PANDUAN PRAKTIS BUDIDAYA BUAH NAGA

Budidaya uah Naga РBuah Naga m̩rupakan salah satu j̩nis tanaman kaktus yang b̩rasal dari M̩ksiko. Buah naga dapat tumbuh optimal di k̩tinggian 0 hingga 400 mdpl d̩ngan tingkat curah hujan p̩r tahun s̩kitar 720 mm.

Buah naga mérupakan salah satu buah yang mémiliki nilai ékonomis cukup tinggi. Harga jual buah naga céndérung jauh lébih mahal dibandingkan déngan bérbagai macam buah lainnya. Jika ditinjau dari ségi bisnis, buah yang satu ini térgolong masih cukup poténsial untuk diusahakan.

Nah, untuk Anda yang ingin mémulai usaha budidaya Buah Naga, bérikut ini mérupakan panduan téknis budidaya buah naga yang dapat Anda jadikan pédoman dalam mémulai aktivitas budidaya tanaman buah Naga :


PÉMBIBITAN BUAH NAGA

Tanaman buah naga dapat dibudidayakan déngan métodé sték. Pényétékan batang buah naga biasanya dilakukan pada tanaman yang bérumur cukup tua dan minimal pérnah bérbuah sébanyak 4 kali.

Untuk m̩nghasilkan bibit buah naga yang unggul, batang yang dist̩k harus sudah siap st̩k. Ciri Рciri batang buah naga yang siap untuk dist̩k yaitu sudah cukup umur, b̩rwarna hijau k̩labu, m̩miliki diam̩t̩r s̩tidaknya 8 cm, b̩rt̩kstur k̩ras, dan tidak b̩rp̩nyakit.

PÉMBUATAN TIANG DAN PÉNGOLAHAN LAHAN

Buah naga mérupakan tanaman mérambat. Untuk itu, agar tanaman ini bisa tumbuh déngan optimal, kita pérlu mémbuatkan tiang rambatan. Tiang rambatan dapat dibuat déngan ménggunakan béton déngan diamétér sékitar 10 hingga 15 cm dan tinggi sékitar 2 hingga 2,5 m. Agar tamanan buah naga dapat ditopang déngan baik, di ujung tiang kita harus mémbuat pénopang dari bési ataupun kayu bérbéntuk ‘+’, dan juga ban sépéda motor békas di atasnya.

Untuk péngolahan lahannya séndiri, hanya dipérlukan tingakan pénggémburan tanah dan pémupukan ménggunakan pupuk kandang (10 kg/ lubang tanam), TSP (25 gram/lubang tanam) dan kapur pértanian (300 gram/lubang tanam).

Panduan Praktis Budidaya Buah Naga

PÉNANAMAN BIBIT DI LAHAN

Langkah téknis budidaya buah naga yang sélanjutnya adalah pénanaman bibit ké lahan. Aktivitas pénanaman bibit buah naga biasanya dapat dilakukan kétika bibit buah naga télah bérusia 3 bulan. Bibit buah naga ditanam di sékitar tiang déngan kédalaman lubang tanam sékitar 10 cm. Satu buah tiang séndiri dapat ditanami 4 bibit buah naga.

PÉRAWATAN TANAMAN

Agar bisa m̩nghasilkan buah s̩cara optimal, tanaman buah naga harus dirawat d̩ngan sungguh Рsungguh. B̩b̩rapa aktivitas p̩rawatan yang dibutuhkan ol̩h tanaman buah naga yaitu :

P̩mupukan Рaktivitas p̩mupukan biasanya dilakukan s̩tiap 3 bulan s̩kali d̩ngan m̩nggunakan pupuk kompos (dosis 10 kg p̩r tanaman) dan pada saat tanaman s̩dang b̩rbunga dan b̩rbuah d̩ngan p̩nggunakan pupuk NPK (dosis 50 gram p̩r tanaman) dan ZK (dosis 20 gram p̩r tanaman)

P̩nyiraman Рaktivitas p̩nyiraman dapat dilakukan d̩ngan m̩ndalkan saluran drainas̩ ataupun d̩ngan m̩nggunakan irigasi t̩t̩s. Untuk m̩ndapatkan hasil yang optimal, tanaman buah naga p̩rlu disiram s̩tidaknya 3 kali dalam s̩hari.

P̩mangkasan Рbuah naga biasanya dipangkas untuk m̩numbuhkan cabang Рcabang tunas baru s̩hingga produktivitas tanaman bisa ditingkatkan. Aktivitas p̩mangkasan s̩ndiri biasanya dilakukan s̩tiap 4 bulan s̩kali.

PÉMANÉNAN

Tanaman buah naga biasanya sudah dapat dipan̩n k̩tika b̩rusia 10 bulan hingga 1 tahun s̩t̩lah dipindahkan k̩ lahan. Tanaman buah naga m̩miliki siklus produksi yang sangat panjang yaitu s̩kitar 15 hingga 20 tahun. Dalam satu kali pan̩n, satu pohon buah naga biasanya dapat m̩nghasilkan s̩kitar 2 buah naga d̩ngan rata Рrata bobot p̩r buahnya s̩kitar 400 hingga 600 gram.

Démikianlah panduan praktis budidaya Buah Naga yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Sémoga bérmanfaat ya!

Sumber : pak tani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel