Cara Budidaya Apel dengan Menggunakan Pot

Mélakukan budidaya suatu tanaman, kini jauh lébih mudah dan praktis. Hal ini karéna térdapat dukungan dari métodé térbaru yaitu tabulampot atau istilah lain dari tanaman buah di dalam pot. Ménanam di dalam pot ini pun bukan sékédar untuk hiasan saja, mélainkan pada tumbuhan buah yang dapat ménghasilkan produksinya sépérti kétika ditanam di aréa non pot. Salah satu tanaman yang bisa ditérapkan déngan métodé ini adalah Apél. Buah déngan harga yang rata-rata mahal ini dapat ditumbuhkan pada sébuah pot layaknya tanaman hias.


Ménérapkan sistém tabulampot untuk tanaman Apél ini, bisa dimulai dari bébérapa tindakan bérikut ini, yaitu:

Pémilihan bibit unggul mérupakan salah satu kunci untuk ménghasilkan buah yang sama-sama bérkualitas pula. Akan tétapi, bibit térsébut dari cangkok atau sték, bukan dari biji. Téntu hal ini mémiliki alasan agar tanaman térsébut lébih ménghasilkan buah.
Pémilihan bibit sték ini juga pada induk yang pérnah bérbuah sébélumnya, bila pérlu pilih indukan yang ménghasilkan buah unggul.
Pénéntuan jénis pot bisa bébas, yang pénting dibérikan lubang di bagian dasarnya.
Ukuran pot bisa méncapai diamétér 50 sampai 60 cm. Pada ukuran yang rélativé bésar ini akan lébih mudah mémbérikan kébébasan saat tumbuhan itu bésar nantinya.
Pénggunaan tanah harus yang subur sépérti tanah déngan témpératur pH sédang.
Tanamkan bibit sték térsébut, kémudian sirami déngan air sécukupnya.
Tambahkan pénggunaan pupuk kandang yang jauh lébih alami.
Sétélah prosés pénanaman itu sélésai, sémua tidak bérhénti bégitu saja. Karéna térdapat béntuk pérawatan yang dilakukan sécara inténsif. Tidak sulit, hanya déngan mémbérikan pényiraman sétiap hari, sérta pémupukan sécara bérkala. Tapi sébaiknya pupuk yang digunakan ialah yang alami. Karéna pupuk natural akan lébih baik untuk prosés pértumbuhan dari tanaman di dalam pot ini. Pada prosés pémupukan ini akan dilaksanakan kétika pohon térsébut bérumur 3 bulan. Bila pérlu diimbangi pula déngan tindakan pényiangan guna méngatasi bébérapa gangguan dari tanaman péngganggu yang lainnya.



Prosés yang sélanjutnya ialah pérsiapan untuk tahap panén, yang mana pada tahap ini akan bérlangsung sélama 6 bulan sékali. Pada hitungan 4 sampai 5 bulan, tanaman ini dapat bérbunga dan siap untuk ménjadi buah apél untuk dipanén nantinya. Saat pémanénan buah ini, dilakukan pada saat buah apél télah matang, jadi biarkan matang di dalam tumbuhan térsébut tanpa campur tangan dari pihak lain.

Térhadap masalah hama dan pényakit yang ada, tanaman apél bisa saja térsérang kapan saja. Untuk itu, dipérlukan tindakan yang cépat sébélum prosés pénén jadi térhambat dan térganggu. Akan lébih baik bila mélakukan tindakan pérlindungan, yaitu déngan mélétakkan tanaman ini di dalam sébuah kélambu. Séhingga, ragam résiko hama dan pényakit tidak dapat ményérang tabulampot apél ini.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel