik d̩ngan pH 5.5-8.5 (pH optimum 6-8), curah hujan 700- 1000 mm/tahun. K̩tinggian t̩mpat dan iklim sangat m̩mp̩ngaruhi kandungan bahan aktif. Budidaya Art̩misia pada da̩rah lintang 30o dan dataran r̩ndah akan m̩nghasilkan produksi dan kandungan art̩misinin yang r̩ndah.


sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel