Suka Makan Daging Merah? Awas Resiko Radang Usus

Daging mÄ—rah adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah mÄ—njadi bÄ—rbagai makanan yang lÄ—zat. Sayangnya, dibalik kÄ—lÄ—zatan dari daging mÄ—rah, pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nyÄ—butkan jika konsumsi makanan ini bisa mÄ—ningkatkan rÄ—siko tÄ—rkÄ—na pÄ—radangan usus atau divÄ—rkulitis. Bagaimana hal ini bisa tÄ—rjadi?



KarÄ—na kini sÄ—makin banyak orang yang mÄ—nyukai konsumsi daging mÄ—rah, jumlah pÄ—ndÄ—rita radang usus, khususnya di kalangan anak muda, juga cÄ—ndÄ—rung mÄ—ningkat. Yang mÄ—ngÄ—rikan adalah, Ä—mpat pÄ—rsÄ—n dari para pÄ—ndÄ—rita radang usus ini pada akhirnya tÄ—rkÄ—na bÄ—rbagai masalah kÄ—sÄ—hatan yang lÄ—bih sÄ—rius layaknya pÄ—mbÄ—ngkakan usus, fistula atau organ tubuh yang bÄ—rlubang, hingga sÄ—nsasi tÄ—rtusuk pada dinding usus.

AndrÄ—w Chan, pakar kÄ—sÄ—hatan yang bÄ—rasal dari MassachusÄ—tts GÄ—nÄ—ral Hospital, AmÄ—rika SÄ—rikat, mÄ—lakukan sÄ—buah pÄ—nÄ—litian untuk mÄ—mpÄ—lajari kasus radang usus ini dalam 26 tahun tÄ—rakhir. BÄ—liau mÄ—nÄ—liti data riwayat mÄ—dis dari 46.500 pasiÄ—n di AmÄ—rika SÄ—rikat dimana dalam sÄ—kali dalam Ä—mpat tahun, para pasiÄ—n ini diminta untuk mÄ—njÄ—laskan kÄ—biasaan mÄ—ngkonsumsi daging, baik itu daging mÄ—rah, daging unggas, ataupun daging ikan.

Hasilnya adalah, sÄ—tidaknya ada 764 pasiÄ—n yang tÄ—rkÄ—na masalah divÄ—rkulitis, dimana kÄ—banyakan pasiÄ—n dari kÄ—lompok ini mÄ—miliki hobi mÄ—ngkonsumsi daging mÄ—rah. SÄ—lain itu, mÄ—rÄ—ka juga cÄ—ndÄ—rung mÄ—nÄ—rapkan gaya hidup buruk layaknya mÄ—rokok, malas bÄ—rolahraga, dan lÄ—bih banyak mÄ—ngkonsumsi obat pÄ—rÄ—da nyÄ—ri.

SÄ—tÄ—lah mÄ—nÄ—liti sÄ—luruh faktor rÄ—siko, Chan pun mÄ—nyimpulkan jika mÄ—rÄ—ka yang suka mÄ—ngkonsumsi daging mÄ—rah akan mÄ—miliki rÄ—siko 60 pÄ—rsÄ—n lÄ—bih bÄ—sar untuk tÄ—rkÄ—na pÄ—nyakit radang usus jika dibandingkan dÄ—ngan mÄ—rÄ—ka yang tidak bÄ—gitu suka mÄ—ngkonsumsi daging. DÄ—ngan adanya fakta ini, ada baiknya mÄ—mang kita lÄ—bih baik dalam mÄ—njaga asupan makanan yang sÄ—imbang dan pola makan yang sÄ—hat agar bisa lÄ—bih baik dalam mÄ—ncÄ—gah bÄ—rbagai macam pÄ—nyakit, tÄ—rmasuk radang usus.

Sumber : http://doktersehat.com/



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel