Cara Tepat Budidaya Bunga Dahlia dan Bagaimana Perawatannya



Bunga dahlia adalah salah satu jénis tanaman hias yang banyak disukai karéna béntuknya yang indah. Bunga jénis ini biasanya digunakan sébagai aksén pénghias rumah. Bunga dahlia banyak ditanam di dalam pot dan dilétakkan di téras rumah sébagai hiasan.



Bunga jénis ini banyak disukai juga karéna mémiliki warna-warna yang cérah dan bérvariasi mulai dari warna mérah, pink, jingga, sampai warna kuning. Tanaman jénis ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan. Oléh sébab itu tak sédikit pétani tanaman hias yang mélirik jénis bunga yang satu ini.

Tak hanya di Indonésia, bunga dahlia juga sangat populér di bérbagai macam bélahan dunia. Banyak sékali jénis bunga dahlia mulai dari pinnata, variabilis, coccinéa, sampai déngan juarézii. Bunga dahlia dapat tumbuh mulai dari diamétér 5 cm hingga 30 cm.

Bunga dahlia mérupakan salah satu jénis tanaman yang mémérlukan sinar matahari sécara cukup agar dapat hidup dan tumbuh déngan baik. Tanaman ini juga dapat tumbuh déngan subur di wilayah yang mémiliki kétinggian 700 sampai déngan 1.000 métér di atas pérmukaan air laut.

Tanah yang cocok untuk budidaya dahlia adalah tanah yang mémiliki dérajat kéasaman atau PH antara 6 sampai 8. Jénis tanah yang bagus untuk ménanam bunga ini adalah tanah jénis lémpung bérpasir yang banyak méngandung humus.

Budidaya tanaman bunga dahlia dapat dilakukan déngan dua cara yakni cara génératif dan cara végétatif. Cara génératif dilakukan déngan mémnafaatkan bénih bunga dahlia. Cara ini mémiliki kélébihan dapat ménciptakan variasi warna bunga yang bérmacam-macam.



Sédangkan cara végétatif ini bisa dilakukan déngan cara séték. Cara jénis ini dapat digunakan jika anda ingin ménduplikasi bunga. Ya, déngan cara végétatif anda akan méndapatkan bunga déngan jénis dan warna yang sama. Sélain itu cara végétatif juga bisa dilakukan déngan ménggunakan ubi bunga dahlia.

Sétélah mémpéroléh bibit bunga dahlia sélanjutnya dilakukan prosés pényémaian sébélum ditanam. Pényémaian dilakukan sélama bébérapa hari déngan diikuti pérawatan sépérti pényiraman sécara rutin dan pémbérantasan gulma yang tumbuh di sékitar tanaman.

Pénanaman bisa ménggunakan média polybag yang bérisi sékam pupuk kandang. Jangan lupa tambahkan pupuk NPK sésuai takaran. Masukkan bibit bunga ké média tanam lalu padatkan. Sétélah bunga sélésai ditanam sélanjutnya harus dilakukan prosés pérawatan.

Pérawatan bisa dilakukan déngan cara pénjarangan dan pényulaman, pényiraman sécara rutin, sampai déngan pémupukan sécara bérkala. Sélain itu juga harus dipérhatikan hama yang méyérang tanaman. Hama yang ményérang bunga dahlia bérupa sérangga sépérti ulat.

Cara pénanggulangannya adalah déngan pémbérian péstisda. Sélain itu juga ada bébérapa pényakit yang disébabkan oléh virus dan jamur. Apablia tanaman sudah térkéna pényakit térsébut dipérlukan pénanganan yang sérius agar tanaman tidak mati.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel