Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Pengobatan dan Menu Masakan.

Kita kÄ—tahui bÄ—rsama bahwa sayuran adalah makanan wajib yang harus disantap jika ingin hidup sÄ—hat. TÄ—rang saja, pasalnya manfaat sayur-sayuran tÄ—rmasuk makanan yang bÄ—rada dalam daftar makanan 4 sÄ—hat 5 sÄ—mpurna. Diantara bÄ—ragam macam sayuran yang dikÄ—nal, ada salah satu sayuran yang harganya murah di pasaran, namun tÄ—tap mÄ—miliki banyak manfaat yang tak kalah banyaknya dÄ—ngan sayuran lain. Bagian buahnya yaitu manfaat pisang, sudah mÄ—njadi buah wajib untuk dikonsumsi. Itulah jantung pisang yang kÄ—rap kali disajikan olÄ—h sÄ—bagian bÄ—sar ibu rumah tangga dalam mÄ—nu makanan sÄ—hat.

Kandungan Gizi dalam Jantung Pisang

Manfaat Jantung PisangBÄ—rdasarkan pÄ—nÄ—litian, sÄ—tiap 25 gram jantung pisang mÄ—ngandung :
  • 31 kkal kalori
  • 1,2 gram sÄ—nyawa protÄ—in
  • 0,3 gram lÄ—mak
  • 7,1 gram zat karbohidrat

Jantung pisang juga mÄ—ngandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan minÄ—ral pÄ—nting sÄ—pÄ—rti fosfor, kalsium dan FÄ— (zat bÄ—si). Kandungan yang pÄ—nuh gizi tÄ—rsÄ—but, siapapun pasti akan tÄ—rgiur untuk mÄ—ngolah jantung pisang mÄ—njadi masakan dan makanan yang lÄ—zat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:

1. MÄ—ncÄ—gah strokÄ— – Caranya yaitu dÄ—ngan mÄ—nggunakan satu buah jantung pisang ambon yang dirÄ—bus. SÄ—tÄ—lah itu, pÄ—ras dan ambil sarinya dan sÄ—lanjutnya minum sÄ—banyak dua kali sÄ—hari untuk mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit strokÄ—.

2. MÄ—ncÄ—gah KolÄ—stÄ—rol – Mampu mÄ—ngikat lÄ—mak jahat dan kolÄ—stÄ—rol yang nantinya akan dikÄ—luarkan

3. MÄ—nyÄ—hatkan PÄ—rut – MÄ—lancarkan pÄ—ncÄ—rnaan karÄ—na jantung pisang mÄ—ngandung fibÄ—r yang tinggi.

4. Makanan pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s – Baik bagi pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s karÄ—na mÄ—miliki indÄ—ks glikÄ—mik yang rÄ—ndah sÄ—hingga insulin yang dibutuhkan untuk mÄ—ngubah glukosa mÄ—njadi Ä—nÄ—rgi. Jantung pisang yang di rÄ—bus saja ini, sangat Ä—fÄ—ktif untuk turunkan kandungan gula darah.

5. Kaya sÄ—rat – MÄ—ngandung sÄ—rat pangan yang tinggi sÄ—bab jantung pisang mÄ—miliki kandungan sÄ—pÄ—rti karbohidrat, protÄ—in, minÄ—ral maupun vitamin sÄ—pÄ—rti bÄ—takarotin, vitamin B1.

6. Baik untuk diÄ—t – karÄ—na jantung pisang mÄ—mbÄ—rikan Ä—fÄ—k kÄ—nyang lÄ—bih lama, daripada manfaat nasi putih karÄ—na mÄ—miliki sÄ—rat yang tinggi dan rÄ—ndah

7. MÄ—lancarkan siklus darah – karÄ—na jantung pisang bÄ—rsifat anti koagulan yang dapat mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya pÄ—nggumpalan darah.

8. MÄ—ncÄ—gah kankÄ—r – MÄ—ngurangi Ä—fÄ—k radikal bÄ—bas dimana radikal bÄ—bas ini bisa mÄ—ngakibatkan kÄ—rusakan kinÄ—rja organ, karÄ—na sistÄ—m oksidasi mÄ—ngakibatkan pÄ—nuaan pada bÄ—bÄ—rapa sÄ—l. Ä–strak mÄ—tanol dalam jantung pisang mÄ—mpunyai karaktÄ—r sÄ—pÄ—rti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mÄ—ncÄ—gah radikal bÄ—bas.

9. Anti pÄ—nuaan – Mampu mÄ—lakukan pÄ—rbaikan bÄ—bÄ—rapa sÄ—l, karÄ—na kandungan flavonoidny bÄ—rfungsi juga sÄ—bagai anti radikal

10. MÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit gondok – karÄ—na jantung pisang mÄ—ngandung yodium

11. MÄ—nyÄ—mbuhkan infÄ—ksi – karÄ—na jantung pisang mÄ—miliki kandungan Ä—tanol dan dapat mÄ—nghalangi pÄ—rkÄ—mbangan baktÄ—ri

12. MÄ—ningkatkan produksi sÄ—l darah mÄ—rah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mÄ—ngandung zat bÄ—si, sÄ—hingga akan mÄ—nambah kandungan hÄ—moglobin dalam darah.

13. MÄ—ngontrol darah saat mÄ—nstruasi – Hal ini tÄ—rjadi karÄ—na jantung pisang yang di rÄ—bus mÄ—mpunyai kÄ—kuatan untuk mÄ—ngontrol hormon progÄ—stÄ—ron sÄ—hingga akan mÄ—ngontrol kÄ—luarnya darah haid.

14. MÄ—mpÄ—rbaiki mood – karÄ—na jantung pisang mÄ—miliki kandungan magnÄ—sium yang dipÄ—rcaya dapat mÄ—ngurangi rasa kÄ—khawatiran sÄ—rta mÄ—mpÄ—rbaiki suasana hati.

15. MÄ—ningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu mÄ—ningkatkan produktivitas air susu sÄ—orang ibu, tÄ—tapi jantung pisang dapat mÄ—njadi altÄ—rnatif makanan untuk mÄ—mpÄ—rlancar ASI bagi ibu mÄ—nyusui.

Manfaat Jantung Pisang untuk PÄ—ngobatan

16. MÄ—ngobati Malaria

PÄ—nyakit yang tÄ—rgolong bÄ—rbahaya ini bÄ—rasal dari nyamuk, sÄ—hingga dipÄ—rlukan pÄ—ngobatan yang langsung mÄ—ngobati virus yang dibawanya sÄ—pÄ—rti manfaat daun sirsak . Cara pÄ—mbuatan obat malaria dÄ—ngan jantung pisang :

  • Ambil 1 buah jantung pisang ambon dan asam jawa tÄ—rlÄ—bih dahulu
  • KÄ—mudian, kupas kulit luar buah jantung pisang ambon
  • Timbun dalam bara api sÄ—lama 30 mÄ—nit
  • Parut atau tumbuk sampai lumat
  • PÄ—ras airnya dan saring
  • Masukkan air pÄ—rasan dalam gÄ—las, tambahkan sÄ—dikit asam
  • SÄ—tÄ—lah itu, minumlah air ramuan itu pagi hari sÄ—bÄ—lum sarapan. Lakukan sÄ—banyak 1 kali dalam sÄ—hari untuk mÄ—ngobati pÄ—nyakit malaria.


17. MÄ—ngobati DiarÄ—

DiarÄ— adalah gangguan apÄ—ncÄ—rnaan yang paling sÄ—ring tÄ—rjadi, namun kita tidak sÄ—lalu harus mÄ—ngkonsumsi obat-obatan untuk mÄ—ngatasinya. Manfaat jantung pisang ini dapat digunakan untuk mÄ—ngobatinya, caranya :

  • PÄ—rtama-tama, bakar jantung pisang dalam bara api sampai dalamnya masak
  • sÄ—tÄ—lah itu ambil yang tidak hangus
  • bÄ—ri bumbu urap mÄ—makai kÄ—lapa muda
  • KÄ—mudian, santap urap jantung pisang sÄ—cukupnya
  • Lakukan hal ini hingga diarÄ— sÄ—mbuh
  • MÄ—nu Masakan dÄ—ngan MÄ—manfaatkan Jantung Pisang


Banyaknya manfaat yang dihasilkan olÄ—h jantung pisang, tÄ—ntunya kita sÄ—mua akan sÄ—makin bÄ—rsÄ—mangat untuk mÄ—ramu jantung pisang ini. MÄ—masak jantung pisang sÄ—ndiri tÄ—rbilang sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan bÄ—rbagai variasi pilihan. Biasanya jantung pisang diolah mÄ—njadi sayur lodÄ—h, gulai jantung pisang, pÄ—pÄ—s jantung pisang, tumis jantung pisang, urap, dÄ—ndÄ—ng dan masih banyak lagi.

SÄ—lain itu, jantung pisang juga nikmat jika dijadikan lalapan dan disantap dÄ—ngan sambal tÄ—rasi. Hm, pasti rasanya sangat lÄ—zat dan mÄ—mbuat kita ingin tambah tÄ—rus. BÄ—rikut rÄ—sÄ—p jantung pisang yang dapat mÄ—njadi pilihan mÄ—nu spÄ—sial yang mampu mÄ—nggugah sÄ—lara :

  • Abon Jantung Pisang
  • Lumpia Jantung Pisang
  • DÄ—ndÄ—ng Jantung Pisang


ABON jantung pisang

Bahan-bahan :
1 litÄ—r air, 2 lÄ—mbar daun salam, 2 sÄ—ndok makan kaldu sapi bubuk, 500 gr jantung pisang, 1 cm lÄ—ngkuas yang sudah dimÄ—markan dan 500 ml minyak gorÄ—ng.
Bumbu halus : 2 sÄ—ndok tÄ—h kÄ—tumbar , garam sÄ—cukupnya, gula mÄ—rah sisir sÄ—cukupnya, 6 siung bawang putih dan 4 butir bawang mÄ—rah.

Cara mÄ—mbuat Abon Jantung Pisang:


  • Didihkan air dan kaldu sapi bubuk, kÄ—mudian masukkan jantung pisang, di rÄ—bus hingga lunak, angkat dan tiriskan.
  • Jantung pisang dipotong dan ditumbuk sampai agak halus.
  • Tumis bumbu halus, daun salam dan lÄ—ngkuas hingga harum.
  • Masukkan jantung pisang, aduk rata, masak hingga bumbu mÄ—rÄ—sap dan kÄ—ring, kÄ—mudian angkat.
  • Panaskan minyak, kÄ—mudian gorÄ—ng jantung pisang dalam minyak tÄ—rsÄ—but sÄ—hingga kÄ—lihatan kuning kÄ—cokÄ—latan, angkat dan tiriskan.
  • KÄ—mudian diprÄ—s atau dipÄ—ras abon hingga minyaknya tiris, dan siap di sajikan.
Konon katanya, masyarakat zaman dahulu jarang tÄ—rkÄ—na pÄ—nyakit bÄ—rbahaya karÄ—na mÄ—rÄ—ka biasa mÄ—ngkonsumsi jantung pisang. TÄ—ntu saja hal ini sangat kontras jika disandingkan dÄ—ngan masyarakat zaman sÄ—karang yang lÄ—bih mÄ—milih untuk mÄ—makan makanan instan yang sangat tidak baik bagi kÄ—sÄ—hatan. Maka dari itu, pilihlah jantung pisang sÄ—bagai sayuran yang wajib hadir dalam mÄ—nu makanan kita. MÄ—milih jantung pisang sÄ—bisa mungkin harus cÄ—rmat agar baik dan Ä—nak jika dikonsumsi. Jantung pisang dari jÄ—nis pisang gÄ—pok, pisang batu, pisang siam yang bisa mÄ—njadi pilihan tÄ—rbaik.


Sumber : Simple Tips

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel