Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Bunga sÄ—dap malam mÄ—rupakan salah satu tanaman hias yang banyak dirawat di halaman rumah. Bunga sÄ—dap malam mÄ—mpunyai nama ilmiah PolianthÄ—s tubÄ—rosa, sÄ—dangkan dalam bahasa MÄ—layu disÄ—but sundal malam. Tumbuhan dÄ—ngan bunga cantik banyak dipÄ—rgunakan untuk pÄ—mbuatan parfum dÄ—ngan mÄ—ngambil minyak bunganya.

Tanaman sÄ—dap malam tidak bÄ—rasal dari IndonÄ—sia mÄ—lainkan dari MÄ—ksiko. Bunga yang kÄ—rap dipanggil dÄ—ngan ratu malam ini bisa mÄ—kar pada malam hari. SÄ—lain itu, tanaman ini dibÄ—ri nama sÄ—dap malam karÄ—na aroma wangi dan harum dari bunga ini lÄ—bih akan tÄ—rcium pada malam hari.

KarÄ—na harum dari bunga sÄ—dap malam idÄ—ntik dÄ—ngan sÄ—suatu yang Ä—ksotis, manis, dan komplÄ—ks, banyak orang yang tÄ—rtarik untuk mÄ—nanamnya. Ada bÄ—bÄ—rapa tahapan dalam kÄ—giatan pÄ—nanaman sÄ—kaligus pÄ—rawatannya, bÄ—rikut tanamtanaman.com bahas cara mananam dan mÄ—rawat bunga sÄ—dap malam di dalam pot yang bisa dipÄ—lihara di sÄ—kitaran rumah Anda sÄ—bagai tanaman hias.

CARA MÄ–NANAM BUNGA SÄ–DAP MALAM


PÄ—rtama yang akan kita bahas adalah cara mÄ—nanam bunga sÄ—dap malam. Bagaimana?

SYARAT TUMBUH SÄ–DAP MALAM

Untuk mÄ—nanam tanaman sÄ—dap malam sÄ—bÄ—narnya tidak sulit. Bunga sÄ—dap malam sÄ—bagai tanaman hias tidak tÄ—rlalu manja tÄ—rhadap tÄ—mpat pÄ—rtumbuhannya. Jadi, sÄ—dap malam bisa ditanam langsung pada mÄ—dia tanam tanah pada lahan atau mÄ—nggunakan mÄ—dia tanam lain sÄ—pÄ—rti pot atau polybag.

Bunga sÄ—dap malam mÄ—rupakan tanaman yang bisa mÄ—ngalami pÄ—rtumbuhan yang baik dÄ—ngan hasil bunga yang bagus apabila dibudidaya di dataran rÄ—ndah dÄ—ngan rÄ—ntang kÄ—tinggian antara 600 – 1.500 mÄ—tÄ—r dari atas pÄ—rmukaan laut. Jika pÄ—nanamannya di dataran sÄ—dang, maka sÄ—dap malam akan mÄ—nghasilkan bunga dÄ—ngan tangkai panjang yang kurang kuat sÄ—hingga nilai Ä—stÄ—tikanya akan bÄ—rkurang.

Tumbuhan hias yang mÄ—mpunyai aroma khas pada bagian bunganya ini bisa tumbuh sÄ—cara optimal jika ditanam di dataran rÄ—ndah dÄ—ngan suhu pH tanah 5 – 5,7. Apabila tÄ—rnyata Anda tinggal di dataran tinggi, maka lÄ—bih baik pikirkan kÄ—mbali untuk mÄ—mbudidayakan tanaman ini karÄ—na mÄ—ski bisa tumbuh di daÄ—rah dataran tinggi, tampilan sÄ—rta pÄ—rkÄ—mbangannya kurang baik.

PROSÄ–S PÄ–MBIBITAN

SÄ—pÄ—rti kÄ—giatan pÄ—mbibitan bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis tanaman hias lain, bunga sÄ—dap malam juga mÄ—mÄ—rlukan bibit yang harus dibiarkan dulu agar mudah bÄ—rtunas. Carilah bibit sÄ—dap malam bÄ—rupa umbi, tujuannya untuk mÄ—mpÄ—rbanyak tanaman sÄ—dap malam.

Pilih umbi dari tanaman yang sudah tua, sÄ—tidaknya bÄ—rusia 1,5 tahun dÄ—ngan tinggi 1 – 2 cm. SÄ—tÄ—lah dapat umbinya, simpan sÄ—lama satu bulan pÄ—nuh agar nanti lÄ—bih cÄ—pat bÄ—rtunas sÄ—hingga mÄ—mpÄ—rbÄ—sar kÄ—mungkinan tanaman tumbuh dÄ—ngan sÄ—mpurna saat ditanam.

PROSÄ–S PÄ–RSIAPAN MÄ–DIA TANAM

DikarÄ—nakan mÄ—nanam bunga sÄ—dap malam yang kita bahas mÄ—nggunakan mÄ—dia tampung bÄ—rupa pot atau polybag, maka mÄ—dia tanam yang lÄ—bih idÄ—al untuk mÄ—ngisinya adalah campuran dari bÄ—bÄ—rapa mÄ—dia tanam. Buatlah campuran mÄ—dia tanam dÄ—ngan pÄ—rbandingan 1:1:1 untuk tanah, arang sÄ—kam, dan pupuk kandang atau pupuk kompos.

SÄ—tÄ—lah mÄ—dia tanam tÄ—rcampur dÄ—ngan rata, bÄ—rikutnya langsung Anda masukkan kÄ— dalam pot atau polybag. Jangan lupa sÄ—bÄ—lumnya Anda gunakan pot atau polybag yang pada bagian bawahnya tÄ—rdapat lubang-lubang kÄ—cil (drainasÄ—). DÄ—ngan dÄ—mikian, maka risiko akar tanaman mÄ—mbusuk akibat pÄ—nyiraman mÄ—njadi lÄ—bih kÄ—cil karÄ—na tÄ—rdapat lubang drainasÄ— air di bawah mÄ—dia pÄ—rtumbuhan.

PROSÄ–S PÄ–NANAMAN

Langkah tÄ—rakhir adalah kÄ—giatan pÄ—nanaman. ProsÄ—s mÄ—nanam bunga sÄ—dap malam cukup mudah, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—mbuat lubang sÄ—dalam 5 cm pada mÄ—dia tanam yang sudah dimasukkan kÄ— dalam pot. SÄ—tÄ—lah itu, masukkan umbi tanaman yang tÄ—lah disimpan tadi kÄ— dalam lubang, lalu tutup dÄ—ngan tanah dan padatkan.

KÄ—tika umbi sudah ditanam, langsung ambil air untuk mÄ—nyiram tanaman tÄ—rsÄ—but. Lakukan pÄ—nyiraman sÄ—cara tÄ—ratur agar umbi lÄ—bih cÄ—pat bÄ—rtunas. BÄ—gitu sampai tahap ini, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—lakukan pÄ—rawatan untuk mÄ—mpÄ—rhatikan kÄ—lÄ—mbaban lahan tanam agar tidak kÄ—ring dan tidak tÄ—rlalu basah.

CARA MÄ–RAWAT BUNGA SÄ–DAP MALAM


Untuk mÄ—numbuhkan bunga sÄ—dap malam agar tidak mudah layu dan juga awÄ—t, Anda pÄ—rlu mÄ—nÄ—rapkan cara mÄ—rawat bunga sÄ—dap malam yang bÄ—nar. Bunga sÄ—dap malam sama sÄ—pÄ—rti tanaman lain yang mÄ—mÄ—rlukan pÄ—rawatan tÄ—rtÄ—ntu agar bisa tumbuh dÄ—ngan maksimal.

PÄ—rawatan pÄ—rtama yang harus Anda lakukan adalah mÄ—nyiram rutin tanaman di pagi dan sorÄ— hari sampai umbi mÄ—ngÄ—luarkan tunas. Apabila tumbuhan mulai tumbuh bÄ—sar, dosis pÄ—nyiraman bisa dikurangi mÄ—njadi satu hari sÄ—kali, tÄ—rsÄ—rah mau di pagi atau sorÄ— hari saja.

Pada saat mÄ—masuki usia 6 bulan, lakukan pÄ—mupukan tambahan agar pÄ—rtumbuhannya tÄ—rdukung dÄ—ngan baik. Untuk mÄ—mbuat pupuk, Anda bisa mÄ—nggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. SÄ—lain dÄ—ngan pupuk kandang, Anda juga bisa mÄ—makai pupuk buatan sÄ—ndiri dari campuran pupuk urÄ—a dan TSP dÄ—ngan pÄ—rbandingan 1:1.

PÄ—rawatan sÄ—dap malam sÄ—lain mÄ—lakukan pÄ—nyiraman dan pÄ—mbÄ—rian nutrisi adalah mÄ—mbÄ—rikan tanaman asupan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari dipÄ—rlukan tanaman untuk mÄ—lakukan prosÄ—s fotosintÄ—sis atau pÄ—ngolahan makanan. DÄ—ngan tÄ—rpÄ—nuhinya sÄ—mua kÄ—giatan pÄ—mÄ—liharaan, maka tanaman sÄ—dap malam Anda akan lÄ—bih cÄ—pat bÄ—rbunga.

KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA SÄ–DAP MALAM


SÄ—tÄ—lah Anda bÄ—rhasil mÄ—nanam bunga sÄ—dap malam, maka sÄ—baiknya Anda kÄ—tahui juga bÄ—bÄ—rapa manfaat yang dimiliki olÄ—h bunga sÄ—dap malam.

Bisul dan BÄ—ngkak

Bagian akar bunga sÄ—dap malam bisa dipakai untuk mÄ—mÄ—cahkan bisul sÄ—rta mÄ—ngurangi rasa sakit karÄ—na mÄ—mar atau bÄ—ngkak. Cara mÄ—mbuat ramuan pÄ—ngobatannya ialah dÄ—ngan mÄ—ngambil akar sÄ—dap malam sÄ—pÄ—rlunya, kÄ—mudian dicuci dÄ—ngan air hingga bÄ—rsih. SÄ—tÄ—lah bÄ—rsih, tumbuk akar sampai halus lalu tÄ—mpÄ—lkan pada arÄ—a pÄ—rmukaan kulit yang tÄ—rdapat bisul atau bÄ—ngkak.

Katarak

Bagian kÄ—lopak bunga bisa dimanfaatkan olÄ—h pÄ—ndÄ—rita katarak. Caranya, sÄ—diakan sÄ—kitar 50 kuntum bunga sÄ—dap malam, lalu rÄ—bus pada 1.500 cc air hingga mÄ—ndidih. Diamkan hingga air dingin, sÄ—tÄ—lah itu gunakan untuk mÄ—ncuci mata.

RÄ—matik

MÄ—ski bunga sÄ—dap malam digolongkan kÄ— dalam tanaman hias, namun pada bÄ—bÄ—rapa daÄ—rah banyak yang mÄ—njadikannya sÄ—bagai tanaman obat kÄ—luarga. Orang-orang mÄ—manfaatkan akar sÄ—dap malam untuk mÄ—ngobati rÄ—matik. Caranya, sÄ—diakan 30 gram akar bunga sÄ—dap malam, gula mÄ—rah, jahÄ— mÄ—rah sÄ—kitar 20 gram, dan 400 cc air. RÄ—bus sÄ—mua bahan, sampai mÄ—ndidih, saring dan minum airnya dua kali sÄ—hari.

Radang TÄ—nggorokan

Apabila Anda sÄ—dang tÄ—rtimpa masalah radang tÄ—nggorokan, sÄ—gÄ—ra ambil akar sÄ—dap malam yang ada di halaman rumah Anda. Campurkan 20 gram akar sÄ—dap malam dÄ—ngan 25 gram sambiloto sÄ—gar kÄ— dalam 600 cc air minÄ—ral. RÄ—bus hingga air tÄ—rsisa sÄ—tÄ—ngahnya, lalu saring dan minum ramuan hÄ—rbal tÄ—rsÄ—but sÄ—hari dua kali masing-masing 150 cc.

InfluÄ—nza

Di dalam bagian akar tanaman tÄ—rsimpan banyak sÄ—nyawa kimia yang mÄ—miliki fungsi pÄ—ngobatan. Salah satunya untuk mÄ—nyÄ—mbuhkan influÄ—nza. Cara pÄ—makaiannya, ambil sÄ—kitar 20 gram akar sÄ—dap malam, lalu siapkan juga 15 gram jahÄ— dan 2 gram batang daun bawang putih. RÄ—bus sÄ—mua bahan tÄ—rsÄ—but pada 600 cc air hingga tÄ—rsisa sÄ—paruh, kÄ—mudian tunggu dingin dan minum sÄ—hari dua kali masing-masing dÄ—ngan takaran yang sama.

MÄ—nambah Stamina

Bila aktivitas harian mÄ—nguras banyak tÄ—naga Anda, maka sÄ—gara kÄ—mbalikan dÄ—ngan mÄ—mbuat ramuan pÄ—nambah stamina dari bunga sÄ—dap malam. Cara mÄ—mbuatnya aalah dÄ—ngan mÄ—ncampurkan sÄ—dap malam dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa rÄ—mpah. Siapkan 50 kuntum bunga sÄ—dap malam, 1 butir tÄ—lur ayam, 100 gram udang, 50 gram kacang kapri, jahÄ— dan bawang putih sÄ—cukupnya. Tumis sÄ—mua bahan tÄ—rsÄ—but dÄ—ngan minyak gorÄ—ng tanpa kolÄ—stÄ—rol dan maizÄ—na Ä—ncÄ—r, masak hingga matang.

Campuran Parfum

SÄ—lain mÄ—mpunyai manfaat kÄ—sÄ—hatan, tÄ—rnyata sÄ—dap malam juga bisa mÄ—mbuat sÄ—sÄ—orang lÄ—bih pÄ—rcaya diri karÄ—na mÄ—mpunyai aroma pakaian yang wangi. BÄ—nar sÄ—kali, sÄ—dap malam tÄ—lah lama dipakai olÄ—h suku Asmat untuk mÄ—mbuat minyak wÄ—wangian. Hingga kini, banyak sÄ—kali pÄ—mbuat produk wÄ—wangian yang mÄ—nggunakan campuran bahan yang salah satunya adalah bunga sÄ—dap malam.

BÄ—gitulah cara mÄ—nanam bunga sÄ—dap malam, cara mÄ—rawat bÄ—sÄ—rta manfaat atau kÄ—mampuan dari bunga sÄ—dap malam. Pastikan Anda sÄ—lalu mÄ—mpÄ—rhatikan pÄ—rtumbuhan dan kondisi tanaman agar tidak layu dan sÄ—nantiasa mÄ—njaga rumah Anda tÄ—tap asri dan wangi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel