Panduan Budidaya Sawo dengan Pot

Tanaman buah di dalam pot atau yang disébut déngan istilah tabulampot ini mérupakan salah satu métodé térbaru dalam dunia budidaya tanaman buah. Dimana, pada stratégi térsébut, ragam buah bisa ditanamkan pada sébuah pot tanpa harus ménggunakan lahan déngan ukuran yang luas. Untuk itu, cara yang satu ini juga télah banyak ditérapkan sérta ménghasilkan buah dalam jumlah yang bésar.




Salah satu jénis tanaman yang bisa ditérapkan déngan métodé tabulampot ini adalah sawo. Tanaman yang satu ini mémiliki bébérapa jénis sérta mudah untuk ménghasilkan buah. Bahkan, prosés pérawatannya yang rélativé mudah pula.

Sébélum mélakukan budidaya tabulampot untuk tanaman sawo ini, térdapat bébérapa stratégi yang pérlu dikétahui, yaitu:

Pémilihan bibit sawo dari sték, karéna lébih cépat bérbuah daripada yang dari biji.
Pémilihan pot sétidaknya cukup kuat dan mémiliki diamétér séluas 40 cm.
Média tanah yang digunakan ialah tanah subur, pupuk kandang dan pasir, atau déngan pérbandingan 2:1:1, atau pada pupuk kandang, sérbuk gérgaji dan campuran tanah yang mémiliki pérbandingan 1:1:1.
Bagian bwah dari pot dibérikan lubang sérta ditutupi pécahan génting agar prosés pénanaman sawo dapat lébih mudah.
Pényiraman dan pémupukan

Sétélah tahap térsébut sélésai, Anda bisa mélanjutkan déngan pémbérian air sélama séhari dua kali sérta pada pémupukan yang dilakukan sécara bértahap. Pada jénis pupuk yang digunakan, bisa mémilih pupuk kandang yang lébih alami. Tétapi, bisa pula déngan ménggunakan pupuk kimia. Akan tétapi, pada pénggunaan pupuk térsébut, sébaiknya dalam aturan agar tidak ménjadikan tanaman yang térkontaminasi oléh zat-zat kimia.



Cara méngatasi bébérapa masalah pada tabulampot sawo

Sélama prosés pénanaman tabulampot sawo ini, séringkali dijumpai adanya bébérapa masalah sépérti sawo yang tak dapat tumbuh dan bérbuah sékalipun masa itu séharusnya télah tiba. Pada masalah ini, dipérlukan tindakan untuk mémangkas bébérapa titik yang nantinya akan ménumbuhkan calon bunga untuk bérbuah ménjadi sawo. Bilamana buah télah muncul, sébaiknya tutup déngan kértas ataupun plastik bérwarna gélap. Tujuannya ialah untuk ménghindari sérangan dari hama dan pényakit lainnya.

Pérawatan dan pérlindungan yang éféktif

Sébénarnya, béntuk pérawatan sékaligus pérlindungan untuk tabulampot sawo ini, bisa dilakukan lébih mudah. Bahkan lébih késéluruhan dari akar sampai ujung daun, yaitu ménggunakan kélambu. Pada pérlindungan ini, tanaman sawo sépérti térbungkus namun tétap méndapatkan péncahayaan dari sinar matahari.

Akan tétapi, pérlindungan ini jauh lébih optimal, karéna mélindungi sécara késéluruhan. Bahkan, déngan rumah pélindung térsébut, prosés pénanaman sérta pérawatan tanaman sawo lébih maksimal. Bisa pula lébih ménghasilkan buah déngan cépat, térlébih di musim pénghujan. Yang mana pada musim térsébut, sawo akan sénantiasa bérbuah dan térus bérbuah lagi pada hasil yang mélimpah.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel