Cara dan Metode Budidaya Labu Merah

Labu mérah mérupakan salah satu jénis komoditi pangan yang ménjanjkan. Labu ini bisa dijadikan sébagai altérnatif pangan sébagai péngganti béras. Ya, kandungan karbohidrat yang tinggi sérta bérbagai macam nutrisi yang térdapat pada buah labu mérah sangat baik dikonsumsi untuk péngganti nasi.


Di Indonésia, labu dapat hidup dan tumbuh déngan baik. Tanaman yang satu ini térmasuk tanaman yang tahan banting karéna dapat hidup di daérah yang mémiliki hawa séjuk dan panas. Sélain itu labu juga dapat dtumbuh déngan subur di témpat yang mémiliki tanah déngan tingkat késuburan yang tinggi sépérti di lérén gunung vulkanik misalnya.

Budidaya buah labu mérah ini ménjadi diminati akhir-akhir ini karéna pérmintaan pasar akan jénis tanaman ini juga méningkat kian hari. Profit atau kéuntungan yang bisa didapat dari budidaya buah labu juga cukup ménjanjikan. Tak héran kini mulai banyak pétani yang mélirik tanaman ini untuk dibudidayakan.

Namun sébélum anda méncoba untuk mémbudidayakan labu mérah, anda harus paham bétul méngénai karaktéristik dari tanaman labu ini térmasuk bagaimana prosés budidayanya. Agar nantinya sétélah anda bénar-bénar térjun ké lapangan, anda tidak akan mérasa kébingungan. Bérikut informasi méngénai cara dan métodé budidaya buah labu mérah yang bisa anda pélajari.

1. Pémilihan Lahan

Karéna labu mérah mérupakan tanaman yang tahan banting, maka lahan atau témpat untuk budidaya bisa di wilayah yang mémiliki suhu panas ataupun dingin.Namun iklimnya harus kéring agar labu tidak mudah busuk. Sélain itu usahakan untuk mémilih lahan yang subur agar labu dapat tumbuh déngan baik.

2. Péngolahan Lahan
Sébélum bibit labu ditanam, sébaiknya tahan diolah térlébih dahulu. Péngolahan bisa dilakukan déngan cara péncangkulan atau pénggémburan tanah. Sélain itu juga harus dibérikan pupuk dan dolomité untuk ménjaga késéimbangan tanah. Buat pola bérjajar dan diténgah-téngahnya buat barit untuk mémpérmudah mélakukan péngairan dan drainasé.

3. Pémbibitan
Sama sépérti bébérapa jénis tanaman lainnya. Bibit labu mérah bisa dipéroléh dari biji buah labu yang sudah tua. Sébélum bibit ditanam sébaiknya dilakukan prosés pényémaian térlébih dahulu. Sébélum biji disémai di témpat yang lémbab sébaiknya dikéringkan térlébih dahulu. Sétélah biji tumbuh dan térdapat bébérapa hélai daun, bisa langsung ditanam.

4. Pénanaman
Sétélah bibit siap tanam, bisa langsung ditanam di lahan yang sudah dipérsiapkan sébélumnya. Tanam bibit déngan jarak tanam sékitar 1 métér dari tanaman yang lain. Untuk satu lubang tanam bisa digunakan 1 sampai 2 bibit labu mérah.

5. Pérawatan
Sétélah prosés pénanaman sélanjutnya adalah pérawatan. Pérawatan labu mérah ini sélain dilakukan pényiraman sécara rutin, juga dipérlukan pémupukan sécara rutin sétiap 3 bulan sékali. Sélain itu juga dipérlukan pényiangan untuk mémbérantas gulma dan hama yang ményérang tanaman.


Sumber  :  jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel