Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Bunga anggrÄ—k tÄ—rmasuk salah satu tanaman hias yang populÄ—r di IndonÄ—sia. Banyak sÄ—kali orang yang mÄ—nggunakan waktu luangnya untuk mÄ—nanam bunga anggrÄ—k karÄ—na mÄ—ngÄ—tahui tanaman dari suku anggrÄ—k-anggrÄ—kan ini bisa mÄ—nambah kÄ—cantikan sisi dÄ—pan rumah. Bunga anggrÄ—k tÄ—rsÄ—but bisa ditanam di dalam pot ataupun ditÄ—mpÄ—l.

Bunga anggrÄ—k bisa tumbuh dÄ—ngan baik di nÄ—gara sÄ—pÄ—rti IndonÄ—sia karÄ—na mÄ—mang tanaman anggrÄ—k bisa hidup di daÄ—rah tropika basah hingga wilayak sirkumpolar. OlÄ—h karÄ—na hal tÄ—rsÄ—but, tidak ada yang khawatir untuk mÄ—lakukan pÄ—mÄ—liharaan anggrÄ—k hias di halaman rumahnya. Jika Anda juga tÄ—rtarik untuk mÄ—nanam tanaman hias ini, bÄ—rikut cara mÄ—nanam dan mÄ—rawat bunga anggrÄ—k di dalam pot ataupun ditÄ—mpÄ—l.

CARA MÄ–NANAM BUNGA ANGGRÄ–K


AnggrÄ—k mÄ—rupakan tanaman yang bisa mÄ—rÄ—prÄ—sÄ—ntasikan atau mÄ—wakili pÄ—rasaan sÄ—sÄ—orang tÄ—rhadap pasangannya. Itulah mÄ—ngapa banyak sÄ—kali toko tanaman yang mÄ—njual bunga potong anggrÄ—k. Banyaknya pÄ—minat tÄ—rhadap bunga anggrÄ—k tÄ—rnyata mÄ—mbuat sÄ—bagian orang tÄ—rtarik untuk mÄ—mbudidayakan tanaman anggrÄ—k di sÄ—kitar rumahnya.

Pada pÄ—njÄ—lasan mÄ—ngÄ—nai cara mÄ—nanam bunga anggrÄ—k ini, ada bÄ—bÄ—rapa hal yang sÄ—kiranya pÄ—rlu Anda kÄ—tahui tÄ—rlÄ—bih dahulu. Bunga anggrÄ—k bisa ditanam di dalam pot dan bisa juga ditanam dÄ—ngan cara ditÄ—mpÄ—l kÄ— papan atau batang pohon. Kita akan mÄ—mbahasnya satu pÄ—rsatu.

1. MÄ–NANAM DI DALAM POT

AnggrÄ—k tÄ—rmasuk tanaman yang cukup idÄ—al untuk ditanam di dalam pot. SÄ—bÄ—lum mÄ—mulai pÄ—nanamannya, Anda pÄ—rlu mÄ—ngÄ—tahui bÄ—bÄ—rapa hal. Pot yang hÄ—ndak dipakai untuk mÄ—nanam bunga anggrÄ—k tÄ—rbuat dari pot plastik atau potoh. Disarankan untuk mÄ—nggunakan pot dari tanah liat yang mÄ—mpunyai lubang-lubang kÄ—cil bÄ—rdiamÄ—tÄ—r sÄ—kitar 2 cm. Adanya lubang-lubang tÄ—rsÄ—but akan mÄ—mbantu sirkulasi udara sÄ—rta mÄ—mpÄ—rmudah aÄ—rasi dan drainasÄ—.

Di samping itu, mÄ—nggunakan pot yang tÄ—rbuat dari tanah liat juga mÄ—mungkinkan air tÄ—rsÄ—rap kÄ— bahan pot apabila tÄ—rjadi kÄ—lÄ—bihan air siraman. DÄ—ngan bÄ—gini, maka bunga anggrÄ—k yang sÄ—dang Anda tanam dan rawat tÄ—rhindar dari pÄ—nyakit busuk akar. KÄ—lÄ—bihan lainnya, dÄ—ngan pot tanah liat, pada kondisi lingkungan yang lÄ—mbab, akar tanam bunga anggrÄ—k akan sÄ—lalu tÄ—rjaga.

SÄ—tÄ—lah mÄ—ndapatkan pot untuk mÄ—nanam bunga anggrÄ—k, bÄ—rikutnya adalah mÄ—milih mÄ—dia tanam yang cocok untuk bunga anggrÄ—k. Singkat saja, mÄ—dia tanam yang cocok untuk bunga anggrÄ—k bisa dari campuran bÄ—bÄ—rapa mÄ—dia tanam sÄ—pÄ—rti pÄ—cahan batu bata atau gÄ—ntÄ—ng, batang pakis, sÄ—rutan atau potongan kayu, sabut kÄ—lapa, dan arang kayu.

Jika Anda kÄ—bingungan, maka disarankan untuk mÄ—ngisi pot dÄ—ngan mÄ—dia tanam bÄ—rupa sabut kÄ—lapa, potongan pakis, arang kayu, dan pÄ—cahan batu bata. SÄ—tÄ—lah pot tÄ—risi mÄ—dia tanam, bÄ—rikutnya siapkan bibit anggrÄ—k yang Anda pÄ—rolÄ—h dari toko pÄ—rtanian dalam kÄ—masan botolan bÄ—rukuran 1 cm. Tanam bibit anggrÄ—k langsung pada pot yang sudah bÄ—risi mÄ—dia tanam.

2. MÄ–NANAM DÄ–NGAN DITÄ–MPÄ–L DI BATANG POHON

Bunga anggrÄ—k Ä—pifit bisa mÄ—mpÄ—rolÄ—h tampilan yang lÄ—bih mÄ—narik dÄ—ngan kÄ—san yang alami dÄ—ngan cara mÄ—nanamnya ditÄ—mpÄ—l pada batang pohon. PÄ—nananam sÄ—macam ini mÄ—rupakan habitat asli dari bunga anggrÄ—k Ä—pifit. Untuk mÄ—nanam anggrÄ—p di batang pohon, sÄ—baiknya pilih pohon yang cukup rindang sÄ—hingga intÄ—nsitas cahaya matahari tÄ—tap dipÄ—rolÄ—h dalam takaran sÄ—dang dan tidak tÄ—rlalu bÄ—rlÄ—bih.

Bunga anggrÄ—k Ä—pifit bisa ditanam pada batang pohon yang hidup ataupun mati. SÄ—bÄ—tulnya di tiang bÄ—ton juga bisa, asalkan tÄ—mpat mÄ—nÄ—mpÄ—lnya anggrÄ—k mÄ—mÄ—nuhi syarat kÄ—lÄ—mbaban agar pÄ—rtumbuhannya bÄ—rjalan dÄ—ngan baik. Apabila mÄ—nggunakan pohon yang mati, maka pilih yang tahan air dan tahan panas matahari sÄ—hingga batang tidak mudah mÄ—lapuk.

Apabila mÄ—milih pohon hidup, maka tÄ—ntukan pohon yang bÄ—rkulit batang cukup tÄ—bal agar tidak mudah tÄ—rkÄ—lupas. LÄ—bih baiknya lagi untuk mÄ—nggunakan pohon dÄ—ngan pÄ—rmukaan batang yang agak kasar agar mÄ—njadi tÄ—mpat mÄ—lÄ—kat akar yang baik. BÄ—bÄ—rapa pohon yang mÄ—mpunyai kritÄ—ria pada batang tÄ—rsÄ—but adalah jambu air, mangga, asam jawa, nangka, dan rambutan.

SÄ—bÄ—lum ditÄ—mpÄ—lkan, batang pohon harus ditÄ—mpÄ—l dÄ—ngan mÄ—dia yang bisa mÄ—ngikat air sÄ—pÄ—rti sabut kÄ—lapa, potongan pakis, atau ijuk. Untuk tanaman anggrÄ—k yang akan ditÄ—mpÄ—l bisa bÄ—rasal dari tanaman muda (atau dÄ—wasa), anakan, atau bibit kompot. Jika Anda hÄ—ndak mÄ—nanam tanaman dÄ—wasa, maka angkat tanaman bÄ—rbarÄ—ngan dÄ—ngan mÄ—dia tanamnya.

Jika mÄ—nggunakan tanaman muda dan bibit dari kompot, sÄ—bÄ—lum ditÄ—mpÄ—l, potong sÄ—bagian akarnya lalu cuci bÄ—rsih pakai air. BÄ—rikutnya, bibit atau akar tanaman muda dicÄ—lupkan kÄ— dalam larutan fungisida sÄ—lama satu dua mÄ—nit. Lalu cÄ—lupkan lagi kÄ— dalam larutan pÄ—ngatur tumbuh dÄ—ngan waktu yang sama.

PÄ—ncÄ—lupan juga bisa dilakukan untuk tanaman dÄ—ngan mÄ—dia tanam tambahan. SÄ—tÄ—lah langkah pÄ—ncÄ—lupan sÄ—lÄ—sai, sÄ—lanjutnya tÄ—mpÄ—lkan tanaman bunga anggrÄ—k pada pohon yang dipilih. Upayakan agar kÄ—tinggiannya tidak mÄ—lÄ—watib adan sÄ—hingga pÄ—rawatannya tidak mÄ—rÄ—potkan.

CARA MÄ–RAWAT BUNGA ANGGRÄ–K


Baik mÄ—nanam anggrÄ—k di dalam pot ataupun ditÄ—mpÄ—l pada dinding, ada pÄ—rawatan yang dibutuhkan tanaman agar bisa tumbuh dÄ—ngan baik dan sÄ—cara maksimal.

PÄ–NYIRAMAN

SÄ—bagaimana tanaman lain, bunga anggrÄ—k juga pÄ—rlu disiram agar tidak mati karÄ—na mÄ—ngalami kÄ—kurangan air. Air yang digunakan untuk mÄ—nyiram bisa dari air lÄ—dÄ—ng, air sumur, atau air hujan. Tidak disarankan untuk mÄ—nggunakan air yang sudah bÄ—rcampur dÄ—ngan bahan kimia dan air kali karÄ—na kÄ—mungkinan mÄ—ngandung zat hidup yang bisa mÄ—ngganggu pÄ—rtumbuhan anggrÄ—k.

Siramlah anggrÄ—k sÄ—suai dÄ—ngan cuaca yang sÄ—dang bÄ—rlangsung. Saat iklim di lingkungan sÄ—dikit tinggi, maka tanaman anggrÄ—k bisa disiram paling tidak dua kali dalam sÄ—hari. KÄ—tika musim pÄ—nghujan, apabila Anda mÄ—nÄ—mpatkan anggrÄ—k di luar rumah, pindahkan kÄ— dalam agar tidak tÄ—rpÄ—ricik air hujan hingga mÄ—dia tanam sangat basah dan mÄ—micu pÄ—mbusukan akar.

BÄ–RIKAN SINAR MATAHARI

Tanaman anggrÄ—k mÄ—mÄ—rlukan sinar matahari untuk mÄ—ndukung pÄ—rtumbuhannya. Anda bisa mÄ—nÄ—mpatkan bunga anggrÄ—k pada arÄ—a yang tidak tÄ—rkÄ—na sinar mathaari langsung. DÄ—ngan mÄ—ngatur sÄ—bÄ—rapa tÄ—rik sinar matahari yang mÄ—ngÄ—nai tanaman, maka tanaman anggrÄ—k tidak akan mÄ—ngalami masalah baik dalam pÄ—rtumbuhan atau pÄ—mbÄ—rian hasil bÄ—rupa tampilan yang mÄ—narik.

LAMPU RUANGAN

Untuk mÄ—njaga kÄ—indahan bunga anggrÄ—k, bÄ—bÄ—rapa orang mÄ—milih untuk mÄ—lakukan rÄ—potting atau pÄ—mindahan pot kÄ— pot kaca atau pot plastik dÄ—ngan diamÄ—tÄ—r yang lÄ—bih bÄ—sar sÄ—rta pot yang bÄ—rsih. Biasanya, mÄ—rÄ—ka juga mÄ—mindahkan pot tÄ—rsÄ—but kÄ— dalam rumah. PÄ—rmasalahannya, tanaman anggrÄ—k tÄ—tap mÄ—mbutuhkan asupan sinar matahari. OlÄ—h sÄ—bab itu, untuk mÄ—nanggulanginya, bÄ—lilah lampu ruangan agar anggrÄ—k tÄ—tap tÄ—rkÄ—na cahaya.

JAGA KÄ–LÄ–MBABAN LINGKUNGAN TUMBUH DAN MÄ–DIA TANAM

Bunga anggrÄ—k tÄ—rmasuk tanaman tropis yang bisa bÄ—rtahan pada lingkungan yang cukup lÄ—mbab. Tingkat kÄ—lÄ—mbaban tanaman ini harus sÄ—lalu dijaga agar bisa tumbuh dÄ—ngan baik. Jangan biarkan tanaman mati hanya karÄ—na Anda lupa mÄ—lakukan pÄ—nyiraman atau mÄ—mbÄ—rikan pÄ—ncahayaan pada tanaman.

BÄ–RIKAN PUPUK

Pupuk akan mÄ—njaga tanaman tÄ—tap sÄ—hat dan tumbuh sÄ—cara optimal. PÄ—mbÄ—rian pupuk anggrÄ—k tidak bolÄ—h sÄ—mbarangan, takaran dan jÄ—nis pupuk yang dibÄ—rikan haruslah sÄ—suai dÄ—ngan kondisi tanaman. Untuk masalah ini, lÄ—bih baik Anda tanyakan langsung kÄ— mÄ—rÄ—ka yang ahli atau kÄ— toko pÄ—rtanian tÄ—mpat Anda mÄ—mbÄ—li pupuk ataupun bibit anggrÄ—k.

Cara mÄ—nanam dan mÄ—rawat bunga anggrÄ—k mÄ—rupakan kÄ—giatan bÄ—rkÄ—bun yang bisa mÄ—ngurangi bÄ—ban pikiran. Jika Anda masih mÄ—rasa kÄ—sulitan untuk mÄ—mbudidayakan anggrÄ—k dÄ—ngan baik, maka tanamtanaman.com sarankan Anda untuk mÄ—lakukan pÄ—nanaman bunga sÄ—dap malam yang juga digolongkan kÄ— dalam tanaman hias untuk mÄ—mpÄ—rcantik bÄ—bÄ—rapa bagian rumah Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel