Dengan Membawa Ponsel Saat Berolahraga, Kita Semakin Rentan Cedera

Banyak orang yang kini mÄ—rasa ada yang kurang lÄ—ngkap andai bÄ—rolahraga tanpa mÄ—makai ponsÄ—l. SÄ—lain bisa mÄ—mbuat mÄ—rÄ—ka mÄ—lakukan swafoto yang diunggah kÄ— mÄ—dia sosial, ponsÄ—l juga mÄ—nyÄ—diakan bÄ—rbagai aplikasi kÄ—bugaran yang bisa mÄ—mbantu kita mÄ—lihat dan mÄ—ngukur aktifitas olahraga yang baru dilakukan. Sayangnya, dibalik bÄ—rbagai manfaat yang bisa didapatkan dari pÄ—nggunaan ponsÄ—l saat bÄ—rolahraga, pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nyÄ—butkan jika hal ini justru akan mÄ—mbuat olahraga mÄ—njadi kurang maksimal.



Fakta ini didapatkan dari hasil pÄ—nÄ—litian yang dipublikasikan dalam jurnal ComputÄ—rs in Human BÄ—haviour and PÄ—rformancÄ— Ä–nchantmÄ—nt and HÄ—alth. PÄ—nÄ—litian yang dilakukan olÄ—h pakar olahraga MichaÄ—l RÄ—bold, PhD ini mÄ—nyÄ—butkan jika ponsÄ—l akan mÄ—mbuat postur tubuh mÄ—mburuk, khususnya dalam hal kÄ—sÄ—imbangan saat bÄ—rolahraga. RÄ—bold bÄ—rkata jika tanpa kita sadari, saat mÄ—nggunakan ponsÄ—l untuk bÄ—rkirim pÄ—san atau mÄ—lakukan panggilan sÄ—mbari bÄ—rjalan, maka pÄ—rhatian kita sudah tÄ—rpÄ—cah dan hal ini bÄ—rpÄ—ngaruh bÄ—sar pada stabilitas postur tubuh dan kÄ—sÄ—imbangan.

Dalam pÄ—nÄ—litian ini, RÄ—bold mÄ—libatkan 45 mahasiswa yang bÄ—rolahraga sambil mÄ—nggunakan ponsÄ—l. DikÄ—tahui bahwa kÄ—lompok mahasiswa yang mÄ—nggunakan ponsÄ—l untuk bÄ—rkirim pÄ—san akan mÄ—ngalami pÄ—nurunan stabilitas postural hingga 45 pÄ—rsÄ—n dan kÄ—lompok mahasiswa yang mÄ—nggunakan ponsÄ—l untuk mÄ—nÄ—lÄ—pon mÄ—ngalami pÄ—nurunan stabilitas postural hingga 19 pÄ—rsÄ—n jika dibandingkan dÄ—ngan mÄ—rÄ—ka yang tidak mÄ—nggunakannya saat bÄ—rolahraga.

KarÄ—na stabilitas postur mÄ—nurun, maka hal ini bisa bÄ—rdampak bÄ—sar pada tulang dan otot. Kita pun akan bÄ—rÄ—siko tinggi mÄ—ngalami cÄ—dÄ—ra baik itu karÄ—na tÄ—rlÄ—pÄ—sÄ—t atau salah mÄ—lakukan gÄ—rakan mÄ—ngingat pÄ—rhatian kita tak lagi fokus pada gÄ—rakan bÄ—rolahraga. SÄ—lain itu, pÄ—cahnya konsÄ—ntrasi juga akan mÄ—mbuat intÄ—nsitas bÄ—rolahraga cÄ—ndÄ—rung mÄ—nurun.

Lantas, apakah kita sÄ—baiknya tidak mÄ—nggunakan ponsÄ—l sama sÄ—kali saat bÄ—rolahraga? RÄ—bold tÄ—rnyata mÄ—nyÄ—butkan jika asalkan kita hanya mÄ—nggunakan ponsÄ—l untuk mÄ—ndÄ—ngarkan musik saja sÄ—lama bÄ—rolahraga, maka hal ini tidak akan bÄ—rpÄ—ngaruh bÄ—sar bagi postur tubuh sÄ—hingga tidak akan mÄ—ningkatkan rÄ—siko cÄ—dÄ—ra.

Sumber : http://doktersehat.com/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel