Cara Berkebun Anggur Di Dalam Pot


Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot - Pada postingan sébélumnya kita télah mémbahas cara ménanam anggur di kébun, pada postingan kali ini akan dijélaskan bagaimana cara bérkébun anggur di dalam pot supaya cépat bérbuah.

Tanaman anggur sélain dapat di tanam di kébun juga dapat ditanam di dalam pot dan tidak hanya cukup déngan kéindahan béntuk tanamannya saja yang kita dapat tétapi kindahannya itu dapat diléngkapi déngan buah yang bérgélantungan di dahan-dahan kécilnya.



Pémandangan yang indah sépérti itu bisa kita ciptakan disékitar lingkungan rumah kita, téntunya déngan cara-cara sésuai déngan aturan yang bénar sérta mémahami  karaktér tanaman térsébut supaya tidak malas bérbuah.

Salah satu kélébihan ménanam anggur di dalam pot ini kita bisa mémbéntuk tanaman térsébut séindah mungkin, déngan mémbéntuk pércabangannya apalagi ditambah déngan munculnya buah-buah yang kélihatan ségar.

Walaupun tujuannya untuk ménghiasi lingkungan rumah atau dijadikan tanaman hias namun buah yang dihasilkan dapat dimakan juga, dan tidak hanya itu saja kélébihannya, tanaman anggur dalam pot yang sudah bérbuah dan mémiliki béntuk yang indah akan mémiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding bibit anggur yang hanya ditanam di polybag saja dan tidak bérbéntuk.

Tidak ada salahnya dong apabila hoby Anda dapat ménghasilkan uang tambahan, tétapi déngan syarat Anda harus kréatif dalam mémbéntuk tanaman anggur térsébut. Ok, kita lanjut ké pokok intinya, yaitu cara atau tahapan-tahapan agar tanaman anggur ini bisa indah kétika tampil di dalam pot :
1. Pémilihan Pot pada Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot

Langkah awal sétélah adanya bibit kita ménéntukan pot yang akan digunakan, pérlu diingat karéna tujuan kita ménciptakan kéindahan tanaman hias maka pot harus yang bagus dan baik, spérti pot sémén, pot plastic, atau pot tanah. Diamétér pérmukaan pot harus lébih bésar daripada pérmukaan bawah atau bisa sama bésarnya.

Dari bérbagai macam jénis bahan pot yang lébih baik untuk tanaman anggur adalah pot yang bérbahan dasar tanah, hal ini cukup baik péngaruhnya bagi tanaman, karéna pot dari bahan dasar tanah mémiliki pori-pori pada bagian dasar yang mudah ményérap air. Séhingga akar tanaman tidak mudah kéring apabila térlambat ményiram dan tidak akan lébab apabila térlalu banyak disiram, maka gunakan lah pot yang térbuat dari tanah. Untuk ménunjang kéindahan tanaman pérlu dikétahui bahwa pot dari bahan dasar tanah sudah banyak yang mémiliki ukiran-ukiran cantik pada bagian luarnya.
2. Média Tanam Pada Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot

Média tanam yang digunakan untuk tanaman anggur di dalam pot harus sésuai déngan karaktéristik tanaman. Média tanam yang cocok untuk anggur adalah pasir dan pupuk kandang, kénapa pasir? Karéna pasir mudah ditémbus oléh akar tanaman aggur. Sébélum dimasukan kédalam pot, pasir dan pupuk kandang diaduk térlébih dahulu. Untuk lébih bagus lagi sépértiga bagian bawah pot diisi oléh tanah gémbur, supaya ménghambat kéluarnya air dari pot.
3. Cara Ménanam Pada Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot

Pértama masukan pécahan batu bata atau génting pada dasar pot, kémudian masukan média tanam yang sudah dicampur rata, isi pot sampai hampir pénuh. Kémudian buat lubang tanam diténgahnya lébih bésar sédikit dari polybag yang dipakai bibit.

Sélanjutnya polybag dilépas dan masukan bibit térsébut pada lubang yang télah disédiakan, atur posisi tanaman agar kélihatan tégak, sélanjutnya tutup pérmukaan déngan média tanam lagi. Kémudian siram tanaman térsébut, kétika sélésai pényiraman maka pérmukaan tanah akan ménurun hingga 5 cm dari bibir pot, hal ini térjadi karéna pémadatan média tanam. Sélanjutnya simpan tanaman térsébut di témpat yang térkéna sinar matahari sécara pénuh.
4. Pérawatan Anggur Pada Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot

Pérawatan yang dilakukan pada tanaman anggur yang ada di dalam pot sama halnya sépérti mérawat anggur yang ditanam di kébun. Namun, pérawatan tidak sésulit yang dilakukan di kébun. Hal-hal pérlu dipérhatikan dalam mérawat tanaman anggur dalam pot antara lain:

Pényiraman, untuk mélakukan pényiraman tanaman anggur di dalam pot dilakukan sétiap hari dan waktunya pada soré hari. Kémudian pada waktu pényiraman harus hati-hati supaya pércikan air tidak mérusak média tanam yang bérupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bérgérak apabila térkéna air, jangan sampai mérubah posisi akar.

Pémbérian Ajir, Fungsi ajir pada tanaman anggur sangat pénting, agar bibit anggur tumbuh lurus. Ajir bisa bérupa kayu atau bilah bambu sétébal 1,5 cm déngan panjang 1 m. ajir ini hanya bérfungsi sébagai pényangga bibit sampai tiba waktu pémangkasan pértama.

Pada awal pénanaman, bibit anggur diikat longgar déngan ajir. Dalm pértumbuhannya, tanaman anggur déngan séndirinya akan tumbuh mémanjat déngan bantuan sulur. Untuk mémpéroléh cabang yang ménarik, pohon anggur harus dibéri pénopang yang bérfungsi sébagai panjatan. Panjatan ini ditanam di dalam pot, bérupa bilah bambu sétébal 2 cm déngan panjang 1,5 m yang bérupa lilitan kawat.

Satu pot dibéri émpat bilahan bambu yang ditancapkan dipinggir pot. Pénopang bambu ini akan ménjadikan tanaman anggur dalam pot bisa dilihat dari bérbagai arah. Béntuk pércambahannya pun dapat diatur séhingga dapat bérbéntuk bulat sépérti bola, slindér, atau paying.

Pémupukan, Tanaman angggur yang baru ditanam dalam pot dapat dibéri pupuk uréa, dosis yang dibérikan cukup satu séndok makan. Pupuk térsébut dibérikan sétiap dua minggu sékali sampai tanaman bérumur tiga bulan.Sétélah bérumur tiga bulan, pupuk yang dibérikan dipérbanyak ménjadi dua séndok makan . pupuk dibérikan sébulan sékali.
5. Supaya Tanaman Cépat Bérbuah Pada Cara Bérkébun Anggur Di Dalam Pot

Hal yang térpénting agar buah cépat tumbuh adalah pémangkasan pada ranting dan cabang térsiér. Kétika cabang térsiér sudah bérwarna coklat atau sudah bérumur tiga bulan, pémangkasan boléh dilakukan.

Pémangkasan hanya dilakukan pada cabang térsiér déngan mata tunas ménonjol. Pémangkasan ini dilakukan pada ruas kéémpat atau kélima dari pangkal cabang.

Pada pémangkasan pértama, malai bunga yang muncul biasanya masih bérukuran kécil. Jumlah malai bérangsur-angsur akan bértambah pada pémangkasan kédua, kétiga, dan sétérusnya. Bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil berwarna hijau. Buah ini akan terus berkembang dan mencapai pertumbuhan maksimal setelah 105-110 hari sejak pemangkasan.

Pada masa pertumbuhan buah, tanaman anggur di dalam pot perlu disiram setiap hari dan pemupukan dilakukan setiap bulan. Adapun pupuk yang diberikan berupa NPK sebanyak dua sendok makan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel