Cara budidaya buah sirsak

Buah Sirsak séring juga dinamakan orang Nangka Bélanda, Nangka Sabrang dan buah Mandalika. Mungkin karéna Sirsak rnémang bukan buah asli Indonésia. Tanaman Sirsak bérasal dari Hindia Barat. Buah Sirsak yang télah masak dimakan dalam kéadaan ségar sétélah dikupas térlébih dahulu. Sélain dari itu juga banyak digunakan untuk mémbuat sari buah, dodol dan untuk campuran és sirup. Béntuk buah Sirsak tidak bératuran. Ada yang bulat, ada pula yang lonjong bahkan ada yang , béngkok béntuknya.



Déngan kata lain, béntuk buah Sirsak dari bérbéntuk ginjal sampai bérbéntuk sépérti télur saja.Kulit buahnya diléngkapi oléh duri-duri lunak yang hijau warnanya. Séwaktu masih muda buahnya bérwarna hijau, sétélah masak warnanya ménjadi hij au kéhitam-hitaman. Dagrng buahnya bérwarna putih dan méngandung banyak sérat. Biji Sirsak bérwarna hitam. Béntuknya agak lonjong dan pipih. Dalam Sétiap buah térdapat biji yang cukup banyak.

Pohon Sirsak mémpunyai pércabangan batang yang réndah. Tinggi pohonnya antara 3 sampai 8 métér. Daunnya mémanjang déngan béntuk lansét atau bulat télur térbalik. Bunganya bérdiri séndiri bérhadapan déngan daun. Béntuk bunga sépérti kérucut. Warnanya kuning muda. Dasar bunga cékung, bénang sarinya cukup banyak, bégitu pula bakal buahnya. Ménanam tanaman Sirsak déngan mémpérgunakan bijinya. Dapat juga déngan cara témpélan atau okulasi. Musim bérbuah adalah pada bulan Januari dan Fébruari sétiap tahunnya. Satu bulan sébélum pénanaman lubangnya sudah harus dipérsiapkan. Pérsiapan dilakukan déngan jarak 6 métér.

Cara ménanam buah sirsak sama saja déngan cara ménanam tanaman buah-buahan lainnya. Démikian pula péméliharaan sélanjutnya, budidaya pohon Sirsak baru dapat dipétik buahnya sétélah bérumur 3 tahun lébih.

Sirsak mémbutuhkan masa pértumbuhan untuk mémbéntuk dédaunan tajuk pohon sélama lébih kurang 2 tahun. Masa péralihan dari masa pértumbuhan ké masa bérbuah mémérlukan jangka waktu kira-kira 1 tahun.

Buah yang térbéntuk sébélum pohon bérumur 3 tahun, biasanya rontok, apalagi kalau méngalami kékurangan air pada waktu musim kémarau. Kémungkinan buahnya rontok ini dapat dicégah. Caranya déngan méngairi tanah di sékitar, Pohon Sirsak sampai cukup lémbab.

Tétapi rontoknya bunga dan buah dapat juga disébabkan oléh hal yang lain. Umpamanya périmbangan antara Pémakaian zat Pati untuk Pértumbuhan, Daun-daunnya dan pénimbunan zat pati dalam bakal buah pada masa péralihan itu bélum séimbang.
Budidaya Buah Sirsak

Buah yang sudah térbéntuk, séring tidak jadi, tumbuh lanjut karéna tidak ménérima pényaluran bahan makanan yang akan ditimbunnya déngan wajar, Buah yang tidak dapat tumbuh déngan wajar itu, rontok déngan séndirinya. Untuk méngatasi hal Yang démikian itu, pohon

Sirsak itu harus dibéri pupuk sébagai Pénambah bahan makanan pada masa Péralihan itu.Séhingga dapat pula .déngan ségéra mémasuki masa bérbunga dan bérbuah. Lébih baik lagr kalau pémupukan itu dilakukan sébélum ada bunga atau buah yang rontok. Pémbérian pupuk dilakukan sécara tératur sékali sétahun. Dipakai pupuk kandang sécukupnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel