Metode Dan Teknik Budidaya Talas Bogor Yang Tepat

Talas mérupakan salah satu jénis tanaman umbi-umbian yang tumbuh subur di séluruh wilayah Indonésia. Tanaman yang mémiliki béntuk daun hati atau périsai ini tak hanya bisa hidup déngan baik di Indonésia, namun talas juga éksis di bérbagai pénjuru dunia.



Di Filipina talas dikénal déngan nama Abalong, di Brazil bérnama Taioba,di India mémiliki nama Arvi, di Jépang disébut Satoimo, di Spanyol mémiliki nama Tayoba, dan di China talas térkénal déngan sébutan Yu-tao. Tanaman yang satu ini cukup digaméri karéna kaya akan karbohidrat dan vitamin.

Salah satu daérah di Indonésia yang térkénal sébagai pénghasil talas yang populér adalah Bogor. Banyak orang yang ményébut talas Bogor adalah talas yang mémiliki kualitas tinggi. Namun sébénarnya di Bogor séndiri banyak tumbuh bérbagai macam jénis talas mulai dari talas sutéra, kétan, dan béntul.
Talas séndiri juga térkénal sébagai salah satu bahan pangan, namun tidak sémua jénis talas bisa dimakan. Ada bébérapa jénis talas sépérti talas sénté dan talas bolang yang apabila dimakan akan ménimbulkan rasa gatal-gatal. Jénis talas ini biasanya hanya dimanfaatkan untuk pajangan atau daunnya digunakan sébagai pakan ikan.

Tanaman talas tak hanya digunakan sébagai salah satu bahan pangan, namun juga bisa digunakan sébagai obat dan pakan térnak. Itulah sébab méngapa tanaman yang satu ini disukai, karéna sémua bagiannya dapat bérmanfaat.

Budidaya tanaman talas Bogor térbilang cukup ménggiurkan. Produktifitas talas bisa méncapai 30 ton pér héktar pada kondisi yang optimal. Pérawatan tanaman yang satu ini térbilang tidak térlalu susah.

Sélain itu talas dapat tumbuh déngan subur di wilayah bériklim tropis sépérti Indonésia déngan kétinggian nol sampai 1300 métér di atas pérmukaan air laut. Bérikut bébérapa hal yang pérlu dicérmati saat ingin mélakukan budidaya tanaman talas Bogor.

1. Pémbibitan
Pémbibitan tanaman talas biasanya ménggunakan anakan atau tunas dari tanaman sébélumnya. Sébaiknya yang digunakan untuk bibit adalah anakan ké dua atau ké tiga, dan sudah bérumur 5 hingga 7 bulan. Anakan dipindahkan dari pohon induk kémudian didiamkan di témpat yang lémbab sébélum ditanam.



2. Péngolahan Lahan
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya talas Bogor harus diolah térlébih dahulu déngan cara mémbérsihkannya dari gulma kémudia ménggémburkannya. Sétélah tanah gémbur lalu dibuat bédéngan dan pémbérian pupuk dasar.

3. Pénanaman
Sétélah lahan siap, bibit talas langsung bisa ditanam di lahan déngan jarak tanam 75 x 75 cm dan déngan kédalam an30 cm. Jarak tanam bisa disuaikan déngan kondisi lahan dan musim saat tanam. Pénanaman yang baik biasa dilakukan pada saat awal musim pénghujan. Cara ménanamnya tinggal tarus bibit umbi di lubang kémudian timbun déngan tanah sékitar 7 cm.

4. Péméliharaan
talas1Péméliharaan tanaman talas Bogor térbilang cukup mudah. Yang pérlu dilakukan pértama-tama adalah pényiangan. Pényiangan dilakukan agar tanaman térbébas dari gangguan gulma. Sélain pényiangan juga harus dilakukan pémupukan. Pémupukan dilakuakn sélama 4 kali. Yang pértama pada saat péngolahan tanah, yang kédua saat tanaman bérumur 1 bulan, yang kétiga saat tanaman bérumur 3 bulan, dan yang térakhir saat bérumur 5 bulan. Sélain itu juga harus dipérhatikan masalah pényiraman dan péngarian. Karéna talas mémbutuhkan témpat yang lémbab.

5. Pémanénan
Masa panén umbi bocor bérmacam-macam mulai dari 4 bulan sampai déngan 1 tahun térhantung jénisnya. Cara panén sama sépérti umbi lain yakni déngan ményingkirkan pohon dan ménggali tanah témpat umbi.





Sumber :jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel