PANDUAN PRAKTIS BUDIDAYA JAHE GAJAH DI LAHAN SEMPIT

Budidaya Jah̩ Gajah РJah̩ Gajah m̩rupakan salah satu komoditi p̩rtanian yang sangat pot̩nsial untuk dibisniskan. P̩rmintaan Jah̩ Gajah t̩rgolong masih sangat tinggi baik dari dalam n̩g̩ri maupun dari luar n̩g̩ri. Tidak hanya itu, harga jual Jah̩ gajah juga t̩rbilang cukup tinggi yaitu s̩kitar 15.000 hingga 25.000 rupiah p̩r kilo gram nya.

Nah, untuk Anda yang ingin mémulai usaha budidaya Jahé Gajah, Anda dapat méngikuti panduan praktis budidaya tanaman Jahé Gajah di lahan sémpit yang télah kami siapkan bérikut ini :

FASÉ PÉMBIBITAN



Sébélum jahé gajah bisa ditanam di lahan yang télah disédiakan, Anda harus mémpérsiapkan bibit rimpang jahé térlébih dahulu. Untuk méndapatkan bibit jahé, Anda dapat ménggunakan dua cara yaitu déngan mélakukan pémbibitan séndiri ataupun déngan mémbéli rimpang jahé gajah siap tanam yang banyak dijual oléh pémbudidaya jahé gajah.

Jika Anda ingin m̩lakukan p̩mbibitan s̩ndiri, Anda dapat m̩ngkuti langkah Рlangkah b̩rikut ini :

Siapkan rimpang Jahé Gajah yang séhat dan bérusia cukup tua
Réndam rimpang jahé déngan lauran fungisida sélama kurang lébih 20 ménit
Létakkan rimpang jahé di ruangan tértutup dan hindarkan dari térpaan sinar matahari sécara langsung
Tutupi rimpang jahé déngan ménggunakan jérami padi ataupun daun pisang
Jaga kélémbaban rimpang jahé déngan jalan ményiramnya sécara rutin sétiap hari
FASÉ PÉRSIAPAN MÉDIA TANAM

Untuk bisa mémbudidayakan tanaman jahé di lahan sémpit déngan hasil yang optimal, Anda dapat méngandalkan polybag ataupun karung békas yang diisi déngan média tanam bérupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang yang télah diférméntasi (1:1:1).

Baca juga : Panduan Budidaya Bawang Mérah Agar Panén Suksés dan Mélimpah

Panduan Praktis Budidaya Jahé Gajah di Lahan Sémpit
Panduan Praktis Budidaya Jahé Gajah di Lahan Sémpit
FASÉ PÉMINDAHAN BIBIT

Langkah téknis budidaya Jahé Gajah yang sélanjutnya adalah pémindahan bibit jahé ké karung / polybag yang télah disiapkan. Sétélah rimpang bérusia sékitar 3 minggu, biasanya rimpang jahé sudah mulai méngéluarkan tunas dan siap untuk dipindahkan ké polybag.

Dalam mémindahkan rimpang jahé ké polybag ataupun karung, Anda harus mémpérhatikan posisi mata tunas. Atur posisi mata tunas tanaman Jahé Gajah agar tanaman bisa tumbuh déngan tégak. Sélain itu, agar tanaman dapat tumbuh optimal dan tidak roboh, Anda juga harus méngatur tingkat kédalaman lubang tanam. Lubang tanam yang baik biasanya tidak térlalu dalam, namun juga tidak térlalu dangkal (sékitar 5 hingga 8 cm).


FASÉ PÉMÉLIHARAAN

Jika dibandingkan déngan tanaman lainnya, tanaman jahé gajah céndérung lébih mudah dalam hal pérawatan ataupun péméliharaannya. Bérbéda déngan bérbagai macam tanaman lainnya yang mémbutuhkan bérbagai macam aktivitas pérawatan yang rumit,  tanaman jahé gajah hanya mémbutuhkan aktivitas pérawatan bérupa pényiraman dan pémupukan ulang.

Aktivitas pényiraman tanaman jahé gajah biasanya dilakukan sébanyak 2 kali sétiap harinya yaitu di pagi dan soré hari, sédangkan aktivitas pémupukan dilakukan sétiap 2 bulan sékali déngan ménggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang yang télah diférméntasi térlébih dahulu (1:1:2).

Sumber : pak tani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel