Cara berkebun mangga yang baik dan benar

Tanaman buah dalam pot (tabulampot) mangga térmasuk éksklusif, karéna rélatif sulit dibuahkan. Tak sémua hobiis bisa mélakukannya”. Oléh karéna itu ia ménjadi tabulampot kébanggaan.



Variétas
Hampir sémua variétas dapat dibuahkan dalam pot. Namun, masing-masing variétas mémpunyai pérbédaan dalam kécépatan masa bérbuah, produksi buah, béntuk tajuk dan tingkat késulitan. Sébaliknya dipilih variétas yang mudah bérbuah, mudah dirawat, bértajuk kompak dan produktif. Contoh manalagi kécil, apél, nangklangwan, okyong dan namdokmai. Ini dapat dibuahkan séjak umur 2,5 tahun, sélain itu jumlah buah juga rélatif banyak séhingga pénampilan ménarik. Sédangkan arumanis, gédong, golék dan gédong gincu, baru bisa dibuahkan sétélah bérumur 3-4 tahun séjak okulasi. Buahnya tak sébanyak apél, manalagi kécil atau dokmai, tétapi bérpénampilan éksotik.

Cara Bérkébun Mangga


Untuk mémpércépat bérbuah, pilih bibit hasil pérbanyakan végétatif (bukan dari biji), bérukuran bésar dan télah bérumur 1,5-2 tahun. Diamétér batang utama 4-5 cm, béntuk tajuk séimbang déngan cabang dan ranting yang kokoh sérta cukup tua. Déngan kondisi itu batang cukup kuat ményangga cabang dan ranting di atasnya apabila bérbuah.

Média Tanam

Mangga ményénangi média bérstruktur rémah, bérbutir-butir, gémbur dan kaya unsur hara. Média juga harus porous, cukup ringan agar mudah dipindahkan sérta bébas dari hama dan pényakit. Komposisi bahan yang digunakan adalah mérupakan campuran dari tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sékam déngan pérbandingan 2 : 1 : 1.

Pot yang Digunakan

Banyak jénis pot atau wadah tanaman yang dapat dipakai. Sébaiknya pilih yang ringan, tidak mudah pécah, bérbéntuk normal dan sérasi déngan tanaman. Dipasaran wadah yang méménuhi syarat cukup banyak, yaitu mulai dari pot plastik tahan pécah, pot sémén, drum hingga pot kayu. Dasar pot harus dilubangi, ukuran lubang 1-2 cm séjumlah 4-6 buah. Sélain itu agar pémbuangan air lancar, pot harus mémiliki kaki atau dapat juga diganjal déngan batu bata atau batako.

Pénanaman Bibit

Mula-mula isi dasar pot déngan sérutan gérgaji atau pécahan batu bata/génting hingga sétébal 5-10 cm. itu untuk ménjamin kélancaran drainasé dan aliran udara. Sétélah itu masukan campuran média kédalam pot sécara mérata, hingga méncapai séparuh pot. Masukan tanaman sétélah polibagnya dibuka, déngan posisi tanaman tépat di bagian téngah. Ruang-ruang kosong di sékéliling bola akar diisi lagi déngan média campuran sampai méndékati pérmukaan atas pot, usahakan bidang békas okulasi atau sambungan masih ménonjol 10-15 cm di atas pérmukaan média, sélanjutnya siram média tanaman déngan air.

Péméliharaan Tanaman

Péméliharaan tanaman sangat pénting dilakukan untuk ménjamin pértumbuhan dan pémbuahan mangga yaitu pényiraman, pémangkasan, pémupukan, pérangsangan pémbuahan dan péngéndalian hama/pényakit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel