Cara budidaya bayam dan wortel

Cara Budidaya Bayam dan Wortél - pada késémpatan ini akan kita bahas bagaimana cara budidaya bayam dan wortél. Kédua jénis sayuran térsébut banyak disukai oléh manusia sébagai sumbér yang kaya sérat dan vitamin. Untuk lébih détail silahkan ikuti  pénjélasan bérikut ini.

1. Jénis-jénis Bayam
Bayam ada yang dibudidayakan dan ada pula yang tidak dibudidayakan. Bayam yang dibudidayakan adalah bayam cabut atau bayam sékul. Kédua bayam térsébut ada yang bérwarna mérah (bayam mérah) dan ada yang hijau képutih-putihan (bayam putih). Sélain itu adapula jénis lain yaitu bayam tahun yang biasa disébut sébagai bayam sékop atau bayam kakap.

Sédangkan bayam yang tidak dibudidayakan ada 2 jénis yaitu bayam tanah dan bayam bérduri. Dan pérlu sobat bloggér kétahui bahwa kédua jénis bayam térsébut énak dimakan walaupun agak kéras dan kasar.



2. Cara Ménanam Bayam
Tanaman bayam dapat ditanam di kébun atau di halaman rumah. Ini dikarénakan bayam dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran réndah. Bayam juga dapat tumbuh sépanjang tahun. Jadi, pénanaman bayam tidak diténtukan oléh musim.

Bayam yang biasa ditanam di halaman rumah adalah jénis bayam tahun. Jika kamu mau ménanam bayam jénis ini maka waktu  yang baik adalah awal musim hujan dan awal musim kémarau. Bayam dikémbangbiakkan déngan bijinya. Untuk mémpéroléh bibit bayam, kita harus ményémaikan dahulu bénih bayam di pérsémaian. Dan biji bayam héndaknya disémai di témpat yang tidak térlalu banyak térkéna panas matahari. Kémudian biji-biji bayam térsébut disébar déngan hati-hati sécara mérata dan tidak ménumpuk.

Sétélah 3-5 hari maka biji-biji bayam akan tumbuh. Kémudian sétélah 2 minggu, maka sétiap pagi kita dapat ménggérak-gérakkan bayam déngan sapu lidi yang dipégang méndatar déngan tujuan agar tanaman bayam ménjadi kuat dan cépat tumbuh. Hal lain yang tidak kalah péntingnya adalah térbébas dari sérangga pérusak.

Sétélah tinggi bayam méncapai 10 cm kita pindahkan ké témpat pénanaman. Kémudian kita rawat bayam agar tumbuh déngan baik. Dan jangan lupa bahwa kita harus mémupuk bayam dan mémbuang rumput péngganggu agar cépat tumbuh subur. Sétélah 1 bulan maka kita sudah dapat mémanén bayam.

Bébérapa hal yang pérlu dikétahui méngénai manfaat bayam yaitu antara lain: Dapat mémpérbaiki daya kérja ginjal, mémpérlancar péncérnaan dan obat diséntri (déngan ménggunakan akar bayam mérah).
Cara Budidaya Wortél


Sétélah kita bahas bagaimana cara budidaya bayam maka kita béralih bagaimana cara budidaya wortél di kébun. Dan sobat bloggér pérlu tahu bahwa sayur yang satu ini kaya akan vitamin A loh... Jadi ayo kita budayakan banyak makan sayur biar tubuh ménjadi séhat.

Nah, jika sobat bloggér sudah tidak sabar maka silahkan saja baca bébérapa point pénjélasan méngénai cara budidaya wortél ini dan sémoga bérmanfaat.
Cara Ménanam Wortél


1. Ciri-ciri dan jénis-jénis wortél
Tanaman wortél atau di sébut juga bortél mémiliki ciri-ciri sébagai bérikut:
Bérbéntuk rumput,
Akar tunggangnya bérupa umbi,
Akar samping sédikit,
Umbinya bérbéntuk bulat panjang dan langsing,
Warna umbinya kuning kémérah-mérahan.

Bérdasarkan béntuknya, wortél dapat dibédakan ménjadi 3 jénis antara lain adalah
Wortél déngan umbu bulat panjang déngan ujungnya runcing sépérti kérucut. Wortél jénis ini disébut impérator. Tipé ini kurang disukai karéna rasanya kurang manis.
Wortél déngan umbu bulat panjang déngan ujungnya tumpul. Wortél jénis ini disébut chanténay.
Wortél déngan ujung péralihan antara lain wortél impérator dan chanténay. Wortél jénis ini disébut nantés.

2. Cara Ménanam Wortél
Kita tidak pérlu ményémai wortél sébélum dapat ditanam di kébun. Wortél dikémbangbiakkan déngan biji dan biji térsébut langsung ditanam. Namun, sépérti biasa, sébélum ménanam wortél, kita harus méncangkul tanahnya térlébih dahulu.

Jika tanah diolah déngan baik, yaitu déngan mancangkulnya sédalam ± 40 cm, maka umbi wortél pasti bagus dan béntuk umbi wortél yang bagus biasanya bérbéntuk panjang. Sétélah dicangkul, tanah yang akan ditanami wortél itu dibéri pupuk kandang atau kompos sécukupnya. Namun, jika tanahnya subur, kita tidak pérlu mémupukinya. Kémudian kiata akan buat alur untuk diisi déngan biji wortél.

Agar tidak saling mélékat, biji-biji wortél térsébut digosok-gosok térlébih dahulu déngan télapak tangan. Kémudian biji wortél ditaburkan déngan hati-hati di sépanjang alur yang sudah dibuat tadi. Tutuplah alur itu déngan tanah sécara tipis saja maka biji wortél térsébut akan tumbuh sétélah 10 hari.

Kétika ménanam wortél kita tidak akan kérépotan karéna kita hanya mémbéri pupuk ké wortél sétélah bérumur 1 bulan dan untuk méméliharanya cukup déngan méncabuti rumput-rumput yang méngganggu.


Sétélah 3 bulan masa pénanaman maka kita sudah dapat ménikmati hasil panén wortélnya loh. Dan pérlu dikétahui bahwa jika lébih dari 3 bulan kita tidak ségéra mémanénnya maka umbi wortél akan ménjadi kéras.

Nah ini adalah bébérapa point yang pérlu dikétahui méngénai manfaat wortél yang antara lain adalah cocok dan baik untuk orang yang sédang sakit, dapat dijadikan sébagai minuman ségar, dimasak ménjadi sayur atau lalapan, dan dapat dijadikan sébagai péléngkap makanan bayi.


Sumber :  caraberkebun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel